Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Apa Rahasia Di Balik Kesuksesan PUBG Mobile di India?

2 March 2020Ellavie Ichlasa Amalia

PUBG Mobile menjadi bahan pembicaraan banyak orang di India, termasuk sang Perdana Menteri

PUBG Mobile adalah salah satu game dengan jumlah pemain terbanyak di India. Ada beberapa faktor yang membuat game tersebut menjdi sangat populer. Salah satunya adalah konsistensi tim PUBG Mobile India untuk menyediakan konten yang relevan untuk para fans. Konten tersebut beragam, mulai dari video dokumenter sampai web series.

Pada 2019, tim PUBG Mobile India membuat sebuah dokumenter tentang tiga pemain esports yang berasal dari tim yang berbeda. Ketiga pemain tersebut antara lain Naman “MortaL” Mathur, Tanmay “Sc0utOP” Singh, dan Gopal “Carry” Sarda. Dokumenter ini menunjukkan tidak hanya kesuksesan yang telah dicapai oleh ketiga pemain tersebut, tapi juga perjuangan mereka untuk bisa menjadi seorang atlet esports profesional. Dalam video tersebut, para penonton juga akan bisa melihat sisi lain dari para pemain yang tidak pernah diketahui sebelumnya. Video itu ditayangkan menjelang PUBG Mobile Club Open (PMCO) Asia Selatan dan kini telah ditonton sebanyak lebih dari satu juta kali.

Pada Desember 2019, PUBG Mobile mulai menayangkan web series di channel YouTube mereka. Web series yang terdiri dari lima episode ini berjudul Dosti Ka Naya Maidan (DKNM) yang berarti Cara Baru untuk Berteman. Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana PUBG Mobile bisa mempersatukan orang-orang yang memiliki gaya hidup yang berbeda. Salah satu episode DKNM bercerita tentang seorang streamer yang harus meyakinkan orangtuanya bahwa menjadi streamer adalah karir yang pantas dikejar.

Sementara episode lain menunjukkan bagaimana pertemanan bisa dimulai dengan bermain PUBG Mobile. Beberapa pemain dan streamer ternama juga tampil sebagai cameo dalam video tersebut. Dengan begitu, fans kasual dan hardcore bisa sama-sama menikmati web series ini. Web series tersebut mendapatkan sambutan hangat. Buktinya, secara total, lima episode dari web series itu sudah ditonton sebanyak lebih dari 22,6 juta kali.

Melihat kesuksesan PUBG Mobile, banyak merek yang ikut mendukung game battle royale tersebut untuk menjangkau audiens muda. Beberapa aktor Bollywood ternama, seperti John Abraham, Manoj Bajpayee, Arshad Warsi, dan Vicky Kaushal bahkan bekerja sama dengan streamer dan influencer ternama untuk mempromosikan film mereka. Seorang rapper India, Badshah juga membuat lagu bertema PUBG Mobile. Dia hadir di PMCO Fall 2019 Global Finals yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Team Funky Monkey, salah satu tim PUBG Mobile asal India. | Sumber: Sportsskeeda
Team Funky Monkey, salah satu tim PUBG Mobile asal India.| Sumber: Sportsskeeda

Selain konsistensi tim PUBG Mobile India dalam membuat konten, alasan lain mengapa PUBG Mobile bisa sangat sukses di India adalah karena game tersebut sering diberitakan di media mainstream. Memang, berita yang muncul tidak selalu positif, tapi fakta bahwa game itu selalu menjadi bahan pembicaraan membuat game tersebut menjadi populer.

Perdana Menteri India, Narendra Modi bahkan pernah membahas tentang PUBG Mobile. Dalam sebuah diskusi yang disiarkan secara langsung, Modi membahas tentang PUBG Mobile sebagai jawaban dari pertanyaan seorang ibu yang bertanya tentang cara membatasi waktu bermain anaknya. Cuplikan video itu lalu menjadi viral. Selain itu, tim nasional cricket India juga suka bermain PUBG Mobile. Kapten timnas, Mahendra Singh Dhoni tidak enggan untuk membahas game ini melalui Twitter. Ini membuat semakin banyak orang tertarik untuk mencoba bermain.

Tencent kini tampaknya tengah fokus pada PUBG Mobile dan India. Mereka juga berencana untuk mengembangkan ekosistem esports PUBG Mobile. Pada akhir 2019, Tencent mengumumkan bahwa mereka akan menyiapkan US$5 juta untuk hadiah turnamen PUBG Mobile sepanjang 2020. Sementara di India, ekosistem esports memang tengah tumbuh pesat. Salah satu indikasinya adalah pada tahun 2019, total hadiah turnamen yang naik hingga dua kali lipat.

Sumber header: The Esports Observer

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV