Dark
Light

Asus Luncurkan Vivowatch dengan Fungsi Health Tracking Komplet dan Baterai 10 Hari

1 min read
April 29, 2015

Smartwatch perdana Asus, ZenWatch, cukup diminati banyak orang karena wujudnya yang atraktif. Masih mempertahankan filosofi desain yang serupa, pabrikan asal Taiwan tersebut meluncurkan smartwatch keduanya, VivoWatch.

Asus VivoWatch mengusung konsep yang sedikit berbeda. Jika ZenWatch yang ditenagai Android Wear ditujukan buat pasar mainstream, maka VivoWatch menyasar segmen yang lebih spesifik dengan fokus pada health tracking.

Dari luar, wujudnya tidak berbeda jauh ketimbang ZenWatch. Layarnya dilapisi kaca Gorilla Glass 3, dan diyakini sangat irit daya, dengan resolusi hanya 128×128. Strap yang digunakan adalah ukuran 22 mm standar, sedangkan bobot keseluruhannya berkisar 50 gram.

asus-vivowatch-02

Asus VivoWatch telah mengantongi sertifikasi IP67. Ia bisa Anda ajak mandi, atau bahkan berenang dalam kedalaman 1 meter selama 30 menit. Di bawah layarnya, terdapat lampu LED yang akan menyala hijau atau merah, mengindikasikan apakah kondisi latihan Anda terlalu berat atau tidak.

Info menarik: Olio Model One, Smartwatch Berfisik Keren dengan Fokus pada Fungsionalitas

Tidak ada informasi mengenai OS yang dijalankan, namun pastinya bukan Android Wear. Asus VivoWatch kompatibel dengan perangkat Android maupun iOS via Bluetooth 4.0, dan sinkronisasi bisa berjalan otomatis dengan mengunduh aplikasi Asus HiVivo.

asus-vivowatch-03

Fungsi utama Asus VivoWatch adalah memonitor laju jantung penggunanya selama 24 jam nonstop berbekal sensor optik dan teknologi yang dinamai VivoPulse. Jumlah langkah kaki dan kalori yang terbakar juga akan dikalkulasi, dan ia siap mempelajari pola tidur Anda.

asus-vivowatch-04

Sensor UV ditanamkan untuk mengenali kondisi cuaca di luar. Kemudian yang tak kalah menarik adalah fitur Happiness Index, dimana VivoWatch akan memberikan skor 0 – 100 berdasarkan seberapa rajin Anda berlatih dan kualitas tidur Anda setiap harinya.

Info menarik: Baterai Smartwatch Ini Mampu Bertahan 30 Hari

Aspek sosial juga mendapat perhatian khusus. Melalui aplikasi Asus HiVivo atau situs Asus Healthcare, pengguna bisa memantau seberapa aktif keluarga maupun rekan-rekan terdekatnya yang juga menggunakan Asus VivoWatch.

Soal daya tahan baterai, Asus VivoWatch cukup bersinar. Baterainya diklaim bisa bertahan hingga 10 hari pemakaian. Angka ini jauh di atas milik Apple Watch maupun smartwatch Android Wear, dan cukup bisa bersaing dengan smartwatch besutan Pebble.

Sayangnya sampai detik ini belum ada kabar pasti soal jadwal pemasarannya – kemungkinan di bulan Mei. Banderol harganya pun masih belum dikonfirmasi, namun untuk pasar UK, Asus VivoWatch akan dilepas seharga £120 (± Rp 2,4 juta).

Sumber: Asus dan Wareable.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

7 Aplikasi Edukasi Android untuk Anak

Next Story

Tiru Google, Tencent Juga Rilis Sistem Operasi untuk Smartwatch dan Smart TV

Latest from Blog

Don't Miss

ASUS Rilis Tiga Laptop AI di Indonesia

ASUS mengumumkan kehadiran tiga laptop terbaru mereka, yang mereka perkenalkan
Harga Zenfone 11 Ultra

ASUS Resmi Luncurkan Zenfone 11 Ultra ke Tanah Air

Zenfone 11 Ultra RAM 12GB dan storage 256GB dibanderol Rp