Dark
Light

Google Dikabarkan Sedang Menguji Fitur untuk Membuat dan Mengedit Screenshot

1 min read
April 10, 2017

Aplikasi mengambil atau membuat screenshot sudah banyak dijajakan di toko Google Play Store, tapi tampaknya Google punya rencana lain dengan membenamkan kemampuan itu ke dalam aplikasi pencarian Google untuk ponsel. Dilansir oleh 9to5google.com, bahwa sejumlah pengguna mendapati permintaan akses saat mengakses aplikasi Google. Dalam pemberitahuan itu,aplikasi Google meminta izin untuk mengakses penyimpanan perangkat, di mana menurut sumber merupakan salah satu syarat untuk menjalankan fungsi barunya, yaitu untuk mengambil dan memodifikasi screenshot.

Minimnya jumlah pengguna yang bisa menjumpai fitur ini mengindikasikan bahwa Google masih melakukan pengujian sebelum merilisnya ke pengguna global. Dari apa yang sudah dibeberkan, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil screenshot kemudian memodifikasinya seperti memotong atau menambahkan coretan tangan berwarna. Tool hanya dapat bekerja untuk menangkap layar yang dibuka dari aplikasi Google.

google app

Aplikasi juga menampilkan menu berbagi yang seharusnya mendukung sejumlah aplikasi pihak ketiga seperti jejaring sosial Facebook, Twitter atau melalui email, SMS dan juga aplikasi pesan instan semacam WhatsApp. Fitur crop (memotong) tampak menggunakan metode standar yang banyak digunakan aplikasi edit foto. Kemudian untuk fitur coretan tangan, Google menyuguhkan beberapa pilihan warna yang dapat dipilih di bagian bawah. Tapi di situ disediakan pula jenis pensil yang berbeda untuk digunakan.

Kendati fitur menggambar terbilang sederhana, aplikasi tetap menyediakan tombol kembali yang berfungsi mengembalikan hasil editing yang tak diinginkan atau terdapat kesalahan. Sayangnya untuk saat ini masih terlalu dini untuk berpikir bahwa Google akan menghadirkan fitur serupa ke aplikasi lain. Paling tidak mereka harus menuntaskan pengujian ini hingga ke tahapan yang lebih matang.

Sumber gambar header Pixabay.

Previous Story

Aplikasi Instagram di PC Kini Bisa Dipakai untuk Mengirim Foto atau Video Lewat DM

Next Story

AI Buatan Facebook, M, Resmi Menyapa Pengguna Messenger

Latest from Blog

Don't Miss

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi