Esports Ecosystem

BOOM Esports Jadi Runner-Up dari BTS Pro Series Season 3: Southeast Asia

28 Sep 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Sebagai runner-up di BTS Pro Series, BOOM Esports berhasil membawa pulang Rp164,5 juta

Di BTS Pro Series Season 3: Southeast Asia, BOOM Esports harus puas dengan posisi runner-up. Sementara gelar juara dimenangkan oleh Motivate.Trust Gaming. Kali ini adalah kedua kalinya BOOM Esports menjadi runner-up dalam turnamen BTS Pro Series. Sebelum ini, BOOM Esports juga meraih gelar juara 2 dalam BTS Pro Series Season 2: Southeast Asia setelah kalah dari Geek Fam.

“Sedih dan kecewa sih boleh aja, tapi jangan pernah bosan buat dukung kita ya,” tulis BOOM Esports dalam page Facebook resminya. “Awal Oktober bakal ada turnamen lagi kok. Terima kasih banyak buat dukungan kalian dari awal turnamen sampai hari ini.”

Turnamen BTS Pro Series kali ini menawarkan total hadiah sebesar US$50 ribu (sekitar Rp747,5 juta). Sebagai juara pertama, Motivate.Trust Gaming mendapatkan US$21 ribu (sekitar Rp314 juta). Duduk di posisi ke-2, BOOM Esports mendapatkan US$11 ribu (sekitar Rp164,5 juta). Sementara itu, Among Us, yang berhasil menjadi juara 3, mendapatkan US$6,5 ribu (sekitar Rp97,2 juta) dan NEW Esports, yang ada di posisi 4, membawa pulang US$4,5 ribu (sekitar Rp67,3 juta).

BTS Pro Series Season 3 diadakan pada 12-23 September 2020. Ada 10 tim undangan yang bertanding dalam turnamen ini. Pada awal turnamen, semua tim bertanding dengan satu sama lain dalam group stage. Empat tim terbaik akan masuk dalam babak playoff upper bracket.

Di group stage, BOOM Esports berhasil duduk di posisi 2. Dari 9 pertandingan, BOOM Esports mendapatkan 5 menang, 3 seri, dan 1 kalah. Posisi puncak dalam group stage diduduki oleh Among Us, sementara posisi ke-3 dan ke-4 diisi oleh TNC Predator dan Motivate.Trust Gaming.

BOOM BTS Pro Series
Jadwal pertandingan antara 10 tim dalam BTS Pro Series. | Sumber: Liquipedia

Di babak playoff upper bracket, BOOM Esports bertemu dengan TNC Predator sementara Among Us harus melawan Motivate.Trust Gaming. Setelah berhasil menang 2-0 melawan TNC Predator, BOOM Esports maju ke babak final dari upper bracket. Di sini, mereka melawan Among Us, yang dapat mengalahkan Motivate.Trust Gaming dengan skor 2-1. Di babak final upper bracket, BOOM Esports berhasil mengalahkan Among Us 2-0 dan melenggang ke babak grand final.

Sementara itu, setelah kalah dari Among Us, Motivate.Trust harus bertanding di lower bracket. Mereka berhasil masuk ke babak final dari lower bracket setelah mengalahkan Neon Esports dan NEW Esports. Di babak final dari lower bracket, mereka kembali menghadapi Among Us. Kali ini, Motivate.Trust dapat menang 2-1. Mereka pun melaju ke babak final untuk melawan BOOM Esports. Motivate.Trust berhasil meraih gelar juara dari BTS Pro Series setelah mengalahkan BOOM Esports dengan skor 3-0.

Selain BTS Pro Series, tim Dota 2 BOOM Esports juga berlaga dalam ESL One Thailand 2020 dalam bulan September 2020. Di turnamen ini, mereka juga berhasil masuk ke babak final. Sayangnya, mereka harus puas dengan posisi runner-up setelah kalah 2-3 dari TNC Predator.

Sumber header: Facebook