Dark
Light

Bos Baru Android Siap Jadi Bintang di Google I/O?

by
1 min read
May 14, 2013

Acara untuk para pengembang Google I/O akan segera digelar, dan salah satu perhatian yang akan diarahkan oleh publik adalah pada Android. Dengan bos baru yang menggantikan Andy Rubin, Sundar Pichai, sepertinya siap jadi bintang di Google I/O.

Bulan Maret, Andy Rubin (orang yang identik dengan Android) memutuskan untuk mundur dari Android untuk mengejar hal baru di Google. Sedangkan Sundar Pichai sebelumnya mengurusi Chrome dan Apps. Sebagai pengganti Rubin tentunya menarik untuk melihat sepak terjangnya di Android.

Situs Wired memuat wawancara panjang dengan Sundar untuk menggali peran yang akan ia emban dan strategi yang akan ia lakukan di Android. Beberapa hal menarik juga muncul, misalnya pendapat Sundar tentang Facebook Home dimana ia merasa bahwa mereka telah melakukan pekerjaan yang baik dengan meluncurkan Facebook Home meski Android akan terus melalukan pembaruan untuk memberikan pengalaman yang konsisten. Tetapi fokusnya tetap pada keinginan pengguna.

Tentang Samsung pun ditanyakan, dimana pendapat Sundar atas dominasi Samsung tetap positif dan merasa bahwa Samsung adalah partner yang hebat untuk diajak kerja sama, ia juga mencontohkan kerja sama antara Microsoft dan Intel sebagai perbandingan. Kerja sama antara perangkat keras dan perangkat lunak diperlukan untuk memberikan pengalaman maksimal bagi pengguna.

Sundar juga bercerita tentang strategi jangka pendek untuk Android dan Chrome, dimana dalam jangka pendek Google tidak akan melakukan perubahan yang signifikan atas dua entitas ini, dua-duanya akan terus dikembangkan dan memiliki ‘dunianya’ masing-masing. Namun dalam jangka panjang Google ingin bisa memberikan pengalaman pada pengguna yang sama untuk berbagai layar.

Sundar juga mengatakan bahwa peran barunya di Android ini bisa membantunya untuk dekat dengan pengguna dan pengembang, sehingga ia bisa mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk keduanya.

Acara Google I/O pun dikatakan akan berbeda, tidak akan banyak hal baru yang Google luncurkan, mereka akan berfokus pada pengembang, agar mereka bisa mengembangkan aplikasi atau layanan lebih baik. Google akan menunjukkan bagaimana layanan Google melakukan hal hebat di Android dan Chrome.

Google I/O yang merupakan acara rutin, untuk tahun ini akan digelar tanggal 15 − 17 Mei di San Fransisco. Acara ini tentunya akan menarik banyak pihak untuk melihat ada perkembangan baru apa yang akan dibawa Google untuk pengguna dan pengembang serta strategi apa yang akan diungkap oleh bos Android yang baru.

Wawancara Wired dengan Sundar Pichai bisa dilihat di tautan ini.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

 

Previous Story

Intel Indonesia dan Telkom Jalin Kerja Sama, Jembatani Kesenjangan Digital

Next Story

Industri Telekomunikasi Mobile Seharusnya Bisa Mengantisipasi Meningkatnya Tren Layanan OTT

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu