14 April 2023

by Lukman Azis

ASUS ROG Phone 7 Series Hadir dengan GameCool 7, Bawa Peningkatan Sebesar 168%

Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, dengan fitur baru X Sense yang membantu para gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar

Tidak banyak pilihan perangkat flagship yang punya titel smartphone gaming. Di Indonesia kita hanya menjumpai ASUS yang begitu konsisten menghadirkan smartphone dengan pengalaman bermain game mobile terbaik. Kini ASUS Republic of Gamers (ROG) telah memperkenalkan ROG Phone 7 Series di ajang For Those Who Dare Virtual Launch.

ASUS ROG Phone 7 Series terbaru ini mencakup ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Keduanya menawarkan performa tanpa kompromi dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform dan dilengkapi sistem pendingin GameCool 7 yang meningkatkan efisiensi pembuangan panas hingga 168%.

Sistem pendingin GameCool 7 bertugas untuk mendinginkan CPU dari segala arah. Metode ini menggunakan pendekatan tiga cabang. Untuk sesi singkat, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi perlambatan.

Sesi tengah ditangani oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Terakhir, untuk sesi maraton, AeroActive Cooler 7 dilengkapi dengan kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, menampilkan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.

Di ROG Phone 7 Ultimate, sistem pendinginannya ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal. Saluran masuk udara ini aktif secara otomatis saat AeroActive Cooler terpasang, mengarahkan aliran konstan udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber.

Lebih lanjut, tim ROG Gaming telah meningkatkan volume efektif speaker ROG Phone 7 Series sebesar 50% dengan speaker kembar menghadap ke depan 12x16 mm. Dibantu oleh sub-woofer lima magnet super-linear 13x38 mm dalam pendingin AeroActive 7, yang meningkatkan volume bass hingga 77% untuk suara 2.1. ASUS juga bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suaranya.

ROG Phone 7 Series juga dilengkapi jack headphone 3,5 mm dan Dirac Virtuo For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Dukungan teknologi Snapdragon Sound memastikan audio Bluetooth dengan fidelitas tinggi latensi super rendah.

Kemudian ada X Sense yang membantu para gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up. X Capture adalah alat AI yang secara otomatis merekam momen menarik dalam pertempuran.

Tak ketinggalan ada kontrol ultrasonik AirTrigger yang memberikan kontrol dengan pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming, ROG Phone 7 Seris mendukung ray tracing percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras. Artinya, untuk game yang didukung, gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.

Semua kekuatan ini ditingkatkan lebih jauh lagi oleh manajer kinerja Armoury Crate, yang memberi para gamer kontrol atas pengaturan kinerja dan penyetelan. Kinerjanya didongkrak oleh RAM LPDDR5X hingga 16GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 hingga 512GB.

Pada aspek layar, ROG Phone 7 Series menggunakan panel Samsung AMOLED 6,78 inci 165Hz dengan tingkat pengambilan sampel sentuh 720Hz, memiliki akurasi warna Delta E <1, dan tingkat kecerahannya mencapai 1.500 nits.

ASUS ROG Phone 7 Series dipastikan akan hadir secara resmi untuk Indonesia. ASUS Indonesia akan memperbaharui informasi terkini mengenai tanggal rilis dan ketersediaannya menjelang peluncurannya nanti. Di pasar Eropa dan Taiwan, ROG Phone 7 dijual mulai dari €999 dan €1.399 untuk ROG Phone 7 Ultimate.