27 March 2015

by Glenn Kaonang

Bersiap Diri Menghadapi Ujian SIM dengan Bantuan Google Street View

Setiap negara memang memiliki regulasi yang berbeda-beda, namun bisa dipastikan semua penduduknya harus menjalani ujian guna memperoleh izin mengemudi, atau yang biasa kita sebut SIM. Umumnya ujian tersebut dibagi menjadi dua, yakni teori dan praktek.

Di Indonesia sendiri, sejauh yang saya ingat, soal-soal pada ujian teori perolehan izin mengemudi tidak banyak disertai petunjuk visual. Kalaupun ada soal yang disertai gambar, biasanya gambar tersebut kurang bisa dijadikan acuan terkait kondisi lalu lintas yang sebenarnya.

Bagaimana jika kita bisa mengerjakan soal yang disertai cuplikan gambar dari Google Street View? Dengan demikian, kita bisa mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang kondisi lalu lintas sehari-harinya.

Inilah yang coba ditawarkan oleh Street View Test. Proyek ini berasal dari sebuah organisasi asal Rumania, Automobil Clubul Roman (ACR), dan untuk saat ini, baru ditujukan untuk warga Rumania.

Info menarik: Android Auto dari Google Resmi ‘Mengaspal’

Pun demikian, proyek ini tetap saja menarik. Sederhananya, setiap pertanyaan yang diberikan akan disertai dengan foto asli jalanan-jalanan di tiap negara, dalam kasus ini, Rumania. Ada sekitar 26 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit.

Tentunya Street View Test tidak ditujukan sebagai pengganti ujian perolehan izin mengemudi secara menyeluruh. Saya melihat proyek ini bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap ujian teori yang sudah diterapkan selama ini, membantu proses persiapan warga yang ingin memperoleh izin mengemudi.

Sekali lagi, Street View Test saat ini hanya tersedia dalam bahasa Rumania dan merujuk pada regulasi pemerintahan Rumania. Pun begitu, pihak pengembangnya berencana untuk membawa proyek serupa ke negara-negara lain.

Wahai startup Indonesia, adakah yang tertarik mengerjakan proyek serupa?

Sumber: SlashGear.