Dark
Light

Adobe + Gigya = Distribusi Social Flash App

1 min read
September 22, 2009

Gigya, perusahaan pembuat widget Flash populer itu dirangkul oleh Adobe dalam sebuah partnership yang akan membawa Adobe ke pasar yang benar-benar baru. Keduanya sejak Maret 2009 lalu bekerjasama mengembangkan sebuah layanan yang mengijinkan advertiser dan developer berbagi aplikasi Flash mereka melalui berbagai jejaring sosial dan platform mobile maupun desktop.

Layanan hasil kerjasama ini dinamakan Flash Platform Services for Distribution, lengkap dengan kode analitik untuk statistik yang juga mempermudah proses monetisasi produk mereka. Developer mampu menyebarkan aplikasi mereka menggunakan sebuah tombol dimana aplikasi mereka akan mampu menjelajahi 17 situs jejaring sosial dan layanan web termasuk Facebook, MySpace dan iGoogle.

Sayangnya usaha dari Adobe ini sepertinya sangat terlambat mengingat sudah ada banyak perusahaan yang mempelopori bisnis ini seperti ClearSpring, iWidget, WidgetBox, dan banyak lagi. Facebook-pun telah merilis API-nya sejak 2007 lalu yang berakibat menurunnya gairah developer untuk membuat aplikasi Facebook berbasis Flash dan juga belum adanya dukungan konten Flash di iPhone, namun sudah didukung Symbian dan Mobile Windows.

Meskipun strategi distribusi dari Adobe ini sudah terlambat, namun Adobe telah memiliki basis komunitas developer yang sangat kuat meskipun tanpa ada fitur yang membantu untuk monetisasi. Dengan adanya fitur ini diharapkan para developer Flash bisa kembali bergairah.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yahoo Mulai Obral!

Next Story

15 Cara Gratis Beriklan Di Kaskus

Latest from Blog