Gaming News
for SEO
Gaming News

Berkat Dynamic Cloud Sync, Pengguna Steam Deck Bisa Beralih Ke PC Dengan Mulus

26 January 2022Lukman Azis

Para gamer bisa beralih ke PC tanpa perlu keluar dari game yang dijalankan di Steam Deck

Kalau tidak ditunda lagi, Steam Deck dijadwalkan akan meluncur pada bulan Februari 2022 mendatang. Lewat konsol genggam ini, Anda bisa memainkan berbagai game PC yang ada di Steam.

Kali ini Valve mengungkap fitur baru Steam Cloud yang akan meningkatkan user experience di Steam Deck bernama Dynamic Cloud Sync. Fitur ini memungkinkan para gamer untuk beralih ke PC atau perangkat lainnya dengan mulus tanpa perlu keluar dari game yang dijalankan di Steam Deck.

Kemampuan menarik ini pernah dibicarakan oleh Valve sebelumnya, tetapi rincian dan nama fitur tersebut diungkap baru-baru ini. Lantas, bagaimana cara kerja Dynamic Cloud Sync?

Sebagai konsol genggam, Steam Deck mendukung fitur quick suspend/resume. Misalnya saat sedang bermain game, tekan tombol power maka Steam Deck akan masuk ke sleep mode dan tekan kembali maka pengguna bisa langsung melanjutkan sesi bermain terakhirnya.

Dalam sleep mode, Dynamic Cloud Sync akan secara otomatis mengunggah “semua data save game yang dimodifikasi” ke cloud. Dengan demikian, pengguna bisa melanjutkan sesi permaian di Steam Deck ke PC. Usai bermain di PC, Steam Deck juga akan secara otomatis mengunduh save update saat Anda membangunkan perangkat.

Dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Steam Deck, perangkat ini jelas bukan cara terbaik untuk menikmati game PC apalagi yang sekelas AAA. Namun lebih menyempurnakan pengalaman para gamer PC, karena saat bepergian atau tidak memungkinkan membawa laptop gaming, mereka tetap dapat melanjutkan permainan lewat Steam Deck dan fitur Dynamic Cloud Sync membuat integrasi antara kedua perangkat terjadi lebih mulus.

Namun Valve mengatakan bahwa developer harus mengaktifkan opsi Dynamic Cloud Sync secara manual di game mereka. Jadi mungkin perlu waktu agar fitur ini tersedia di beberapa judul favorit Anda.

Jika Dynamic Cloud Sync tidak diaktifkan, Steam akan tetap melacak kemajuan yang Anda buat di Steam Deck. Namun pengguna yang menangguhkan Steam Deck saat game sedang berjalan dan kemudian mencoba melanjutkan game itu di PC, maka akan diminta untuk kembali ke Steam Deck mereka terlebih dahulu untuk menutup game yang sedang berjalan atau melanjutkan tanpa kemajuan save game terbaru mereka.

Saat ini, para gamer di wilayah Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, dan Inggris sudah dapat memesan Steam Deck yang rencananya bakal dikirim mulai bulan Februari. Sementara, ketersediaan secara global kemungkinan setelah kuartal kedua 2022. Harganya mulai dari US$399 untuk model 64GB, US$529 untuk 256GB, dan hingga US$649 dengan penyimpanan internal 512GB.

Sumber: TheVerge

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV