Anton Suseno Bagi Tips Untuk Bikin Foto Menarik dengan Galaxy S24 Series

Fitur galaxy Ai di Galaxy S24 Series bisa bikin hunting seru

Samsung Galaxy S24 Ultra membawa banyak fitur kamera, baik yang dioptimasi oleh AI atau keampuan kamera dari spesifikasi bawaan seperti 200MP dan 5x Optical Zoom.

Salah satu fotografer, Anton Suseno, membagian tips untuk membuat konten foto terbaik dengan Galaxy S24 Series. Baik dari sisi optimasi dengan Galaxy AI serta kemampuan kamera dari perangkat ini. 

Setelah pegang Galaxy S24 selama hampir 1 bulan, smartphone ini benar-benar memberikan pengalaman fotografi dan content making yang berbeda. Kemampuan AI yang Samsung berikan bukan sekedar gimmick, dan bukan hanya meningkatkan hasil konten dari sebuah kamera smartphone tapi juga dapat mendukung keseluruhan proses persiapan, pengambilan konten, sampai proses retouching dan editing, semua di-empower dengan AI. Kamera Galaxy S24 pun epic banget, didukung dengan AI yang semakin canggih bikin gambar yang dihasilkan jadi lebih tajam dan vibrant karena image processing yang lebih pintar meminimalisir noise dalam kondisi lowlight dan khususnya untuk S24 Ultra saat digunakan untuk zoom,” ujar Anton.

Proses pre hunting foto

Salah satu persiapan penting untuk membuat foto menarik adalah melakukan riset sebelum ke hunting foto, mencari referensi atau inspirasi atau mencari tips di internet tentang teknik fotografi tertentu. 

Untuk mencari referensi atau inspirasi, Anda bisa menggunakan fitur AI - Circle to Search with Google, Fitur ini dengan mudah membantu Anda untuk mencari informasi dengan cepat. 

Saat Anda melihat lokasi menarik di Instagram atau Tiktok, Circle to Search with Google saja untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dari lokasi yang Anda cari. 

Lokasi atau inspirasi sudah dapat, lalu sebelum Anda melakukan hunting foto ada satu kegiatan lain yang bisa Anda lakukan sebagai persiapan. Anda bisa mencoba fitur Browsing Assist. 

Anton menyarankan pakai fitur Browsing Assist di Galaxy S24 Series untuk cari referensi teknik fotografi lewat artikel di internet. 

Dengan fitur ini, Anda bisa dengan lebih cepat merangkum artikel yang ingin dibaca. Tinggal select paragraf yang diinginkan, tekan ikon bintang biru pada bagian bawah browser, kemudian pilih “summarize” untuk meringkas dan “translate” untuk menerjemahkan artikel.

Saat hunting foto 

Beberapa fitur Galaxy S24 Series yang mumpuni untuk membuat foto yang epic adalah kemampuan lowlight serta zoom. 

Untuk foto lowlight Anton memberikan tips untuk memfoto dengan siluet. “Saat mengambil gambar pasangan, coba zoom in ke detail siluet dengan memainkan Optical Zoom hingga 5x.  Karena zoom optik memungkinkan hasil foto yang lebih jernih dan detail, khususnya di kondisi gelap. Resolusi kamera juga diatur ke 50 MP supaya kalau mau mempersempit lagi framing foto, bisa di-crop tanpa mengurangi detail dari gambar.”

Anton juga menambahkan bahwa agar hasil foto tidak terlihat flat, pastikan ada sedikit cahaya untuk menghasilkan siluet yang cantik pada foto. 

Galaxy S24 Series punya kamera dengan image processing yang mumpuni dan kemampuan AI-nya bisa memproses gambar di kondisi gelap dengan baik.

Trik kedua dari Anton adalah dengan menggunakan zoom. 

Nah dengan adanya AI pada Galaxy S24 Series, bisa membantu meminimalisir noise dan blur pada pengambilan gambar dengan Digital Zoom. Image processing juga membuat warna gambar jadi lebih vibrant. Digital Zoom 30x hingga 50x jadi pengaturan yang paling optimal digunakan untuk pengambilan foto di luar ruangan. Sebelum mengambil gambar, tentukan dulu objek yang ingin difoto. Kemudian atur zoom hingga menemukan frame yang diinginkan, tekan objek untuk mengunci exposure, dan ambil gambar. Ini bisa digunakan untuk mengambil detail arsitektur atau lanskap pemandangan dari kejauhan. Enaknya lagi, S24 punya OIS yang lebih lebar, jadi bisa meminimalisir noise ketika tangan shaky buat pengambilan gambar dengan zoom,” kata Anton.

Editing foto setelah hunting 

Salah satu hal yang juga penting untuk dilakukan adalah proses editing. 

Fitur AI yang ada di Galaxy S24 Ultra bisa memberikan kemudahan dalam melakukan editing.  Fitur Photo Assist di Galaxy S24 Series bisa mempermudah proses editing advanced yang sebelumnya membutuhkan tools khusus dan memakan waktu. 

“Ada 3 tipe editing dengan AI yang jadi favorit saya dengan Generative Edit. menghapus objek yang mengganggu untuk membuat hasil foto aesthetic jadi lebih clean. Kedua, memindahkan dan me-resize objek yang menjadi ‘bintang’ di foto kita tapi berada terlalu jauh atau justru terlalu dekat dari frame yang diinginkan. Ketiga, me-rotate foto tanpa merusak komposisi karena AI bisa mengisi background yang kosong dengan hitungan detik,” kata Anton.

Selain itu ada pula fitur AI pada Galaxy S24 bernama Edit Suggestion yang bisa mengidentifikasi konten pilihan pengguna dan memberikan saran penyesuaian terbaik, apakah itu menghapus objek yang mengurangi estetika atau menghilangkan refleksi dan bayangan yang mengganggu. 

Harga dan ketersediaan galaxy S24 Series

“Galaxy S24 Series menawarkan mobile experience terbarukan bagi pengguna dalam menjalani aktivitas dan produktivitas keseharian, termasuk bikin konten. Samsung telah membuka kesempatan bagi konsumen di seluruh Indonesia untuk merasakan kecanggihan Galaxy AI yang ditawarkan Galaxy S24 Series yang kini sudah bisa dibeli langsung di Samsung Store. Jangan lewatkan kesempatan ini, segera beli Galaxy S24 Series di toko terdekat sekarang,” ujar Very Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Galaxy S24 Series kini sudah tersedia secara langsung di toko daring dan gerai retail. Informasi lebih lanjut mengenai Galaxy S24 Series dan Galaxy AI bisa dilihat di www.samsung.com/id.