11 November 2022

by Dimas Galih W.

ASUS Bakal Hadirkan Zenfone 9 di Indonesia, Masih Bertahan dengan Desain Compact

ASUS bakal membawa smartphone Zenfone 9 yang sudah diluncurkan secara global ke Indonesia, digadang sebagai Zenfone terkencang saat ini

ASUS tidak lama lagi bakal meluncurkan sebuah smartphone penerus dari Zenfone 8. Apalagi kalau bukan Zenfone 9 yang sudah terlebih dahulu luncur secara global. Sebelum peluncurannya di Indonesia yang bakal diadakan pada tanggal 17 November 2022, ASUS mengajak para jurnalis untuk melakukan sneak peek dari perangkat yang satu ini. Acara tersebut diadakan pada hotel Mercure PIK Jakarta pada tanggal 10 November 2022.

ASUS ternyata masih mempertahankan desain Zenfone 9 yang memiliki badan compact. Dibandingkan dengan Zenfone 8, ASUS hanya mengurangi 2% dari dimensi Zenfone 9 sehingga akan sangat sedikit lebih ramping. Bagian belakang dari perangkat ini juga sudah didesain agar tidak licin di tangan dan tidak akan meninggalkan sidik jari. Bahkan pada Zenfone 9, ASUS juga menambahkan sertifikasi IP68 sehingga perangkat ini akan cocok untuk dipakai berenang di kolam.

Melalui Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia mengklaim bahwa dengan sederet upgrade yang signifikan, Zenfone 9 adalah smartphone Zenfone paling powerful yang pernah diciptakan. Hal tersebut diklaim oleh Jimmy karena Zenfone 9 adalah smartphone dengan fitur yang lengkap dalam tubuh yang ringkas dan hadir dalam tampilan yang lebih eye-catching. Jimmy juga meminta konsumen untuk menantikan informasi lengkap dan kehadiran Zenfone 9 pada tanggal 17 November 2022.

Peningkatan terbesar yang ada pada perangkat ini terdapat pada system on chip yang digunakan. Zenfone 9 melompat dari Snapdragon 888 ke Snapdragon 8+ Gen 1, sehingga terdapat gap kinerja yang cukup besar. Untuk mendinginkan SoC ini, ASUS sudah membuat pendingin pada Zenfone 9 lebih besar 230% jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Seharusnya Zenfone 9 akan lebih dingin saat bekerja secara penuh seperti saat bermain dan melakukan rendering video.

ASUS Zenfone 9 menggunakan layar dengan dimensi 5,9 inci, lebih kecil dari kebanyakan smartphone yang beredar di pasar saat ini. Dengan layar sekecil itu, panjang keseluruhan perangkat kurang dari 14,8 cm. Lebarnya sendiri juga tidak lebih dari 7 cm. Hal ini akan membuatnya cukup nyaman saat digunakan dengan satu tangan saja.

Belum banyak yang bisa dikatakan pada saat acara sneak peek tersebut. Untungnya, saya sudah mendapatkan 1 unit perangkat Zenfone 9 untuk diuji lebih lanjut. Jadi, kalian bisa menantikan uji lengkap dari smartphone compact terbaru dari ASUS ini di Hybrid.co.id.