Guide

[Guide] 5 Teknik Wajib Pengguna Franco di Mobile Legends

13 Feb 2019 | Ayyub Mustofa
Berikut ini beberapa teknik mendasar bila Anda ingin menjadi pemain Franco yang andal.

Franco saat ini termasuk salah satu tank yang tidak populer di Mobile Legends: Bang Bang. Keahliannya melemparkan Iron Hook memang menakutkan, dan dikombinasikan dengan jurus ultimate yaitu Brutal Massacre, Franco dapat memastikan satu musuh mati seketika. Tapi Iron Hook sulit digunakan, dan bila meleset, kita harus menunggu cooldown yang cukup lama. Ini menjadikan Franco seorang hero “high risk high return”. Ditambah kenyataan bahwa Iron Hook hanya bisa menarget satu orang, wajar bila Franco kalah populer dengan hero Tank lain seperti Johnson, Akai, atau Gatotkaca.

Peran Franco dapat berjalan optimal bila ia mampu mendapatkan banyak gank di awal permainan. Dengan begitu, tim lawan akan tertinggal jauh dari segi level maupun gold, dan tim kita akan mampu menggilas lawan (snowballing) dengan mudah. Ada beberapa teknik penting yang harus dikuasai seorang pemain Franco. Berikut ini lima di antaranya.

1. Jeda Animasi

Teknik pertama ini adalah teknik yang akan sangat terpakai ketika fase laning di early game. Bila Anda perhatikan, di Mobile Legends, seorang hero akan diam di tempat selama beberapa saat ketika melakukan serangan atau skill (kecuali beberapa hero seperti Kimmy dan Leomord). Di awal permainan ketika musuh belum memiliki item untuk menaikkan attack speed, jeda ini bahkan bisa sangat lama, antara 0,5 hingga 1 detik.

Pengguna Franco harus sigap memanfaatkan jeda (delay) animasi serangan itu untuk melepaskan Iron Hook. Aktifkan Hero Lock Mode, kemudian bersembunyilah di rerumputan saat musuh sedang asyik farming. Begitu Anda melihat musuh sedang memukul, dan tidak ada minion yang menghalangi, langsung tarik! Teknik ini biasanya efektif untuk menarget hero-hero Marksman yang cenderung suka berdiri diam saat menyerang.

Franco - Screenshot 1
Tarik musuh ketika dia sedang menyerang minion

2. Jungle Reset

Teknik kedua ini bukan teknik gank, tapi lebih tepat disebut teknik defensif. Ingat, Iron Hook tidak hanya dapat menarik hero, tapi juga minion. Termasuk minion yang ada di hutan (buff). Ketika Anda melihat musuh hilang dari lane, ada baiknya Anda mengecek lokasi buff merah atau buff kuning (kelomang). Kemudian bila ada musuh yang sedang memukul, tarik minion tersebut keluar dari sarangnya.

Dengan menarik minion/buff menjauh, mereka akan mengalami “reset”, di mana minion itu akan berjalan kembali ke posisi awal sambil memulihkan nyawa hingga penuh. Ini membuat usaha musuh jadi sia-sia. Mereka membuang waktu untuk menyerang minion, namun tetap tidak berhasil mendapatkan buff. Trik ini terutama sangat penting bila Anda ada di lane atas atau bawah, untuk mencegah musuh mendapatkan kelomang.

Franco - Screenshot 2
Tarik kelomang ke lane agar musuh tidak bisa membunuhnya

3. Flicker Hook

Trik yang satu ini butuh latihan supaya lancar, tapi bila Anda sudah menguasainya, Iron Hook milik Anda akan jadi jauh lebih mematikan. Bila Anda menggunakan spell Flicker, Anda dapat melakukan Flicker tepat setelah Iron Hook mengenai musuh. Hasilnya, musuh akan ikut tertarik hingga ke posisi Anda setelah Flicker. Ini sangat berguna untuk menarik musuh langsung ke bawah turret, atau ke tengah-tengah kerumunan hero teman. Begitu musuh berhasil ditarik, Anda dapat langsung melanjutkannya ke jurus ultimate.

Kunci penting teknik Flicker Hook adalah memperhatikan animasi rantai milik Franco. Ketika Anda melempar Iron Hook, rantai akan berhenti bergerak apabila Hook berhasil mengenai musuh. Saat itulah Anda harus sigap melakukan Flicker ke arah yang diinginkan. Hati-hati, rantai juga akan berhenti bergerak bila Hook mengenai minion. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan Flicker gara-gara menarik minion.

Franco - Screenshot 3
Gunakan Flicker Hook untuk menarik musuh hingga ke belakang turret!

4. Flicker Ultimate

Iron Hook sangat sulit digunakan bila Anda bertemu hero-hero dengan mobilitas tinggi. Oleh karena itu, Anda tidak boleh terpaku melakukan inisiasi dengan Hook saja. Jurus ultimate Franco, Brutal Massacre, juga dapat digunakan untuk inisiasi. Tapi tentu sulit bila harus berjalan kaki ke arah musuh. Anda dapat memanfaatkan Flicker untuk mendekat secara instan, kemudian langsung mengeluarkan ultimate.

Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan inisiasi dengan ultimate. Pertama, pastikan Anda sudah mengunci musuh terlebih dahulu dengan Hero Lock Mode. Bila tidak, ultimate Anda akan otomatis menyerang musuh terdekat, termasuk minion atau buff. Kedua, Anda dapat melakukan combo ke Iron Hook, tapi caranya adalah dengan mengeluarkan Iron Hook sebelum animasi Brutal Massacre selesai. Dengan demikian musuh tidak punya kesempatan kabur. Bila Anda baru mengeluarkan Iron Hook setelah ultimate selesai, kemungkinan besar Hook akan meleset karena musuh sudah bergerak.

Franco - Screenshot 4
Jangan ragu melakukan inisiasi dengan jurus ultimate

5. Prediksi Posisi

Pemain Franco yang baik tahu bahwa Iron Hook tidak bisa diarahkan langsung ke hero lawan, tapi perlu diarahkan ke posisi ke mana lawan akan bergerak. Umumnya, Iron Hook bisa Anda arahkan sedikit di depan hero musuh, tetapi musuh yang jago juga bisa melakukan gerakan tipuan agar Anda salah prediksi. Teknik ini butuh latihan, dan semakin sering Anda bermain maka Anda akan semakin pandai memperkirakan arah gerakan lawan.

Ada beberapa hero yang posisinya dapat Anda perkirakan dengan mudah, misalnya:

  • Gatotkaca, ketika sedang mengeluarkan jurus ultimate (Avatar of Guardian)
  • Lancelot, ketika sedang mengeluarkan skill kedua (Thorned Rose)
  • Kadita, ketika sedang mengeluarkan skill pertama (Ocean Oddity)
  • Fanny, bila sedang mengeluarkan Steel Cable di dekat Anda
  • Johnson, setelah selesai mengeluarkan ultimate (Rapid Touchdown)
Franco - Screenshot 5
Lapu-Lapu mudah ditarik ketika ia sedang mengeluarkan jurus ultimate

Hero-hero di atas adalah sasaran empuk bagi Franco, karena posisi mereka setelah mengeluarkan skill mudah dipastikan. Bila Anda mampu menghapalkan posisi tersebut, mereka akan jadi “makanan” bagi Franco. Masih ada lagi hero-hero lain yang mudah diprediksi, dan Anda akan menemukannya seiring meningkatnya jam terbang.

Franco memang tidak populer di turnamen dengan meta akhir-akhir ini. Penggunaannya pun cukup sulit dibandingkan beberapa tank lainnya. Tapi satu hal yang tidak bisa kita pungkiri, ada kenikmatan tersendiri setiap kali Iron Hook sukses mendarat di hero musuh. Mudah-mudahan panduan singkat ini dapat membantu Anda menguasai Franco dan bermain Mobile Legends: Bang Bang dengan lebih baik lagi. Selamat mencoba!