Dark
Light

Baru: Google Reader Favicon dan Gmail Offline

1 min read
November 26, 2009

googlemoveAnda mesti sudah tau bahwa Google menerapkan sebuah strategi keren yang menurut saya sangat unik, yaitu memberikan 20% waktu bagi para karyawannya untuk mengerjakan segala macam proyek yang mereka suka, dan jika proyek ini layak untuk di jalankan, maka karyawan nantinya akan mendapat dukungan penuh dari Google.

Sudah banyak sekali produk-produk yang berguna hadir dari startegi 20% ini, kini hadir kembali sebuah penambahan kecil yang bisa jadi sangat berguna dari waktu 20% ini. Penambahan Favicon pada Google Reader.

Beberapa hari yang lalu saya membahas aplikasi Pearltrees bagi mereka yang akrab dengan desain dan berpendapat Google Reader itu terlalu polos. Kini, dengan penambahan Favicon atau ikon di pinggir subscription pada Google Reader anda, mungkin akan menambah warna sedikit pada tampilan Google Reader. Selain sebagai pemanis tentu ada juga fungsi utama dari Favicon ini, yaitu untuk membantu anda memilah dan membedakan subcription anda. Dengan Favicon ini maka ikon dari situs berita atau blog yang anda ikuti akan menampilkan ikon kecil yang menjadi ciri situs tersebut, biasanya logo.

Memang tidak semua situs menampilkan Favicon, banyak dari situs yang saya ikuti tidak mempunyai Favicon, tapi setidaknya, kini saya bisa membedakan secara sekilas, situs-situs yang beritanya rutin saya ikuti, dan Google Reader saya pun tampak sedikit berwarna. 🙂

Selain itu, Google juga mengumumkan sebuah perkembangan baru lainnya yang bisa jadi akan membawa penggunaan e-mail pada babak selanjutnya. Perkembangan itu adalah aplikasi attachments secara offline.

Kini anda bisa bekerja dengan Gmail secara offline bahkan ketika melakukan attachment. Jadi jika listrik di kantor atau rumah anda tiba-tiba mati dan internet anda tiba-tiba disconnect, jangan kuatir Gmail akan menyimpan attach anda pada outbox dan akan segera mengirimkannya begitu anda tersambung online kembali.

Jika anda telah menggunakan aplikasi ini maka Gmail akan menyimpan secara otomatis attachments, baik ketika anda online atau tidak. Rasanya ini akan sangat berguna bagi kita di Indonesia, mengingat listrik dan internet kita memang suka timbul tenggelam. Aplikasi ini juga akan sangat berguna bagi mereka yang sering bekerja ke tempat terpencil serta tidak ada sambungan internet. Anda bisa menggunakan fasilitas ini dan ketika ada koneksi internet maka, file itu akan segera di kirim.

Tapi aplikasi Gmail ini masih dalam pengembangan Gmail Labs yang masih dalam tahap percobaan dan pengembangan, saya juga masih gagal melakukan integrasi ini, dan anda juga tidak dapat melakukan fasilitas attach untuk images yang ada di body email.

Sedikit cara untuk mencoba dua aplikasi ini, untuk Favicon anda tinggal masuk ke Google Reader dan mengklik tanda panah ke bawah kecil di pinggir subscription dan mengaktifkan fungsi Favicon, sedangkan untuk Gmail offline anda bisa membacanya di sini.

Jika anda sudah mencoba, beritahu kami bagaimana pendapat anda.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

4 Comments

  1. Di google reader saya, pilihan favicon-nya kok ga muncul ya? pilihannya cuma sorting, subscription sama translate. Ada settingan yang lain ato gimana? thanks.

  2. sepertinya sih gak ada settingan khusus, di kolom sebelah kiri (bukan kolom berita) di bagian subscriptionnya, ada panah kecil,klik lalu pas ada pilihannya use favicons, klik lagi…semoga bisa membantu… 🙂

  3. tergantung situs sumbernya juga dong, pake favicon atau tdk. trus klo situs sumbernya pake favicon tapi namanya ngga standar (favicon.ico) ntar apa bs terbaca oleh Google Reader?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

LinkedIn Membuka Diri, TweetDeck Menyambut Dengan Senyum

Next Story

Hootsuite is Very Hot!

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan