2 October 2015

by Glenn Kaonang

Bagikan Foto ke Klink, Anda Bisa Uangkan Jumlah View

Sebuah jejaring sosial baru yang dikhususkan untuk berbagi foto dan video punya ide yang cukup unik, yakni memberikan imbalan uang atas jumlah view yang diterima. Namanya Klink, dan layanan ini baru saja 'lulus' tahap pengujian selama tiga bulan.

Klink boleh saja Anda artikan sebagai tempat untuk menjual hasil karya fotografi Anda. Tapi perlu diingat, pihak pengembangnya merancang Klink sebagai jejaring sosial, sama seperti Instagram. Jadi gampangnya di sini Anda tidak cuma saling berbagi foto dan video, tetapi juga berpotensi meraup penghasilan tambahan.

Pengguna bisa mengunggah foto secara full screen atau video berdurasi 20 detik. Setiap foto atau video yang dilihat sebanyak 1.000 kali, Klink akan membayar sebesar $2. Jadi, 100.000 view sama dengan $200. Cukup menggiurkan, bukan? Tapi Anda harus mengingat bahwa yang dihitung hanyalah unique view saja. Artinya, satu orang yang melihat foto Anda selama beberapa kali tetap dihitung satu.

Info menarik: Instagram Sukses Kantongi 400 Juta Pengguna

Lalu sebagian dari Anda mungkin penasaran, "Dari mana Klink mendapat pemasukan?" Aplikasinya gratis, mendaftar akun pun tidak dipungut biaya. Well, cara pertama Klink mendapat pemasukan tentu saja adalah melalui iklan. Namun cara yang kedua justru terkesan amat jenius, yaitu lewat in-app purchase.

In-app purchase ini berharga $1 sekali pakai. Fungsinya? Mempersilakan foto unggahan Anda untuk tampil di laman "Featured". Atau dengan kata lain, untuk mempromosikan foto Anda sehingga kemungkinan besar jumlah view-nya akan bertambah. Pengguna yang memiliki jumlah view tinggi akan dicantumkan dalam tab "Creators".

Tidak ada salahnya mencoba peruntungan di Klink. Aplikasinya bisa diunduh secara cuma-cuma lewat App Store dan Google Play (masih dalam tahap beta). Anda mungkin cuma ingin berbagi dan menikmati foto-foto menarik saja, tapi toh tidak ada salahnya menjajal kesempatan mencari penghasilan tambahan.

Sumber: TheNextWeb.