Gadget News

Apple Bakal Buat Gaming Mac?

26 Dec 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
Gaming Mac dari Apple diperkirakan akan dihargai Rp70 juta

Gamer biasanya menggunakan PC berbasis Windows. Tak heran, mengingat selama ini, gamer memang bukan target pasar Apple. Jika dibandingkan dengan game Windows, jumlah game untuk Mac jauh lebih sedikit. Jika ingin memainkan game AAA, pengguna Mac harus menunggu hingga versi Mac dari game tersebut diluncurkan. Karena itulah, biasanya pengguna Mac harus menunggu lebih lama untuk bisa memainkan game terbaru. Seolah itu tidak cukup buruk, sistem operasi terbaru dari Apple, MacOS Catalina, tak lagi mendukung aplikasi 32-bit. Itu artinya, semua game 32-bit yang telah dibuat untuk Mac tak lagi bisa dimainkan.

Feral Interactive, salah satu perusahaan yang membuat versi Mac dari game PC, mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk membuat versi 64-bit dari sejumlah game mereka. “Proses ini memakan tenaga yang tidak sedikit,” kata juru bicara Feral Interactive pada Digital Trends. “Tidak semua game akan kami update.” Jika game 32-bit dari Mac tidak diubah menjadi 64-bit, berarti game itu tidak lagi bisa dimainkan pada Mac dengan OS terbaru.

Apple Arcade.
Apple Arcade.

Tahun ini, Apple mulai tertarik untuk masuk ke industri gaming dengan meluncurkan Apple Arcade, layanan berlangganan game. Dengan berlangganan Apple Arcade, Anda akan bisa mengakses sejumlah game dan memainkan game itu di berbagai perangkat buatan Apple, mulai dari iPhone, iPad, MacBook, sampai Apple TV.

Minggu ini, muncul kabar bahwa Apple akan meluncurkan Mac PC yang ditujukan khusus untuk pelaku esports, menurut Patently Apple. Dengan spesifikasi ultra high end, gaming Mac tersebut diperkirakan akan dihargai US$5.000 (sekitar Rp70 juta). Sebagai perbandingan, untuk merakit “gaming PC ekstrem”, PC Gamer memperkirakan bahwa Anda memerlukan US$3.000 (sekitar Rp42 juta), sementara PC high end memerlukan biaya sekitar US$2.000 (sekitar Rp28 juta). Walau harga dari gaming Mac ini hampir dua kali lipat dari gaming PC untuk Windows, Patently Apple percaya, akan ada orang yang tertarik dengan gaming Mac buatan Apple.

Menurut narasumber yang bekerja di perusahaan pemasok untuk Apple, perusahaan asal California itu bukan membuat gaming PC, tapi gaming laptop. Satu hal yang pasti, untuk mendesain dan membuat gaming Mac ini, Apple menggandeng semua rekan mereka, termasuk pabrik perakitan Quanta, penyuplai chip TSMC, pembuat power supply Delta dan Lite-On, pabrik kabel Liangwei, dan perusahaan rekan lainnya. IB Times melaporkan, perangkat gaming buatan Apple ini akan dipamerkan dalam Worldwide Developers’ Conference (WWDC) yang diadakan pada Juni 2020.

Sumber header: Pixabay