Esports Ecosystem

Balapan Khusus Perempuan Adakan W Series Esports League

05 Jun 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
W Series Esports League akan diikuti oleh 18 pembalap profesional

Seri balapan khusus perempuan W Series bakal mengadakan kompetisi balapan virtual untuk menggantikan balapan yang dibatalkan karena virus corona. Kompetisi yang dinamai W Series Esports League ini akan diselenggarakan pada 11 Juni 2020. Balapan tersebut akan diikuti oleh 18 pembalap profesional yang telah lolos kualifikasi untuk bertanding di W Series.

W Series Esports League terdiri dari 10 balapan. Para peserta akan menggunakan mobil virtual yang sama, yaitu Tatuus Formula Renault 2.0. Pasalnya, mobil tersebut memiliki performa serupa mobil balap W Series Tatuus Formula 3. Untuk mengadakan turnamen balapan virtual tersebut, W Series bekerja sama dengan perusahaan aksesori komputer Logitech G, perusahaan media dan komunitas esports milik Logitech, Beyond Entertaiment, dan software sim racing iRacing.

W Series Esports League
W Series Esports League ditujukan untuk 18 pembalap perempuan.

“Saat ini, tidak ada balapan yang dilangsungkan. Jadi. tujuan dari W Series Esports League adalah untuk membantu para pembalap kami mengasah kemampuan mereka dan menghibur para fans kami,” kata CEO W Series, Catherine Bond Muir, dikutip dari Motorsport. “Kami ingin menyediakan lingkungan yang kompetitif bagi para pembalap kami. Sekarang, semakin banyak pembalap yang merasa frustasi karena tidak bisa ikut serta dalam balapan. Saya tidak yakin¬†balapan menggunakan sim racing akan memberikan pengalaman yang sama dengan balapan bisaa. Namun, saya rasa, memastikan para pembalap kami tetap bisa bersaing dengan satu sama tetaplah penting.”

Selama pandemi virus corona, esports balapan memang tumbuh pesat. Ada banyak turnamen balapan virtual yang diadakan, termasuk oleh Formula 1, Formula E, dan NASCAR. Belum lama ini, Lamborghini juga mengadakan turnamen esports sendiri.

“Saat ini, balapan virtual adalah satu-satunya balapan yang ada. Menurut saya, sebagian besar pembalap juga senang ikut serta dalam sim racing, walau balapan virtual tentu saja berbeda dari balapan sebenarnya,” kata runner-up W Series tahun lalu, Beitske Visser pada The Esports Observer. “Jauh lebih menyenangkan untuk mengendari mobil sebenarnya. Meskipun begitu, sejauh ini, saya juga menikmati sim racing. Saya pikir, hal ini dapat membantu kami untuk tetap aktif balapan di kala kita tidak bisa mengadakan balapan sebenarnya. Kami menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari lintasan yang ada.”