Esports Ecosystem

Setia Widianto Lolos ke Babak Utama AESF e-Masters Chengdu 2020 Cabang eFootball PES 2020

09 Jan 2020 | Akbar Priono
Berkompetisi sengit melawan Thailand, Indonesia lolos bersama Vietnam sebagai wakil Asia Tenggara

Regional qualifier AESF e-Masters Chengdu 2020 untuk eFootball pes2020 telah selesai diselenggarakn. Bertanding pada tanggal 7-8 Januari 2020 kemarin, wakil Indonesia Setia Widianto, melenggang dengan cukup mulus ke main event yang akan diselenggarakan di Chengdu, Tiongkok.

Ada 9 negara yang mengikuti Regional Qualifier Southeast Asia AESF e-Masters Chengdu yang diadakan di Bangkok Thailand. Sembilan negara pesertanya adalah Singapura, Thailand, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, Indonesia, Kamboja, dan Malaysia. Sembilan negara tersebut lalu dibagi ke dalam dua grup, dan bertanding dengan format satu kali round-robin.

Sumber: IESPA
Sumber: IESPA

Indonesia tergabung di dalam grup B bersama dengan Kamboja, Malaysia dan Myanmar. Setia Widianto bertanding saat melawan Kamboja dan Malaysia. Ia berhasil mendapatkan kemenangan yang cukup mulus dua kali, sehingga pertandingan ketiga dimainkan oleh Zeus.Ferry. Walau harus kalah di pertandingan terakhir, Indonesia masih lolos karena 2 kemenangan yang dicatatkan sebelumnya.

Raditya Haria Yuangga, pelatih yang mendampingi Setia Widianto selama kualifikasi SEA AESF e-Masters Chengdu turut mengatakan komentarnya. “Semua musuh adalah lawan yang hebat, karena mereka berhasil menjadi yang terbaik di negaranya masing-masing. Namun demikian, melawan Thailand saat babak playoff menjadi yang cukup sulit. Pertama, karena mereka memang sudah berlatih keras. Kedua, liga di Thailand yaitu Thai eLeague juga sangat profesional dan sangat kompetitif. Jujur, kami merasa untuk saat ini masih dinaungi dewi fortuna. Untuk ke depan, kami akan berlatih lebih keras agar bisa mendapat hasil yang lebih maksimal.

Bermain dalam seri best-of-3, pertandingan melawan Thailand memang terangat sengit, apalagi setelah keadaan menjadi imbang 1-1. Pada pertandingan terakhir, persaingan jadi semakin ketat, sampai-sampai pertandingan harus dilanjutkan dengan babak pinalti hingga mencapai penendang ke-8. Kontingen Indonesia kembali membuktikan ketenangannya menghadapi kompetisi yang keras. Setia Widianto akhirnya lolos ke babak utama AESF e-Masters Chengdu 2020, bersama dengan Vietnam sebagai wakil lain dari regional Asia Tenggara.

Sumber: Dokumentasi
Sumber: Dokumentasi Raditya Haria Yuangga

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh komunitas PES Indonesia yang sudah datang dan memberikan dukungan penuh kepada Setia Widianto.” tutup Angga. Memperebutkan total hadiah mencapai Rp9,5 miliar, babak utama AESF e-Masters Chengdu 2020 akan diselenggarakan pada 22 Februari 2020 mendatang. Anda bisa ikut kanal media sosial Hybrid IDN untuk informasi pembahasan lanjutan dari AESF e-Masters Chengdu 2020.

Sumber header: Dokumentasi Raditya Haria Yuangga