3 March 2023

by Daniel Hamiaz

Armored Core 6 Diperkirakan Rilis Sebelum DLC Elden Ring

Meski dibuat oleh developer Elden Ring, Armored Core 6 dipastikan tidak akan menganut aliran "Soulslike"

Diumumkan pertama kali di akhir 2022, Armored Core 6: Fires of Rubicon sudah dipastikan rilis tahun ini. Berita ini disampaikan langsung oleh FromSoftware selaku developernya. Walau demikian, mereka tidak menyebutkan tanggal perilisan yang jelas dan hanya memberi perkiraan mengenai rentang waktunya saja, yaitu sekitar bulan September hingga Oktober, dengan kemungkinan yang lebih besar di akhir September 2023.

Dilaporkan oleh Exputer, FromSoftware juga baru saja mengumumkan penggarapan DLC pertama untuk Elden Ring yang berjudul "Shadow of the Erdtree". Walaupun Elden Ring merupakan salah satu game andalan mereka, para penggemar sepertinya tidak perlu khawatir akan penundaan perilisan, sebab FromSoftware sudah menjamin Armored Core 6 akan dirilis sebelum DLC tersebut, jika tidak terjadi masalah internal dan semuanya berjalan sesuai rencana.

Armored Core 6 menceritakan bahwa umat manusia menemukan sumber energi misterius yang berpotensi meningkatkan kemampuan teknologi mereka saat itu. Sumber daya tersebut ditemukan pada sebuah planet yang bernama Rubicon 3. Namun, setelah dimanfaatkan, sumber daya tersebut malah menyebabkan sebuah tragedi yang berujung pada kehancuran planet tersebut.

Beratus-ratus tahun kemudian, umat manusia mencoba sekali lagi untuk memanfaatkan sumber daya tersebut. Pemain nantinya akan mengendalikan seorang tentara bayaran yang mengendarai sebuah robot Armored Core, menjalankan berbagai misi mulai dari mengambil permintaan dari perusahaan besar hingga melawan kelompok pemberontak.

Game baru dari seri Armored Core memang sudah lama dinantikan, mengingat game Armored Core terakhir dirilis pada tahun 2012 untuk PlayStation 3 dan Xbox 360. Karena itu, pengembang ingin mengobarkan lagi semangat dari para fans-nya, dengan meluncurkan seri terbaru ini nantinya.

Walau FromSoftware lebih dikenal dengan game-game seperti Dark Souls, Bloodborne, Sekiro: Shadows Die Twice, dan yang terakhir Elden Ring, mereka menyatakan bahwa Armored Core 6 sama sekali tidak akan menjadi game "Soulslike" seperti game -game yang telah disebutkan sebelumnya. Mereka lebih mendorong aspek lain, seperti kustomisasi bagian robot sebagai aspek kunci dari gameplay-nya.

Armored Core 6: Fires of Rubicon akan dirilis untuk platform PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox Series X|S, dan Xbox One.