Dark
Light

Akhir Tahun Waktunya Cek Statistik !

3 mins read
December 28, 2009

statistikMinggu kemarin adalah salah satu minggu statistik dari edisi tulisan DailySocial, setidaknya ada satu artikel penuh tentang data pengguna browser dari guest post serta satu tulisan tentang data analisis statistik dari situs yang berbeda, tapi masih dalam tema yang sama trend browser.

Seperti yang pernah saya bilang, statistik adalah sahabat para internet savvy, entah itu anda pemilik startup, pelaku SEO, e-commerce fighter atau blogger, semuanya membutuhkan statistik, setidaknya untuk mendata seberapa besar pengunjung dan bagaimana behaviour mereka dalam melihat situs anda.

Di luar sana ada banyak sekali web apps yang berfungsi untuk mendata statistik situs, mulai dari Webstats, Sitemeter, sampai Google Analytics, dan masih banyak lagi lain. Seiring trend real-time content kini analisis statistik pun menampilkan data pengunjung atau data statistik secara real-time seperti GoSquared.

Ada juga situs penyedia jasa statistik yang lebih global, berguna selain untuk melihat popularitas situs atau rank juga menyediakan data-data lain seperti page views dll. Dan kebanyakan apps ini gratis, meski ada juga faslilitas berbayar yang menyediakan input data yang lebih dalam.

Di minggu akhir tahun 2009 ini, saya pikir saat yang tepat untuk melirik bagaimana data-data statistik situs, blog, atau aplikasi internet yang anda buat, bukan hanya sekedar melihat, lalu berdecak kagum apabila  pengunjung situs anda banyak, atau bersedih karena pengunjung anda sedikit, tapi lebih sebagai data untuk malangkah ke depan, karena views dan klik pengunjung hanya satu dari sekian banyak tools untuk berkiprah di dunia internet.

Sebelum beranjak ke tahun yang baru, dengan target, optimisme dan semangat yang baru, berikut saya  hadirkan 3 situs (dari sekian banyak situs serupa) yang menyediakan alat pemberi data statistik global (bukan data statistik khusus yang biasa mendata situs tertentu secara spesifik) yang, saya harap bisa membantu melewati liburan akhir tahun. 🙂

Alexa dan Compete

Dua situs diatas, bisa jadi boleh dibilang paling populer yang digunakan untuk mencari data statistik global, biasanya situs ini digunakan untuk mengetahui, minimal popularitas serta data kasar pengunjung situs  tertentu. Juga berguna untuk membandingkan satu situs dengan situs lain, dilihat dari jumlah pengunjung  situs itu. Biasanya, saya menggunakan Alexa untuk melihat peringkat situs tertentu dilihat dari negara mana  user yang mengunjugni situs tersebut, atau untuk membandingakan rank dan pengunjung satu situs dengan situs lainnya.

alexa-competeSurcentro

Jika anda sering menggunakan Alexa dan Compete dan merasa dua situs ini cocok  lalu anda berpikir, asik juga kalau bisa langusng membandingkan hasil analisis data dari dua situs ini tanpa harus berpindah tab, anda pasti akan menyukai Surcentro.

surcentro

Situs ini menyatukan hasil analisis dari Alexa dan Compete dalam satu halaman utama, jadi ketika anda mengetikkan dailysocial.net untuk melihat visitors, pagerank, indexed pages dan data tambahan lain, anda cukup mengetikkan pada kolom yang tersedia, Surcentro akan menampilkan semua data tadi dari Alexa dan Compete secara berdampingan. Karena data dari statistik yang diberikan satu situs dengan yang lain memang sering kali berbeda, maka dengan menampilkan hasil secara berdampingan, anda bisa langsung membandingkan data tersebut tanpa berpindah tab.

Yang menarik dari situs ini bagi saya adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda melihat sejarah situs jauh ke tahun-tahun awal situs itu didirikan. Aplikasi ini bernama ‘wayback machine’. Jadi jika anda mengetikkan google.com untuk melihat data statistik pagerank situs ini, kemudian anda mengklik wayback machine, maka Surcentro akan membuka tab baru dan menampilkan sejarah penerbitan secara online situs Google, mirip kliping yang ada diperpustakaan atau data arsip, tapi semua dalam bentuk digital.

Teqpad

Situs ini menyediakan data yang cukup lengkap dari analisis sebuah situs, mulai dari traffic metrics yang berisi keterangan data seperti daily page views, daily visits, daily visitors, daily unique visitors, pages visit, avarage stay, google page rank. Lalu tersedia juga data tentang site value mwtric yang merupakan semacam prediksi tentang berapa harga situs anda serta pendapatan perhari. Ada juda meta data, yang berisi judul situs serta deskripsi singkat tentang situs itu.

teqpad

Teqpad juga menampilkan rangking dari Alexa, Compete, Quantcast dan tentu saja analisis rangking
dari Teqpad sendiri. Selain itu Teqpad juga menampilkan data server serta domain dari situs yang kita cek
analisis statistiknya.

Meski terkadang beberapa data tidak bisa tertampilkan oleh Teqpad, tapi sebagian besar, terutama untuk situs yang memang dikunjungi banyak orang, dan apabila situs itu juga menampilkan data yang lengkap seperti judul dan uraian singkat situs, biasanya tampilan data yang ada di Teqpad akan cukup lengkap.

Data statisitk memang kadang membingungkan, terutama apabila analisis data yang dihasilkan disediakan free service, mulai dari hasil data tidak muncul lengkap, sampai data yang sering kali berbeda dengan data statistik private. Aplikasi data ststistik, seperti yang sering saya bilang tentu akan terpengaruhi dari metoda  pengumpulan data itu sendiri, bagi mereka yang memang sangat membutuhkan data statistik dan ingin  menggunakan fasilitas web apps free service, pastikan cek dulu keterangan-keterangan di situs penyedia jasa  tersebut, dan pastikan bahawa pendekatan atas pengumpulan data, sesuai dengan harapan anda dan kebutuhnan anda.

Selamat memasuki minggu terakhir tahun 2009, semoga tahun 2010 akan menjadi tahun yang hebat dan penuh semangat !!

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Membuat Diagram Dengan Lovely Charts

Next Story

Harap Bersabar: Firefox 3.6 Batal Rilis Tahun Ini

Latest from Blog

Don't Miss

Kopi-Kenangan-Jadi-Unicorn-Ini-Deretan-Startup-Centaurs-2021-yang-Siap-Menyusul.

Kopi Kenangan Jadi Unicorn, Ini Deretan Startup Centaurs 2021 yang Siap Menyusul

Daftar startup centaurs Indonesia 2021 mengalami pengurangan anggota dengan keluarnya

Amazon Astro Adalah Robot Rumahan dengan Integrasi Alexa

Amazon resmi jadi produsen robot. Bersamaan dengan sejumlah produk lain,