Dark
Light

Berbicara Tentang Masa Depan Game Bersama James Gwertzman dari PopCap Games

2 mins read
July 29, 2011

Selain e-commerce, Indonesia juga dikenal sebagai pasar yang besar untuk gaming. Bisa berupa permainan lokal atau permainan impor berlisensi, casual atau strategy game, social game, dan lain-lain. Atas alasan ini DailySocial berbicara dengan salah satu perusahaan game terbesar di dunia, PopCap.

PopCap Games yang merupakan perusahaan penerbit dan pengembang game berbasis di Seattle. Didirikan pada tahun 2000 oleh John Vechey, Brian Fiete dan Jason Kapalka, dan saat ini memiliki sekitar 400 karyawan. Permainan PopCap tersedia di web, PC dan Mac, Nintendo DS, Nintendo DSi, Wii, Xbox, Xbox 360, PlayStation 3, Zeebo, telepon Seluler, PDA, iPod Classic, iPhone, iPod Touch dan iPad serta perangkat mobile lainnya.

Kami berbincang via email dengan James Gwertzman, Wakil Presiden PopCap Asia/Pasifik yang berbasis di Cina. Dalam wawancara ini kita berbicara tentang masa depan game, mobile gaming, social game dan akuisisi oleh EA sebesar $1,2 milyar. Selamat membaca:

PopCap telah sangat populer dengan permainan desktop, dan kemudian melihat munculnya mobile gaming. Bagaimana PopCap mencoba untuk masuk ke pasar ini juga?

PopCap telah hadir dalam mobile gaming selama hampir 10 tahun – versi mobile pertama Bejeweled muncul kembali pada tahun 2001, saya yakin, didukung juga dengan data, game ini telah masuk dalam 10 daftar puncak mobile game terlaris, setidaknya sejak saat itu. Dan kemudian, saat iPhone diluncurkan dan merevolusi pasar mobile gaming, PopCap juga hadir di sana – kami bermitra dengan Apple dalam peluncuran permainan untuk iPhone, dan permainan seperti Plants vs Zombies dan Bejeweled menjadi game dengan penjual terbaik di iPhone dan iPad sejak diluncurkan. Mobile sudah menjadi bagian besar dari bisnis kami dan itu tidak akan berubah.

Tentang akuisisi EA, mengapa PopCap memutuskan untuk bermitra dengan EA? EA tidak kuat dalam mobile atau bahkan casual gaming, apakah PopCap akan pergi ke arah yang sama dengan EA atau itu EA  membutuhan PopCap untuk diversifikasi?

Kami sangat antusias tentang banyaknya sinergi – budaya dan strategi – antara EA dan PopCap. EA Mobile adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia untuk mobile gaming. Mereka nomor satu baik di iPhone dan iPad, kuat di Android dan memiliki banyak game populer pada setiap platform. EA juga memiliki casual game – lihat saja beberapa judul game dari Hasbro dan The Sims, salah satu waralaba paling sukses sepanjang masa untuk casual game.

Berkat akuisisi atas Playfish beberapa tahun yang lalu, EA juga menjadi perusahaan nomor 2 pada social gaming. EA sudah sangat kuat di mobile dan casual gaming dan kami percaya bahwa kami bisa menjadi kekuatan yang akan melakukan beberapa hal menakjubkan bersama-sama. Ketika kami melihat di EA, kami melihat partner yang memiliki sumber daya luar biasa di seluruh dunia, yang memilki visi yang sama tentang dimana mobile dan social game akan berada, hal tersebut akan membantu kami dalam menghibur lebih banyak orang di seluruh dunia daripada jika kami melakukannya sendiri.

Permainan populer akan dikloning sangat cepat, bagaimana Anda menanggapi orang-orang yang membuat permainan kloning? Apakah Anda menganggap mereka sebagai pesaing?

Kami tidak menganggap mereka sebagai kompetitor kami. Kami tetap fokus pada usaha memperbarui dan memelihara game kami sendiri, memperbaiki mereka dan mendistribusikannya sesuai keinginan para pengguna kami. Bejeweled mungkin merupakan game yang paling banyak ditiru sepanjang masa. Tetapi franchise Bejeweled yang asli masih menjadi #1 match-3 game. Kenyataannya adalah bahwa membangun permainan yang benar-benar sukses sangat, sangat sulit. Untungnya, kami cukup ahli.

Selain dari mobile dan social, menurut Anda akan seperti apa masa depan game? Katakanlah, dalam 3 tahun?

Anda tahu apa yang saya inginkan? Hologram pesawat yang terbang di sekitar ruang tamu saya, hologram zombie kecil berbaris di atas meja saya melakukan pertempuran dengan tanaman hologram kecil. Sampai hal itu terjadi, saya tidak akan puas.

Anda menjalankan PopCap di APAC, bagaimana Anda melihat pasar Asia dalam hal game? Ada informasi tentang perilaku lokal khusus yang Anda dapat bagi tentang orang Asia?

Asia adalah rumah untuk model bisnis “free to play”, yang kemudian secara cepat menjadi model bisnis yang dominan di mana-mana di seluruh dunia. Tim kami di sini, di Asia, memfokuskan secara eksklusif pada pembangunan dan operasi permainan versi “free-to-play” kami, dan melalui proses ini kami belajar banyak yang pada akhirnya akan membantu kami berkembang di seluruh dunia. Di sini, kami juga fokus lebih banyak pada online atau multiplayer game, dua segmen yang benar-benar menarik!

Anda bisa mengikuti James Gwertzman di Twitter.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tentang Investasi Google di Indonesia

Next Story

Developing a Sophisticated Demand Culture

Latest from Blog

Don't Miss

H3RO Land dari Bima+, Teman Mabar Anak Esports

Salah satu bentuk dukungan untuk perkembangan esports di tanah air

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah