ASUS Vivobook 13 Slate OLED Bakal Hadir di Indonesia, 2 in 1 Detachable dengan Windows 11

Sepertinya Microsoft Surface punya pesaing yang berasal dari ASUS dengan Vivobook 13 Slate OLED

Dengan munculnya prosesor yang memiliki daya rendah, membuat para produsen laptop bisa menciptakan perangkat dengan dimensi yang tipis. Salah satunya adalah laptop yang datang dari ASUS. Laptop yang bakal diluncurkan memiliki nama Vivobook 13 Slate OLED. Saya diundang untuk sneek peak dari laptop yang satu ini pada tanggal 4 Juni 2022 yang lalu di Hotel Aloft Jakarta.

“ASUS merupakan satu-satunya produsen laptop di Indonesia yang konsisten menghadirkan laptop dengan beragam form factor, mulai dari laptop clamshell tradisional, convertible, hingga detachable,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “Vivobook 13 Slate OLED akan hadir untuk melengkapi portofolio ASUS sebagai brand laptop nomor satu di Indonesia sekaligus brand laptop OLED nomor satu di dunia.”

Pada pertemuan kali ini, ASUS belum memberitahukan spesifikasi dari perangkat yang satu ini. Bisa jadi, unit demo dengan final retail-nya bisa berbeda. Namun yang pasti, ASUS Indonesia mengatakan bahwa nantinya perangkat ini bukan ditujukan untuk para content creator, namun untuk mereka yang ingin bekerja dengan Office, edit ringan pada gambar, dan mencari laptop untuk hiburan.

Vivobook 13 Slate OLED menggunakan layar 13-inci (16:9) dengan teknologi ASUS OLED yang  bersertifikasi PANTONE Validated dan color gamut 100% DCI-P3. Laptop ini juga menggunakan Dolby Vision serta kontras warna dengan sertifikasi VESA Display HDR True Black 500. Hal ini membuat Vivobook 13 Slate OLED merupakan laptop sekaligus tablet yang pas untuk para pecinta film.

Vivobook 13 Slate OLED juga sudah menggunakan 4 speaker Dolby Atmos. Selain itu, ASUS Smart Amplifier juga dihadirkan untuk menghasilkan audio yang lebih kaya dan jernih. Vivobook 13 Slate OLED juga dibekali oleh WiFi 6 (802.11ax) yang telah ditingkatkan oleh ASUS WiFi Master untuk konektivitas yang lebih stabil. Laptop ini juga punya pemindai sidik jari yang langsung tergabung pada power button-nya.

Laptop ini memiliki 2 buah port USB-C yang bisa digunakan untuk Display Port. Namun, kedua port ini bukan merupakan Thunderbolt. Terdapat sebuah slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan dari laptop ini. Untuk keyboard-nya, bisa dicopot pasang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi lainnya tentu bakal dikeluarkan oleh ASUS pada saat Vivobook 13 Slate OLED diluncurkan. Rencananya, perangkat ini akan dihadirkan di Indonesia pada tanggal 30 Juni 2022. Harganya juga tentu saja akan diungkap pada saat peluncurannya. Jadi, mari kita tunggu kehadirannya di Indonesia.