Dark
Light

7 Tools AI untuk Membuat Video Talking Head, Tak Perlu Sewa Aktor

4 mins read
May 13, 2023
Tools AI untuk talking head

Melibatkan AI dalam kegiatan produksi video semakin hari menjadi hal yang semakin lumrah. Alasannya tidak lain dari perkembangan teknologi AI yang begitu pesat. Sekarang, AI bahkan tidak hanya bisa dipekerjakan di belakang layar saja. Kalau memang perlu, AI pun juga bisa ditugaskan di depan layar, misalnya untuk menggantikan peran seorang pembawa berita.

Pada kenyataannya, tren ini malah sudah cukup populer di beberapa negara. Bahkan stasiun TV lokal seperti tvOne pun juga sudah mulai memakai AI sebagai salah satu pembawa beritanya. Namun jangan kira ini merupakan teknologi eksklusif yang cuma bisa diakses perusahaan-perusahaan besar saja, sebab di luar sana sudah ada banyak tools untuk membuat AI talking head atau announcer.

Buat yang kurang familier, istilah talking head sendiri umumnya mengacu pada konten video yang menampilkan seseorang yang sedang berbicara sambil langsung menghadap ke kamera. Selain untuk membawakan berita, video jenis ini biasanya juga banyak digunakan untuk menyampaikan presentasi, tutorial, maupun pesan-pesan promosi.

Berkat kemajuan teknologi AI, sekarang kita bisa menciptakan video talking head dengan melibatkan avatar digital yang bisa meniru suara, mimik wajah, maupun gerak-gerik tubuh manusia. Sering kali, langkah yang diperlukan bahkan hanya sesimpel mengunggah naskah video saja. Di artikel ini, saya telah merangkum 7 tools AI untuk membuat video talking head. Berikut pembahasannya.

1. DeepBrain AI

DeepBrain AI

DeepBrain AI merupakan tools yang benar-benar didedikasikan untuk pembuatan video menggunakan avatar AI. Pengguna dapat memilih lebih dari 100 avatar yang tersedia, dengan pilihan etnis dan profesi yang beragam. Bahasa yang didukung pun juga melimpah; lebih dari 80 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Buat yang tidak memiliki banyak waktu, DeepBrain juga menawarkan fitur untuk mengubah slide presentasi PowerPoint menjadi sebuah video. Dari situ pengguna tinggal memilih avatar AI dan bahasanya, dan file videonya pun akan dibuat secara otomatis. DeepBrain menawarkan layanannya dengan tarif $30 per bulan, tapi Anda punya kesempatan untuk mencobanya secara gratis terlebih dulu.

2. Synthesia

Synthesia

Tools lain yang tak kalah populer adalah Synthesia. Tools ini dikenal akan tampilan antarmukanya yang simpel dan intuitif, ideal untuk pengguna yang masih cukup awam di bidang produksi video. Pilihan avatar dan bahasanya pun sangat melimpah, dengan lebih dari 125 avatar dan 120 bahasa yang siap ditugaskan untuk menyampaikan konten apa pun yang pengguna siapkan di hadapan kamera. Bahasa Indonesia tentu saja termasuk sebagai salah satunya.

Salah satu fitur favorit di Synthesia adalah sinkronisasi otomatis audio dan video dengan naskah teks. Jadi seandainya ada kesalahan pada naskah, Anda hanya perlu mengeditnya seperti dokumen biasa, dan AI pun akan menyesuaikan dengan sendirinya. Juga sangat berguna adalah fitur screen recording terintegrasi, khususnya bagi yang hendak membuat video tutorial.

Tools ini dapat digunakan dengan membayar biaya $30 per bulan, tapi Synthesia memberi kesempatan untuk membuat video pertama dengan gratis.

3. Yepic AI

Yepic AI

Kalau sekadar bicara variasi avatar, Yepic AI mungkin terdengar biasa-biasa saja. Di saat tools lain menawarkan pilihan 100 avatar atau bahkan lebih, Yepic hanya punya sekitar 40 varian saja. Namun jangan biarkan itu membuat Anda langsung berpaling darinya, sebab Yepic juga memiliki fitur untuk mengubah wajah masing-masing pengguna menjadi sebuah avatar digital.

Dari situ, pengguna tinggal memilih dari sekitar 450 jenis suara yang ada, plus 65 bahasa dan 110 dialek yang ingin digunakan pada avatarnya. Alternatifnya, pengguna juga bisa mengunggah rekaman suaranya, dan Yepic akan mencoba untuk mereplikasikannya. Semua itu dapat dilakukan dengan mudah berkat navigasi serba drag-and-drop yang Yepic hadirkan.

Buat yang tertarik mencoba, Yepic menawarkan program free trial selama 14 hari. Setelahnya, pengguna wajib membayar tarif sebesar £29 per bulan.

4. Elai

Elai

Sama seperti tools lain yang ada dalam daftar ini, Elai juga menawarkan kemudahan untuk menciptakan video yang melibatkan seorang presenter AI hanya dengan menyiapkan naskah teksnya saja. Yang berbeda, selain lusinan avatar yang sudah disediakan, Elai juga menawarkan opsi untuk mengganti avatar digitalnya menjadi karakter kartun atau maskot rancangan Anda sendiri.

Selebihnya, Elai turut mengusung fitur-fitur yang dirancang untuk mempercepat alur kerja produksi video talking head, termasuk fitur untuk mengubah artikel, dokumen PDF, maupun slide PowerPoint langsung menjadi video. Elai menawarkan versi gratisan dengan sejumlah batasan, sementara versi penuhnya harus ditebus dengan harga $29 per bulan. Untuk menggunakan avatar kartun tadi, Elai mengenakan tarif tambahan.

5. HeyGen

HeyGen

AI menawarkan cara yang begitu mudah untuk membuat video dengan seorang presenter fiktif, dan HeyGen adalah salah satu tools yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan itu. Langkah yang diperlukan sejatinya hanya ada tiga: 1) pilih avatar (ada lebih dari 100 opsi dengan 300 jenis suara yang berbeda), 2) cantumkan naskah teksnya (ada 40 bahasa yang didukung), 3) dan tunggu videonya dibuatkan.

Jenis suara yang tersedia tidak ada yang cocok? Tak perlu khawatir, sebab HeyGen juga mendukung fitur kloning audio, sehingga avatar AI-nya bisa membacakan naskah dalam suara pengguna masing-masing. Soal biaya, HeyGen punya versi gratisan dengan kredit yang terbatas, sedangkan versi berbayarnya dipatok seharga $30 per bulan.

6. Colossyan

Colossyan

Seperti yang saya bilang di awal, kebanyakan tools dalam artikel ini memiliki fungsi utama untuk mengubah naskah teks menjadi sebuah video yang dibawakan oleh seorang presenter fiktif. Sayangnya ini akan menjadi masalah ketika dalam proses pembuatan naskahnya sendiri, kita sudah mengalami kesulitan. Well, kecuali Anda menggunakan tools bernama Colossyan yang satu ini.

Keistimewaan Colossyan terletak pada integrasi GPT-3, yang akan siap membantu pengguna dalam proses penyusunan naskah, tanpa perlu bergantung pada layanan lain. Saat sudah siap, pengguna tinggal memilih presenter AI yang diinginkan untuk membacakan naskahnya dalam 70 bahasa yang berbeda.

Colossyan memiliki versi gratisan khusus untuk konten video berbahasa Inggris. Selebihnya, dan jika pengguna ingin mendapatkan opsi presenter AI yang lebih beragam, mereka bisa membayar tarif berlangganan mulai $30 per bulan.

7. Creative Reality Studio by D-ID

Creative Reality Studio by D-ID

Creative Reality Studio adalah contoh tools AI talking head lain yang dilengkapi integrasi GPT-3, yang akan membantu pengguna mulai dari proses pembuatan naskahnya. Namun yang menjadikan tools satu ini begitu unik adalah adanya integrasi AI pembuat gambar Stable Diffusion.

Jadi ketimbang harus memilih dari beberapa opsi avatar yang sudah paten, pengguna bisa menciptakan avatar baru yang unik cukup dengan mencantumkan deskripsi teksnya saja. Dari situ animasi avatarnya akan diproses secara otomatis, menyesuaikan dengan naskah yang akan dibacakan.

Hasil akhirnya memang tidak terkesan sealami jika menggunakan avatar AI yang menyerupai manusia betulan. Namun jika pengguna ingin memberikan sentuhan unik pada video talking head-nya, tools ini layak untuk dicoba. Harganya dipatok mulai $6 per bulan, namun ada pula program uji coba gratis selama 14 hari.

Gambar header: Freepik.

Sony Xperia 1 V 1
Previous Story

Ini Keunggulan Sensor Mobile Stacked Exmor T Di Sony Xperia 1 V

ASUS ROG Ally
Next Story

ASUS Resmi Luncurkan Konsol Genggamnya, ROG Ally

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Ajak Generasi Muda Melek AI, Berikan Keterampilan Teknis dan Etis

Samsung berupaya membekali generasi muda Indonesia, terutama siswa SMA dan

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang