Featured Article
for SEO
Featured Article

8 Gaming Gear Paling Unik yang Akan Hadir di Tahun 2022

18 January 2022Glenn Kaonang

Mulai dari mouse gaming siluman sampai rompi khusus gaming, inilah 8 gaming gear unik yang berpotensi hadir di tahun 2022

2022 bakal jadi tahun yang sangat menarik bagi industri perangkat gaming. Di bulan Januari ini saja, kita sudah melihat pengumuman-pengumuman yang sangat menarik dari AMD, Intel, dan Nvidia sekaligus; belum lagi produk-produk gaming baru yang akan segera diluncurkan oleh merek-merek terkemuka seperti ASUS, Alienware, maupun Razer.

Di samping produk-produk gaming mainstream yang ditujukan untuk khalayak, 2022 juga akan menjadi saksi atas produk-produk gaminggear unik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Mulai dari mouse gaming siluman sampai rompi khusus gaming, produk-produk ini punya kans besar untuk membuat Anda mengernyitkan dahi.

Berikut adalah 8 gaming gear paling unik yang akan hadir di tahun 2022. Perlu dicatat, meski sebagian sudah memiliki jadwal rilis yang cukup spesifik, sebagian lainnya ada yang masih berstatus konsep, sehingga ada kemungkinan produknya tidak akan dirilis sama sekali.

Adata XPG Vault

Apa jadinya kalau mouse gaming yang Anda gunakan punya peran kedua sebagai SSD eksternal untuk menyimpan game? Adata XPG Vault jawabannya. Sepintas memang tidak ada yang kelihatan aneh darinya, akan tetapi di dalamnya rupanya sudah tertanam modul SSD dengan kapasitas 1 TB. Jadi cukup dengan satu kabel USB-C saja, maka ia sudah bisa menjalankan tugasnya sebagai mouse sekaligus media penyimpanan.

Adata sejauh ini belum punya rencana untuk melanjutkan pengembangan XPG Vault hingga menjadi produk yang dapat dibeli secara luas. Namun seandainya minat konsumen terhadap mouse gaming siluman semacam ini terbukti tinggi, bukan tidak mungkin ke depannya kita bakal melihat XPG Vault di pasaran. Pertanyaannya, apakah toko yang menjualnya bakal mengategorikannya sebagai mouse atau SSD portabel?

Bauhutte Hand Massager

Tangan adalah salah satu aset paling berharga dari seorang atlet esport. Tidak percaya? Silakan bertanya ke Faker, yang tangan kanannya diasuransikan senilai 12 miliar rupiah. Jadi kalau Anda mau serius di dunia esport, mungkin sudah waktunya Anda lebih merawat kesehatan tangan Anda. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan gadget unik dari perusahaan Jepang bernama Bauhutte ini.

Sesuai namanya, Bauhutte Hand Massager berfungsi untuk memijat tangan pengguna, lengkap dari bagian jari-jari, telapak, hingga punggung tangan, sekaligus diklaim mampu membantu melancarkan peredaran darah di tangan. Di Jepang, produk ini sudah dijual dengan harga setara Rp2,1 jutaan. Kabarnya, ada cukup banyak produk serupa di pasaran yang harganya lebih terjangkau, tapi wujudnya tidak se-gaming bikinan Bauhutte ini.

Razer Project Sophia

Razer memperkenalkan dua konsep perangkat gaming yang cukup unik di ajang CES 2022. Yang pertama adalah Project Sophia, sebuah meja gaming futuristis yang mendukung kustomisasi tingkat ekstrem berkat 13 modul berbeda yang bisa dipasangkan secara magnetis ke bagian bawahnya. Salah satu modulnya mengemas komponen-komponen inti seperti prosesor dan kartu grafis, dan ini dapat dicopot lalu diganti dengan yang baru saat sudah tiba waktunya untuk upgrade.

Sejak awal tren PC gaming eksis, modularitas selalu menjadi nilai jual utama yang dijunjung tinggi oleh produsen sekaligus konsumen. Project Sophia pada dasarnya ingin membawa prinsip tersebut ke level yang lebih tinggi lagi, meski sejauh ini tidak ada yang bisa memastikan apakah produk ini bakal terealisasi ke depannya.

Razer Enki Pro HyperSense

Gaming gear unik dari Razer yang kedua adalah Enki Pro HyperSense. Tidak seperti kebanyakan kursi gaming, kursi ini istimewa karena mengemas teknologi haptic feedback bikinan D-BOX. Jadi selagi bermain game, pengguna yang duduk di kursi ini bakal merasakan sensasi getaran yang sesuai dengan adegan di dalam game pada bagian bokong beserta punggungnya, membuat pengalaman secara keseluruhannya jadi lebih immersive.

Kalau Anda pernah berkunjung ke wahana 4D di sebuah taman bermain, pengalamannya kurang lebih bakal mirip seperti itu. Razer sejauh ini belum punya rencana untuk memproduksi Enki Pro HyperSense secara massal, tapi yang pasti realisasinya jauh lebih mungkin ketimbang Project Sophia tadi.

Alienware Concept Nyx

Secara sederhana, Concept Nyx dapat dideskripsikan sebagai gabungan antara PC berspesifikasi amat tinggi dengan teknologi streaming yang canggih. Idenya adalah, ketimbang Anda menempatkan empat gaming PC yang berbeda untuk setiap anggota keluarga di rumah, Anda hanya perlu satu Concept Nyx saja dan empat layar yang berbeda di setiap ruangan.

Kalaupun Anda tidak punya saudara atau anak di rumah, Anda masih bisa diuntungkan oleh Concept Nyx, sebab game yang sedang Anda mainkan di dalam kamar dapat langsung dilanjutkan di TV di ruang tamu (karena semuanya di-stream dari satu perangkat yang sama). Kapan itu bisa terwujud masih tanda tanya, sebab Alienware memang belum ada rencana untuk mengomersialkan Concept Nyx.

Samsung Odyssey Ark

Monitor curved berukuran masif dari Samsung sudah bukan kejutan baru lagi, akan tetapi Odyssey Ark adalah yang paling jumbo dan paling mencuri perhatian. Bentang diagonalnya mencapai angka 55 inci, dan Samsung turut menyertakan stand spesial yang memungkinkan monitornya untuk diposisikan secara vertikal, sehingga layarnya bisa melengkung sampai melewati atas kepala.

Dalam posisi vertikal seperti ini, pengguna pada dasarnya bisa multitasking seperti sedang memakai tiga monitor yang ditumpuk secara vertikal. Produk ini sepintas terkesan seperti ajang pamer semata, namun Samsung sudah berencana untuk menghadirkannya ke pasaran mulai pertengahan tahun 2022.

CyberPowerPC Kinetic Series

Popularitas filosofi desain minimalis membuat desain casing PC terkesan begitu-begitu saja. Namun itu tidak berlaku untuk Kinetic Series besutan CyberPowerPC. Bilah-bilah segitiga berwarna tembaga di panel depannya itu bukan sekadar hiasan, melainkan berfungsi sebagai ventilasi yang dapat membuka dan menutup secara otomatis, menyesuaikan dengan suhu komponen-komponen di dalamnya secara real-time.

Jadi ketika suhu komponen meninggi, ventilasinya akan membuka demi semakin memaksimalkan sirkulasi udara. Lalu saat suhunya rendah, ventilasinya bakal menutup sendiri, yang pada akhirnya bisa membuat PC terasa semakin senyap. Bagian terbaiknya? Proses membuka dan menutupnya itu begitu menarik untuk disimak. Produk ini belum memiliki jadwal rilis pasti selain label “Coming Soon” di situsnya.

OWO Gaming Vest

Rompi dengan teknologi haptic feedback yang dapat menimbulkan sensasi fisik pada tubuh selama sesi gaming berlangsung. Mungkin saya kedengaran seperti sedang mendeskripsikan adegan dari film Ready Player One, akan tetapi ini adalah produk nyata dari sebuah perusahaan asal Spanyol bernama OWO.

Total ada lebih dari 30 sensasi unik yang dapat dirasakan di 10 titik yang berbeda, termasuk di bagian lengan. OWO mengklaim rompi gaming-nya ini kompatibel dengan banyak platform sekaligus, mulai dari mobile sampai VR, dan semuanya tanpa harus diganggu oleh kabel berkat perpaduan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi. Rencananya, OWO bakal menawarkan rompi ini dalam enam ukuran yang berbeda, namun sejauh ini mereka masih belum berani memastikan jadwal peluncurannya.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV