13 July 2023

by Lukman Azis

Adobe Firefly Telah Menghasilkan Lebih dari Satu Miliar Gambar AI

Website Firefly kini tersedia secara global dengan dukungan petunjuk teks dalam lebih dari 100 bahasa dan antarmuka pengguna dalam 20 bahasa

Membuat gambar dari deskripsi teks (text to image), menghapus atau menambahkan objek pada gambar (generative fill), menerapkan gaya atau tekstur pada kata (text effect), serta membuat variasi warna dari karya seni vektor (generative recolor). Itu adalah beberapa alat AI generatif yang saat ini bisa diakses pada Adobe Firefly.

Bagi yang belum tahu, Firefly adalah model AI Generatif kreatif dari Adobe yang saat ini telah digunakan untuk membuat lebih dari satu miliar gambar sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu. Adobe mengumumkan bahwa layanan web Firefly, sekarang tersedia secara global dengan dukungan petunjuk teks dalam lebih dari 100 bahasa dan antarmuka pengguna dalam 20 bahasa.

Selain memperluas jangkauan Firefly ke jutaan pengguna baru di seluruh dunia, Adobe mengatakan bahwa Firefly telah menghasilkan lebih dari satu miliar aset dari website Firefly dan juga di dalam Photoshop. Pencapaian baru ini menjadikannya sebagai dua rilis beta paling sukses dalam sejarah Adobe.

β€œKami kagum dengan cara para kreator menggunakan Firefly untuk membuat lebih dari satu miliar gambar dan efek teks yang menjadikannya salah satu versi beta paling sukses dari Adobe hanya dalam tiga bulan. Pengumuman hari ini adalah tentang membuat Firefly dapat diakses oleh lebih banyak orang dalam bahasa pilihan mereka dan menciptakan aset dengan kualitas terbaik yang aman untuk penggunaan komersial,” ungkap Ely Greenfield, CTO, Media Digital di Adobe.

Buka Imajinasi dengan Firefly

Bagi yang penasaran ingin mencoba alat AI generatif text to image dari Adobe untuk pertama kalinya, langsung saja kunjungi website Firefly dan masuk menggunakan akun Adobe. Lalu ketikkan beberapa kata sederhana, bisa dalam bahasa Indonesia atau Inggris untuk membuat gambar seni AI dalam hitungan detik.

Sejak diluncurkan pada bulan Maret, Firefly telah diintegrasikan ke dalam Photoshop, Express, dan Illustrator. Integrasi Adobe Firefly pada Photoshop ini melahirkan fitur yang dinamai generative fill. Anda juga dapat bereksperimen mencoba fitur ini di browser. Misalnya Anda bisa mengunggah foto selfie, menghapus latar belakang, dan menggantikannya dengan yang lain.

Adobe menjelaskan bahwa generator AI seperti Firefly dapat meningkatkan kreativitas dengan memberikan cara baru untuk berimajinasi, bereksperimen, dan mewujudkan ide mereka. Keunikan Firefly adalah karena Adobe bertekad untuk menjadikannya lebih dari sekadar generator teks-ke-gambar AI.

Sebagai bagian dari Creative Cloud, Adobe merencanakan Firefly untuk melengkapi alat bantu kreatif dengan pengeditan berbasis teks dan pembuatan berbagai media, mulai dari gambar diam, video, hingga 3D, serta "blok penyusun kreatif" seperti kuas, vektor, tekstur, dan banyak lagi.

Visi masa depan Firefly adalah memungkinkan para kreator menggunakan bahasa sehari-hari dan input lainnya untuk dapat dengan cepat menguji variasi desain, menghilangkan gangguan pada foto, menambahkan elemen pada ilustrasi, mengubah nuansa video, menambahkan tekstur pada objek 3D, dan banyak lagi. Kemudian dengan mudah mengedit konten mereka dengan menggunakan kombinasi dari Firefly dan alat bantu Creative Cloud lainnya.

Sumber: Adobe