Dark
Light

Beberapa Langkah Kunci yang Bisa Diambil untuk Mengamankan Big Data

1 min read
April 8, 2016

Perkembangan teknologi selalu sejalan dengan perkembangan ancamannya. Di era yang menempatkan data sebagai sesuatu yang penting dan krusial isu kebocoran data menjadi sesuatu yang harus diwaspadai. Antisipasinya harus diupayakan dengan maksimal. Tak terkecuali mereka yang menerapkan teknologi big data dan cloud. Selain data yang dilindungi, sumber data dan aliran konektivitas internet juga harus diamankan.

Bagi perusahaan atau organisasi yang sudah menerapkan teknologi big data menerapkan keamanan bisa menjadi salah satu prioritas yang utama. Selain volume data yang besar, keberagaman data juga menimbulkan tantangan tersendiri dalam mengamankan data. Belum lagi jika sumber data tersebar dari beberapa titik, ini akan membuat rencana pengamanan menjadi lebih kompleks.

Beberapa tindakan pencegahan sebenarnya bisa dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran data untuk big data ini. Salah satu yang mendasar adalah menghindari akses yang tidak sah. Ini adalah aturan dasar dari pengamanan. Dengan ukuran dan keberagaman data yang ada, akan menjadi musibah bisa jatuh di orang yang salah. Terutama yang terkait dengan privasi.

Langkah pencegahan lain yang bisa diambil untuk mengamankan big data adalah dengan mengamankan sumber data. Menjaga integritas data dari berbagai macam set sumber bukan perkara mudah jika jumlahnya terlampau banyak, tapi ini bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengamankan big data.

Selanjutnya untuk mengamankan data jalur atau proses transfer data juga harus diantisipasi. Memisahkan jalur transfer data-data sensitif dan penting dengan data-data lain yang lebih umum adalah cara terbaik untuk ini. Tentunya jalur khusus tersebut dipersiapkan dengan pengamanan yang lebih tinggi, dengan enkripsi berlapis misalnya.

Selain mengamankan akses, sumber, dan transfer data mengamankan konektivitas internet juga salah satu hal yang tak kalah penting. Akan lebih baik jika perusahaan memiliki perangkat lunak yang bisa mengamankan koneksi internet. Kita tahu internet bisa lebih berisiko dibanding dengan intranet, oleh karena itu selain mengamankan dari ujung ke ujung (asal dan sumber data) pengamanan juga dilakukan di jalur konektivitas internet.


Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Previous Story

Bekraf Giatkan Program Coding Mum, Bekali Ibu Rumah Tangga Kemampuan Pemrograman

PP PTSE Kominfo
Next Story

LinkedIn Perkenalkan Data Center Baru di Singapura (Updated)

Latest from Blog

Ini Dua Chromebook Baru dari Lenovo

Lenovo memperkenalkan dua Chromebook terbaru, yakni Lenovo Chromebook Duet (11″, 9) dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas

Don't Miss

Keamanan Data Jadi Prioritas, Google Workspace Diperkuat Dengan AI

Dalam upaya terus meningkatkan keamanan dan kemampuan AI generatif, baru

AVITA Umumkan 2 Seri Laptop Baru untuk Indonesia: SATUS S dan PURA A+

Pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan banyak orang dalam bekerja dan belajar.