Apple Akhirnya Membawa Aplikasi Final Cut Pro dan Logic Pro Ke iPad

Para kreator video dan musik kini dapat melepaskan kreativitas mereka dengan cara baru dan di lebih banyak tempat

Apple akhirnya membawa aplikasi pengeditan video dan audio profesional buatannya untuk iPad, yakni Final Cut Pro dan Logic Pro. Para kreator video dan musik kini dapat melepaskan kreativitas mereka dengan cara baru yang hanya mungkin dilakukan di iPad. Kedua aplikasi kreatif ini akan tersedia mulai 23 Mei dengan metode berlangganan seharga US$4,99 per bulan atau US$49 per tahun.

Final Cut Pro untuk iPad akan hadir dengan jog wheel baru agar proses pengeditan video di tablet “lebih mudah dari sebelumnya. Lewat roda virtual ini pengguna dapat menavigasi magnetic timeline, memindahkan klip, serta melakukan pengeditan hanya dengan menggunakan jari dan gerakan multi-touch.

Apple juga memberikan fitur baru bernama Live Drawing yang memungkinkan menggunakan Apple Pencil untuk menggambar dan menulis langsung di atas konten video. Jika Anda adalah pengguna iPad Pro generasi terbaru dengan chip M2, Anda dapat menggunakan fitur hover Apple Pencil untuk melihat sekilas dan preview footage tanpa harus menyentuh layar.

Beralih ke Logic Pro untuk iPad yang akan hadir dengan beberapa fitur ramah sentuhan yang sama. Memungkinkan Anda memanfaatkan gerakan multi-touch untuk memainkan instrumen perangkat lunak dan berinteraksi dengan kontrol.

Aplikasi pengeditan audio ini memiliki fitur sound browser baru yang menggunakan dynamic filtering untuk membantu menemukan berbagai jenis suara. Dilengkapi dengan opsi untuk patch instrumen, patch audio, plug-in preset, sample, dan loop.

Selain itu, Apple memperkenalkan plug-in time dan pitch-morphing untuk Logic Pro yang disebut Beat Breaker, yang memungkinkan Anda menggesek dan mencubit untuk membentuk ulang dan mengacak suara. Logic Pro juga memiliki dukungan Apple Pencil yang memberikan kemampuan untuk menggambar otomatisasi trek yang mendetail.

Kabar baiknya Apple akan memberikan uji coba gratis selama satu bulan untuk Final Cut Pro dan Logic Pro. Saat iPad terhubung dengan Magic Keyboard atau Smart Keyboard Folio, pengguna juga dapat mengedit video atau audio menggunakan perintah di keyboard.

Nantinya pengguna akan dapat memindahkan project apa pun di Logic Pro antara aplikasi di Mac dan iPad, serta mengekspor lagu ke Final Cut Pro untuk iPad. Logic Pro di iPad juga memungkinkan membuka project yang dibuat menggunakan aplikasi GarageBand di iOS.

Ya, Final Cut Pro untuk iPad ini akan bersaing langsung dengan aplikasi pengeditan video profesional seperti Davinci Resolve yang juga dioptimalkan untuk iPad yang dirilis tahun lalu. Davinci Resolve untuk iPad ini bisa diakses secara gratis, tetapi Anda dapat membeli versi premiumnya sekali bayar seharga US$94,99.

Sumber: Apple dan TheVerge