Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

ASUS Gandeng Noctua Untuk Membuat Sistem Pendingin GPU GeForce RTX 3070

7 August 2021Sean Edbert

ASUS GeForce RTX 3070 dengan desain baru berwarna krem dan coklat?

Jika mencari sistem pendinginan untuk PC, merek Noctua pastinya tidak asing lagi di telinga para gamer dan perakit PC. Brand asal Austria ini telah memproduksi pendingin CPU dan kipas PC sejak tahun 2005. Noctua terkenal akan performa pendinginannya yang superior dengan tingkat kebisingan sangat minimal serta desain kipas khasnya berwarna krem dan coklat.

Image Credit: hexus.net

Menariknya, baru-baru ini Noctua ternyata dikabarkan telah berkerja sama dengan pabrikan GPU ternama, ASUS. Tujuan dari kolaborasi ini adalah merancang sistem pendingin baru pada GPU ASUS NVIDIA GeForce RTX 3070. Kolaborasi ini pertama kali ditemukan di daftar EEC (Komisi Ekonomi Eurasia) oleh pengguna Twitter bernama Komachi_Ensaka.

Image Credit: ECC

Pada bagian akhir daftar ini menunjukkan kode GPU “RTX3070-8G-NOCTUA” yang tentu saja mengartikan RTX 3070 dari ASUS ini akan memiliki kaitan dengan Noctua. Melihat reputasi dan performa yang sangat baik dari Noctua, pastinya GPU hasil kolaborasi kedua perusahaan ternama ini akan memiliki performa lebih unggul, suhu lebih rendah, serta bunyi kipas yang lebih sunyi.

Selain dari daftar EEC, ternyata website HWcooling.net telah memberitakan tentang kolaborasi ASUS dan Noctua ini di akhir bulan Juli lalu. Mereka mengabarkan telah mendengar bocoran kolaborasi ini dari sumber yang terpercaya. Saat pihak HWcooling menghubungi sumber tersebut, jawabannya adalah: “Saya belum bisa berkomentar tentang ini dahulu, semoga secepatnya ya!”

Ilustrasi GPU ASUS dengan warna kipas Noctua (Image Credit: Akun Reddit – kuuskyt)

Gambar di atas merupakan ilustrasi kartu grafis ASUS dengan warna khas dari Noctua yang diunggah oleh akun Reddit bernama kuuskyt (tidak resmi dari ASUS). Jika GPU GeForce RTX 3070 ini memang mengikuti desain warna dari Noctua, tentu saja akan menjadi sangat unik. Bagaimana menurut Anda? Lebih cocok dengan kombinasi warna krem dan coklat atau tetap dengan desain warna ASUS?

Sayangnya, belum ada bocoran lebih lengkap tentang kartu grafis kolaborasi ASUS dan Noctua. Masih belum jelas apakah akan mengusung sistem pendinginan air atau udara maupun desain warnanya akan mengikuti khas Noctua atau tidak.

Di sisi lain, AMD belum lama ini mengumumkan GPU terbaru mereka, RX 6600 XT. GPU ini diklaim sangat cocok untuk bermain game di resolusi 1080p dan performanya lebih baik dari RTX 3060. Anda bisa membaca ini lebih lengkap di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV