26 June 2022

by Adi Nawan

Benchmark Perdana Prosesor Intel Generasi 13 Raptor Lake ES Muncul

Keberadaan prosesor baru Intel ini semakin menguat.

Benchmark Intel Raptor Lake muncul di dunia maya dan peningkatannya cukup signifikan dibanding dengan generasi sebelumnya.

Memasuki pertengahan tahun, kehadiran generasi terbaru dari prosesor Intel pun akhirnya semakin menguat. Generasi ke-13 yang disebut akan berjuluk Raptor Lake ES ini memang banyak ditunggu berkat optimalisasinya terhadap fabrikasi 10nm yang kini diusung Intel.

Dan seperti biasa, mendekati masa perilisannya pada pertengahan kedua tahun ini, beberapa hasil pengetesan dari prosesor baru ini juga ikut mengemuka. Dan cukup meyakinkan prosesor baru Intel Rapter Lake ES ini menunjukkan performa rata-rata 20% lebih cepat dari flaghsipIntel Alder Lake, Intel Core i9-12900K.

Meskipun tidak disebutkan prosesor generasi ke-13 apa yang digunakan, namun kedua prosesor tersebut menggunakan komponen yang sama yaitu sebuah motherboard Z690, RAM DD5 5200 MHz 32 GB, dan juga sebuah GPU NVIDIA GeForce RTX 3090 Founder Edition.

Image Credit: expreview.com

Hasilnya, secara keseluruhan Intel Raptor Lake ES ini memiliki peningkatan rata-rata antara 15-25% dibandingkan dengan prosesor Intel Alder Lake. Bahkan pada pengetesan Sisoft Sandra 2021 Intel Raptor Lake ES mampu 51,5% lebih kencang daripada pendahulunya.

Kemenangan telak Raptor Lake ES ini disebut karena jumlah Efficient Cores (E-Cores) yang kini naik hingga dua kali lipat. Sehingga generasi baru ini memiliki 16 E-Cores dibandingkan Alder Lake yang hanya memiliki 8 E-Cores.

Keduanya tetap menggunakan Performance Cores (P-Cores) yang sama-sama berjumlah 8 Cores. Sehingga kemungkinan besar Intel memang memfokuskan pengembangan Raptor Lake ES pada penambahan dan optimalisasi E- Cores prosesor mereka.

Bahkan ada kemungkinan bahwa Intel sedikit merelaksasi performa P-Cores mereka di Raptor Lake ES ini. Hal tersebut terlihat pada saat pengujian single-thread keduanya. Yang hasilnya Intel Gen 12 Alder Lake unggul 10% dibandingkan Intel Gen 13 Raptor Lake ES.

Image Credit: expreview.com

Lebih lanjut, keunggulan prosesor Gen 12 ini juga terlihat pada benchmark video game. Dengan Guardian of the Galaxy menunjukkan performa Alder Lake yang unggul hingga 8,9%. Sedangkan game-game lain seperti Assassin's Creed Valhalla, Far Cry 6, Forza Horizon 5, dll menunjukkan perbedaan yang tidak terlalu signifikan.

Ada beberapa penjelasan lain terhadap hal tersebut. Salah satunya adalah dukungan driver dan UEFI terhadap prosesor Intel Raptor Lake ES yang belum sesempurna Alder Lake yang telah keluar tahun lalu.

Hasil benchmark tersebut tentu tidak bisa dijadikan justifikasi begitu saja terhadap performa Intel Raptor Lake ES. Namun munculnya hasil tersebut lebih mengarah kepada fakta bahwa prosesor terbaru Intel ini tidak akan lama lagi diluncurkan kepada publik.