Dark
Light

Berkat Flickr, Spesies Serangga Baru Ditemukan

1 min read
August 13, 2012

Seorang entomolog bernama Shaun Winterton sedang melihat-lihat foto di Flickr ketika menemukan salah satu foto yang menarik perhatiannya. Foto tersebut merupakan foto serangga spesies Chrysopidae (sayap jala). Winterton yang telah melihat banyak serangga selama hidupnya, menyadari bahwa serangga ini berbeda dari yang pernah dilihatnya, ini spesies baru.

Winterton pun menghubungi Guek Hock Ping, fotografer serangga tersebut. Sayangnya, Guek yang mengambil foto tersebut dalam petualangannya ke Malaysia, hanya mengambil foto serangga tersebut tanpa menangkapnya. Tanpa spesimen serangga tersebut, Winterton tidak akan dapat memastikan bahwa serangga ini spesies baru.

Beruntungnya, setahun kemudian Guek menghubungi Winterton kembali. Dalam petualangannya kembali ke Malaysia, Guek berhasil menangkap serangga sejenis yang difotonya. Spesimen serangga tersebut dikirimkan ke Steve Brooks, entomolog di Natural History Museum, London. Brooks mengkonfirmasi bahwa serangga ini memang jenis serangga baru.

Berkat jasanya mengenali serangga tersebut, Winterton berhak menamai serangga tersebut. Serangga tersebut dia namain sebagai Semachrysa jade, sesuai dengan nama putri Winternton. Keberhasilan ini diawalai dari hal yang kecil, melihat-lihat foto-foto di Flickr.

Lain kali Anda berselancar di Flickr atau situs lain di internet tanpa tujuan, ingat-ingatlah cerita ini dan sebut kegiatan Anda tersebut bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan. Siapa tahu, ada temuan lain yang Anda dapatkan dari kegiatan Anda tersebut.

Via : NPR

Previous Story

Delapan Startup Menjadi Nominee INAICTA 2012

Next Story

[Manic Monday] Your Next Paycheck Might Not Be From Digital

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Photopea

Aplikasi Edit Foto dan Desain Grafis Photopea Diperbarui Ke Versi 5.2

Photopea adalah aplikasi edit foto dan desain grafis berbasis web

Instagram Bukan Lagi Aplikasi Berbagi Foto, Tetapi Layanan Hiburan

Hal apa yang Anda ingat saat pertama kali mengenal Instagram?