Gadget News

ASUS ROG Umumkan Beragam Perabot Gaming Baru di Computex 2019

28 May 2019 | Yabes Elia
Mulai dari gaming headset, monitor portabel, CPU cooler, dan PSU.

Perhelatan pameran teknologi hardware PC (dan kawan-kawannya) yang terbesar di dunia, Computex 2019 sudah mulai digelar. Berbagai brand kelas kakap di industri ini pun juga sudah mulai mengenalkan jagoan-jagoan baru mereka.

Salah satunya adalah ASUS ROG. ASUS ROG adalah pionir dari menjamurnya brand gaming di industri ini yang dicetuskan pertama kali di tahun 2006. Kala itu, ASUS ROG memang mengawalinya dengan produk motherboard. Namun kini, kategori produk ASUS ROG sudah sangat beragam.

Ada beberapa perabot gaming yang diumumkan ASUS ROG di Computex 2019. Mari kita intip satu per satu.

ROG Theta 7.1

Sumber: ASUS Indonesia
Sumber: ASUS Indonesia

Theta 7.1 ini, dari namanya juga sudah kelihatan, adalah produk gaming headset yang diklaim mampu menawarkan suara surround 7.1 dengan 8 driver terpisah untuk teknologi virtual-subwoofer-nya. Menurut rilis yang kami terima, headset ini juga dilengkapi dengan ESS SABRE9601 quad amp eksklusif yang menjanjikan suara tanpa cela.

ROG Theta Electret

Sumber: ASUS Indonesia
Sumber: ASUS Indonesia

Headset ini adalah headset kedua yang dikenalkan ASUS ROG di Computex 2019. Theta Electret ini diklaim yang pertama di industri gaming yang mampu memberikan kombinasi driver electret dengan high-fidelity dengan subwoofer dinamis.

Menariknya, jika biasanya gaming headset hanya memberikan koneksi 3.5mm ataupun USB, Theta Electret ini juga dilengkapi dengan adapter 3.5mm – 6.3mm (yang biasa digunakan di perangkat hi-fi).

ROG Strix XG17

Sumber: ASUS Indonesia
Sumber: ASUS Indonesia

Anda ingin bermain game di layar 240Hz di warung kopi? Sekarang Anda bisa melakukannya dengan monitor portable ROG Strix XG17. Monitor yang katanya ditujukan untuk gamer ultra-competitive ini berukuran 17,3 inci dengan panel IPS dan dibekali dengan 240Hz refresh rate dan 3ms response time.

Berhubung portabel, monitor ini disebutkan punya bobot hanya 800 gram dan punya baterai yang mampu menyokong operasi 240Hz selama 3 jam dalam sekali charging.

ROG Strix 750W Gold dan 650W Gold

Sumber: ASUS Indonesia
Sumber: ASUS Indonesia

Sekali lagi, dari namanya, produk ini juga sudah bisa ditebak kategorinya. Keduanya adalah power supply yang sudah mendapatkan sertifikasi 80 Plus Gold.

Selain dibekali dengan fan berukuran 135mm dan kapasitor Jepang, PSU ROG Strix ini juga menawarkan masa garansi sampai dengan 10 tahun. Angka garansi itu memang kelihatannya panjang namun durasi tersebut sepertinya sudah jadi standar baru untuk produk premium. PSU dari Corsair dan Seasonic yang kelas premium juga menawarkan masa garansi yang sama.

Produk PSU ini juga bukan yang pertama dari ROG. Sebelumnya, mereka sudah merilis ROG THOR-850P. Menurut bisikan dari perwakilan ASUS Indonesia, PSU ROG Strix ini ditujukan untuk kelas yang lebih terjangkau.

Jika ROG THOR tadi, di Indonesia, dibanderol dengan harga Rp4 jutaan (setidaknya itu yang saya temukan di Official Store di Tokopedia, saat artikel ini ditulis), PSU ROG Strix akan ada di kisaran harga berapa ya?

ROG Strix LC 120/240/360 RGB

Sumber: ASUS Indonesia
Sumber: ASUS Indonesia

Perabot gaming terakhir yang dikenalkan oleh ASUS kali ini adalah CPU Cooler AIO (closed loop water cooling), yang diberi nama ROG Strix LC 120/240/360 RGB.

Liquid cooler ini juga bukan yang pertama dari ASUS ROG. Sebelumnya, mereka punya ROG Ryujin 360 dan ROG Ryuo 240. Seperti biasanya, bukan ASUS ROG namanya kalau produknya tidak ditujukan untuk kelas premium.

ROG Ryujin 360 tersedia di Indonesia dengan harga Rp4,9 juta (di toko yang sama di Tokopedia di atas). Sedangkan ROG Ryuo ada dikisaran harga Rp3,4 juta.

Pertanyaan pentingnya sekarang, barang apa sajakah yang nantinya akan tersedia di Indonesia? Apakah sudah ada yang dikonfirmasi akan dijual resmi di sini? Menurut kawan saya dari ASUS Indonesia tadi, “belum ada konfirmasi sih, tapi sepertinya sebagian besar bakal available juga di Indonesia.”

Buat para sultan, tertarik dengan perabot-perabot gaming baru dari ROG tadi?