Esports Ecosystem

Persiapan Bigetron Esports Jelang PMPL SEA, RRQ Hoshi Juara MPL ID Season 6

23 Oct 2020 | Akbar Priono
Bigetron Esports mempersiapkan diri jelang PMPL SEA, RRQ Hoshi juara MPL ID Season 6, dan lainnya ada di dalam rangkuam berita esports minggu ke-3 Oktober.

Bulan Oktober dihiasi oleh banyaknya pemahkotaan juara bagi beberapa kompetisi esports. Pekan lalu kita sudah melihat ada EVOS Esports yang dimahkotai sebagai juara Free Fire Indonesia Masters dan juga Siren Esports yang dimahkotai sebagai juara MLBB Development League 2020. Lalu ada apa saja di pekan ini? Berikut rangkuman berita esports di minggu ketiga bulan Oktober (19 – 23 Oktober 2020)

19 Oktober 2020

RRQ Hoshi Juara MPL Season 6

Hari Minggu 18 Oktober 2020 kemarin adalah puncak dari gelaran MPL ID Season 6. Pertandingan Grand Final kali ini mempertandingkan antar Alter Ego melawan RRQ Hoshi. Alter Ego menunjukkan segala perjuangan terbaiknya untuk bisa menumbangkan sang “Raja dari segala Raja”.

Pertandingan pun jadi berjalan sengit, kedua tim saling bertukar kemenangan dalam seri best-of-5. Pada Game ke-5, RRQ Hoshi menunjukkan perjuangan yang cukup mulus hingga pertengahan permainan. Tetapi Alter Ego memberikan perlawanan berarti yang berhasil hampir mengalahkan RRQ Hoshi. Untungnya RRQ Hoshi menanggapi keadaan dengan tenang sehingga akhirnya sang “Raja dari segala Raja” berhasil mempertahankan gelarnya.

One Up Umumkan Jadwal First Strike Indonesia

Sumber: One Up
Sumber: One Up

Pekan lalu kita melihat Riot Games mengumumkan rekan penyelenggara turnamen Valorant First Strike untuk kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu yang mendapat bagian dengan One Up sebagai rekan penyelenggara. Pekan ini One Up melakukan peresmian atas kerja sama tersebut sekaligus pengumuman terhadap jadwal dari First Strike Indonesia.

Fase registrasi untuk kualifikasi #1 sendiri sudah berlalu pada tanggal 21 Oktober 2020 kemarin. Pekan ini pertandingan kualifikasi #1 dimulai esok hari tanggal 24 hingga 25 Oktober 2020 mendatang. Setelahnya pertandingan akan dilanjut dengan kualifikasi #2 pada 31 Oktober 2020 – 1 November 2020, kualifikasi #3 pada 14 November 2020 – 15 November 2020, dan ditutup dengan Main Event yang diselenggarakan 2 – 5 Desember 2020. Info lebih lengkap Anda dapat menuju laman valorant.oneup.co.id/registration.

20 Oktober 2020

Bigetron Esports Menunjukkan Persiapannya Menghadapi PMPL SEA 2020

Sumber: Bigetron Esports
Sumber: Bigetron Esports

PMPL SEA Finals 2020 Season 2 sudah mulai bertanding dari hari Jumat ini tanggal 23 Oktober 2020 hingga 25 Oktober 2020 mendatang. Menghadapi hal tersebut, Bigetron Esports melakukan sebuah konfrensi pers untuk menunjukkan persiapan Bigetron RA menghadapi PMPL SEA Finals 2020 Season 2.

Dari sisi kesiapan pemain, Thomas Vetra selaku Head of Esports Bigetron Esports mengatakan telah mempersiapkan pemain dari segi mental. Konfrensi pers ini juga seraya memperkenalkan Steven “S1nyo” Valerian sebagai pelatih terbaru Bigetron RA. Menutup pemaparan, Bigetron Esports juga meluncurkan jersey Special Edition sebagai kampanye untuk menciptakan euforia di kalangan fans.

PUBG Mobile Umumkan Virtual Band

https://twitter.com/PUBGMOBILE/status/1318674694040682496

Membuat Virtual Band di dalam game sepertinya sedang menjadi tren setelah League of Legends sukses besar lewat perkenalan KDA. Menanggapi hal tersebut, PUBG Mobile kini turut mencoba strategi serupa dengan memperkenalkan sosok virtual bernama Power4. Band tersebut beranggotakan 4 “orang”. Ada Flame Lord sebagai penyanyi, Wraith Lord sebagai bassist, Grave Lord sebagai gitaris, dan Spike Demon sebagai drummer.

Lagu single berjudul “Nothing’s Getting in Our Way” kini sudah bisa Anda dengarkan di dalam PUBG Mobile. Pemain juga bisa mendapatkan skin dari masing-masing personil dengan cara mengikuti Lucky Draw yang ada di dalam game.

21 Okt

Alter Ego Umumkan Pemain Baru Untuk Divisi VALORANT

Sumber: Alter Ego
Sumber: Alter Ego

Setelah selama beberapa saat sudah malang melintang mengikuti beberapa turnamen, Alter Ego kini mengumumkan roster VALORANT terbaru mereka. Tim dengan jargon #AlterChamps tersebut sebelumnya sudahpernah mengumumkan roster VALORANT mereka yang berisikan Lurkzz, Vascalizz, dan kawan-kawan pada bulan Juli 2020 lalu.

Namun entah apa yang terjadi, Alter Ego berakhir memutuskan untuk merombak kebanyakan roster mereka dengan menyisakan 3nable sebagai pemain terakhir yang bertahan dari roster lama. Maka dari itu roster VALORANT Alter Ego saat ini menjadi TehBotol, Frizznatsz, Berserx, 3nable, dan Frostmind.

BOOM Esports Tanding di The Summit 13

https://twitter.com/BeyondTheSummit/status/1318669236114391040

Beyond the Summit mengumumkan turnamen Dota 2 online bertajuk The Summit 13. BOOM Esports diumumkan sebagai salah satu tim yang akan bertanding untuk pertandingan online The Summit 13 regional Asia Tenggara.  Pertandingan The Summit 13 sudah dimulai sejak saat turnamen tersebut diumumkan tanggal 21 Oktober 2020 kemarin. Pertandingan akan berlangsung sampai 2 November 2020 mendatang untuk babak grup. Setelahnya pertandingan berlanjut ke babak Playoff mulai tanggal 4 – 8 November 2020 mendatang. Mari beri dukungan yang terbaik untuk BOOM Esports.

22 Oktober 2020

Red Bull Umumkan Turnamen Free Fire

Sumber: Red Bull
Sumber: Red Bull

Salah satu minuman energi ternama di Indonesia, Red Bull, mengumumkan sebuah turnamen esports pada tanggal 22 Oktober 2020 kemarin.  Turnamen tersebut bertajuk Red Bull Gold League yang merupakan turnamen yang mempertandingkan game Free Fire dengan total hadiah sebesar 300 juta rupiah.

Red Bull Gold League akan mempertandingkan 18 tim terbaik di Indonesia mulai tanggal 30 Oktober 2020 hingga 8 November 2020 mendatang. Delapan belas tim terbaik yang bertanding termasuk juga nama-nama besar di kancah Free Fire Indonesia seperti EVOS Esports, AURA Esports, ataupun tim milik Red Bull sendiri yaitu Red Bull Rebellion.

Riot Ungkap Perkara Penggunaan Agent dan Map Baru Untuk Esports

Perilisan Agents baru bernama Skye dan map baru bernama Icebox tentunya memberi dari skena kompetitif esportsgame VALORANT. Menanggapi umpan balik dari komunitas, Riot Games pun bertindak cepat dengan membuat peraturan penggunaan Agents serta Map baru untuk turnamen.

Lewat sebuah twit, Riot Games menjelaskan bahwa Agents baru akan disimpan selama dua pekan dan map baru akan disimpan selama empat pekan sebelum bisa digunakan untuk turnamen. Penerapan peraturan ini dilakukan dengan harapan agar Riot Games bisa melakukan balancing serta perbaikan bug yang ditemukan oleh pemain selama fase tersebut.

23 Oktober 2020

Riot Games, Verizon, dan Apple Persiapkan Preview Wild Rift di Twitch

Para gamers di Asia akan bisa memainkan Wild Rift dalam fase open beta mulai tanggal 27 Oktober 2020 mendatang. Sementara pada sisi lain, Wild Rift baru akan mulai diperkenalkan untuk pasar game barat. Terkait perkenalan ini, Esports Observer mengabarkan bahwa Riot Games akan bekerja sama dengan Apple, Verizon, dan para selebriti untuk menarik minat main para gamers di Amerika Serikat.

Dikabarkan nantinya sosok seperti Rick Fox (Ex-pemain NBA profesional, mantan CEO Echo Fox) akan terlibat dan bertanding melawan beberapa pemain esports yang akan ditayangkan di Twitch serta Twitter. Kedekatan Riot Games dengan Apple sudah terlihat pada peluncuran iPhone 12 tanggal 13 Oktober 2020 kemarin yang menampilkan Wild Rift sebagai demonstrasi kekuatan prosesor A14 Bionic

PMPL SEA Dimulai!

Untuk menutup rekap berita esports minggu ketiga Oktober ini, ada pertandingan PMPL SEA Finals 2020 Season 2 yang sudah dimulai pada hari ini. PMPL SEA Finals 2020 Season 2 mempertandingkan 16 tim terbaik di Asia Tenggara. Indonesia diwakili oleh 3 tim, Bigetron RA, Aerowolf LIMAX, dan AURA Esports. Mereka akan bertanding sepanjang 15 ronde mulai dari 23 Oktober hingga 25 Oktober 2020 mendatang.

Ada beberapa fakta menarik terkait tim Indonesia dalam turnamen kali ini. Pertandingan ini merupakan pertandingan internasional perdana bagi Aerowolf LIMAX. Walupun sempat punya divisi PUBG PC yang kuat namun Aerowolf terbilang baru bangkit di PUBG Mobile pada musim ini. Selain itu, pertandingan ini juga jadi unjuk gengsi dari Bigetron RA. Walaupun tim juara Asia tersebut sudah memiliki gelar di tingkat turnamen yang lebih tinggi namun mereka masih belum mendapatkan gelar juara PMPL SEA hingga saat ini. Akankah Bigetron RA bisa mendapatkan gelar tersebut? Apakah Aerowolf dan AURA Esports dapat menunjukkan kejutan di turnamen ini?