23 December 2014

by Bambang Winarso

Android One Jelajahi Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka, Indonesia Kapan?

PlatformAndroid One adalah harapan bagi pengguna dari kalangan entry-level yang ingin mencicipi perangkat modern Android dengan banderol yang terjangkau. Visi yang sama menjadi alasan mengapa lantas India menjadi yang terpilih sebagai pendaratan perdana Android One. Google baru-baru ini memastikan Android One akan dijajakan di Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka.

Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka adalah tiga negara tetangga India yang kurang lebih mempunyai kondisi serupa, sedang berkembang. Dengan total populasi lebih dari 200 juta orang, ketiganya menjadi target pasar yang potensial bagi ekosistem Android One.

Untuk memasarkan Android One di ketiga negara tersebut, selain ketiga vendor yang sudah bergabung antara lain Micromax, Karbonn dan Spice, Google juga menggandeng satu lagi vendor perangkat lokal, Symphony dengan varian Symphony Roar A50. Sebagaimana konsep awal Android One, smartphone ini pun akan dibanderol sekitar $100-an.

Seperti yang dikutip dari TheNextWeb,ย Google juga menggandeng Banglalink untuk membantu menjajakan smartphone Android One di ketiga pasar baru tersebut.

 

Info Menarik: Seperti Inilah Tampilan Terkini Mobil Tanpa Pengemudi Google

 

Android One di Indonesia

Jika di India Android One sudah bisa ditemukan, kemudian tak lama lagi juga menyambangi Bangladesh, Nepal dan Sri Lanka, lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sebagai salah satu negara berkembang yang punya potensi menjanjikan, Indonesia masuk dalam jadwal panjang peluncuran perangkat Android One oleh Google.

Dikutip dari TeknoKompasย dan OkeZone, bahwa Google telah menunjuk Mito dan Evercoss sebagai rekanan mereka dalam merakit perangkat berbasis Android One untuk pasar tanah air.

Pihak Evercoss bahkan telah mengantongi cikal bakal nama perangkat, yaitu Evercoss One Series. Sementara Mito sejauh ini belum bersedia membeberkan bocoran nama ataupun rincian perangkat.

"Nanti Google yang akan mengumumkan, mereka yang memegang detailnya, vendornya siapa saja, kapan peluncurannya," ujar Hansen singkat, seperti dikutip dari TeknoKompas. Yang pasti kata Hansen, Android One akan mulai dipasarkan di Indonesia pada kuartal pertama 2015.

Pernyataan hampir senada juga disampaikan oleh Evercoss yang mengatakan perangkat Android One mereka akan diumumkan pada akhir bulan Januari 2015.