Gaming News

Apex Legends Tembus 10 Juta Pemain, Lebih Cepat dari Fortnite dan PUBG

08 Feb 2019 | Ayyub Mustofa
Hanya tiga hari, game ini sudah menggaet 10 juta unique player dan 1 juta concurrent player

“Apex Legends keren sih, tapi apa bisa mengalahkan dominasi Fortnite?” Demikian pertanyaan yang muncul di benak banyak orang ketika melihat game ini dirilis tiga hari lalu. Sekarang Respawn Entertainment punya jawabannya. Ya, Apex Legends bisa mengalahkan Fortnite, setidaknya dalam hal kecepatan meraih angka 10 juta pemain unik.

Walau masih seumur jagung, Apex Legends telah berhasil mencatatkan milestone yang luar biasa:

  • 1 juta pengguna unik dalam 8 jam
  • 2,5 juta pengguna unik dalam 24 jam
  • 10 juta pengguna unik dalam 72 jam

Apex Legends telah menjadi game battle royale tercepat yang sampai di angka 10 juta pemain! Sebagai perbandingan, Fortnite: Battle Royale butuh waktu dua minggu untuk meraih angka yang sama, sementara PlayerUnknown’s Battlegrounds butuh enam bulan. Perbandingan lain yaitu Overwatch perlu tiga minggu, masih jauh dibandingkan Apex Legends yang hanya butuh tiga hari.

Apex Legends - 10 Million Players
10 juta pemain dalam 3 hari! | Sumber: Respawn Entertainment

Pada saat yang bersamaan, jumlah concurrent player (banyaknya pemain yang online bersamaan) Apex Legends telah mencapai angka 1 juta pemain. Bila kita bandingkan denga kondisi sekarang, Fortnite memang masih memimpin jauh dengan lebih dari 200 juta pemain dan 10 juta conccurrent player. Tapi setidaknya dengan membandingkan rentang waktu awal, Apex Legends telah menunjukkan taring mereka sebagai rival yang patut diperhitungkan.

Untuk menjaga momentum tersebut, Respawn Entertainment telah mengumumkan rencana mereka untuk mendukung game ini selama satu tahun ke depan. Respawn menerapkan sistem “Season”, yaitu periode tiga bulanan yang menjadi milestone pengadaan konten baru. Di setiap Season, akan ada Battle Pass yang berisi berbagai macam imbalan, termasuk kosmetik eksklusif dan Apex Pack.

Apex Legends - Year 1 Roadmap

Perlu diingat bahwa Respawn memiliki prinsip bahwa tidak boleh ada kosmetik yang hanya bisa didapat dengan cara membayar. Artinya, semua item dalam Battle Pass juga bisa didapatkan dengan cara biasa (membeli dengan Legend Tokens, atau lewat Apex Pack). Tetapi pemilik Battle Pass bisa langsung mendapatkan semua imbalan tersebut, jumlahnya kurang lebih sekitar 100 item.

Battle Pass pertama akan diluncurkan pada bulan Maret, kemudian Juni, September, dan Desember. Tentu saja, Respawn juga berencana merilis karakter baru, senjata baru, serta loot baru. Mereka ingin mendukung game ini untuk waktu yang lama, bahkan dalam situsnya mereka mengaku ingin mengerjakan konten hingga tahun 2027. Melihat tingginya minat gamer terhadap Apex Legends, dan potensi esports yang dimilikinya, rasanya impian itu tidak mustahil, asalkan Respawn dapat konsisten menjaga mutu game ini agar tetap memuaskan penggemar.

Sumber: Respawn Entertainment, PC Gamer, Dexerto