25 December 2022

by Lukman Azis

Aplikasi Edit Video & Color Correction DaVinci Resolve for iPad Sudah Tersedia di App Store

DaVinci Resolve for iPad dioptimalkan untuk iPad Pro dengan chip Apple M1 dan M2, kompatibel dengan iPadOS 16 dengan chip A12 Bionic

Pada bulan Oktober lalu, saat Apple memperkenalkan iPad Pro baru dengan chip Apple M2. Blackmagic Design juga mengumumkan DaVinci Resolve untuk tablet flagship Apple yang paling bertenaga tersebut. Setelah menanti selama dua bulan, kini DaVinci Resolve for iPad akhirnya telah menyambangi App Store.

DaVinci Resolve for iPad dioptimalkan untuk iPad Pro dengan chip Apple M1 dan M2, serta menawarkan kemampuan yang sama seperti versi desktop-nya. Dapat digunakan secara gratis, tetapi jika memanfaatkan penuh seluruh fitur-fitur yang ada, Anda perlu upgrade ke DaVinci Resolve Studio dengan membayar sekali seharga US$94,99 atau sekitar Rp1,4 jutaan.

Aplikasi video editing dan sekaligus color correction untuk iPad ini berukuran 2GB dan kompatibel dengan perangkat iPadOS 16 dengan chip Apple A12 Bionic atau yang lebih baru. Itu berarti pemilik iPad 10.2 (2020) dan iPad Air (2019) masih dapat mencicipi DaVinci Resolve for iPad, meski dengan catatan bahwa beberapa model iPad lama dengan keterbatasan memori mungkin akan membatasi beberapa fitur.

Dari segi antarmuka, DaVinci Resolve for iPad telah dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh dengan fungsi multitouch dan Apple Pencil. Pengguna juga dapat mengandalkan Magic Keyboard dan mouse eksternal untuk pengalaman PC yang lebih familier, juga mendukung Apple Studio Display dan Pro XDR Display.

Lebih lanjut, pengguna akan menemukan semua fitur dari DaVinci Resolve versi PC, termasuk video editing, color correction, cloud collaboration, serta magic mask dan voice isolation berbasis AI. Color correction tersebut memungkinkan menyesuaikan kontras, suhu, saturasi, dan sebagainya.

Sementara dengan fitur Blackmagic Cloud memungkinkan berkolaborasi menggunakan workflow berbasis cloud dan tim dapat bekerja pada timeline yang sama. Caranya cukup membuat Blackmagic Cloud ID untuk masuk ke DaVinci Resolve Project Manager Server dan menyiapkan perpustakaan untuk project Anda. Saat ada perubahan, Anda dapat melihat dan menerimanya di viewer, perubahan tersebut hanya akan diterapkan saat Anda menerima pembaruan.

DaVinci Resolve for iPad juga menghadirkan pemrosesan AI canggih yang ditenagai oleh DaVinci Neural Engine. Tool seperti magic mask hanya membutuhkan satu sentuhan untuk menemukan dan melacak orang. Pembingkaian ulang yang cerdas dan dapat mengenali aksi dalam sebuah adegan juga memungkinkan mengubah rasio aspek video landscape menjadi vertikal atau persegi dengan cepat.

Project DaVinci Resolve (drp) dan arsip project (dra) sepenuhnya kompatibel dengan DaVinci 18 di desktop. Format file yang didukung termasuk H.264, H.265, Apple ProRes, dan Blackmagic RAW. Sebenarnya sudah banyak aplikasi edit video yang tersedia untuk iPad, termasuk iMovie, Adobe Premiere Rush, LumaFusion, CapCut, dan banyak lagi. Kelebihan DaVinci Resolve for iPad adalah fleksibilitas color correction dan lebih cocok yang mengutamakan kualitas dengan pengeditan manual.

Sumber: DPreview