5 Persiapan & Tips Foto Portrait Dengan OPPO Reno7 Series

Dari persiapan dan tips pengambilan foto portrait dengan rangkaian fitur portrait pada Reno7 Series

Memotret foto portrait estetis ala hasil kamera profesional, kini bisa dilakukan dengan kamera smartphone. Dan salah satu seri smartphone yang berfokus menghadirkan fitur portrait yang komplet adalah OPPO Reno7 Series dengan tagline “Unlimited Me, In Potrait”.

Lalu, persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto portrait yang maksimal? Berikut ini beberapa tips mengambil foto portrait dan mengoptimalkan fitur-fitur portrait berbasis AI terutama pada Reno7 4G dan Reno7 Z 5G.

1. Model

Fotografi portrait merupakan gaya fotografi yang menggambarkan subjek manusia, artinya kita perlu mengajak seseorang untuk menjadi modelnya. Boleh pacar atau pasanganmu, teman, keluarga, atau bahkan diri kita sendiri dengan bantuan tripod.

Agar hasil jepretannya maksimal, makeup menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Sebagai fotografer, kita juga perlu mengetahui cara merias wajah yang benar sesuai kebutuhan fotografi, agar hasil fotonya lebih menarik tetapi tetap natural.

2. Konsep Foto

Setelah menemukan model, langkah berikutnya adalah membuat konsep foto. Proses ini amat penting karena akan mempengaruhi banyak hal, mulai dari baju dan aksesori pendukung yang akan dikenakan sang model, hingga agar mempermudah eksekusi saat memotret agar sesuai dengan imajinasi sang fotografer.

Coba Anda lihat referensi foto portrait yang diambil oleh fotografer profesional. Pelajari bagaimana model berpose, hingga pemilihan latar belakang yang tepat agar dapat mendukung cerita yang ingin disampaikan.

3. Teknik Fotografi

Konsep foto sudah dibuat, maka agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi, teknik fotografi seperti komposisi, sudut pengambilan gambar, dan tipe shot juga perlu diterapkan. Salah satu komposisi foto paling mendasar adalah rule of third, yang membuat foto tampak menarik dan seimbang.

Angle atau sudut pengambilan gambar adalah posisi kamera ketika memotret, misalnya lurus dengan mata, dari bawah, atau dari atas. Tipe shot juga dapat mendukung pesan yang ingin disampaikan, beberapa tipe shot yang bisa digunakan dari extreme wide shot hingga extreme close up.

4. Fitur Portrait

Sekarang mari pindah ke alat untuk memotretnya, kehebatan sistem kamera smartphone ialah kecanggihan pemrosesan gambarnya. Di Reno7 Series, OPPO melengkapinya dengan fitur-fitur portrait yang menggunakan teknologi fotografi komputasional berbasis kecerdasan buatan.

Kita bisa mencoba fitur Bokeh Flare Portrait yang dapat menghasilkan foto portrait dengan latar belakang bokeh memukau, fitur ini bisa diakses di menu style pada mode portrait. Kemudian ada AI Color Portrait yang memungkinkan untuk bisa lebih menonjolkan subjek dengan membuat latar belakang menjadi hitam putih dan menampilkan subjek dengan warna yang lengkap.

Fitur-fitur portrait di perangkat Reno7 Series juga tak hanya tersedia untuk foto, tetapi juga mendukung untuk perekaman video portrait. Mencakup AI Highlight Video, AI Mixed Portrait, dan AI Monochrome Video.

5. Editing

Sekarang kita sampai pada proses akhir penyempurnaan karya foto portrait sebelum akhirnya siap dibagikan, editing. Bagaimana cara mengedit sebetulnya balik lagi ke preferensi sang fotografer dan disesuaikan dengan konsep awal yang diusungnya, editing ringan atau berat, sah-sah saja.

Selain bisa mengandalkan aplikasi editing foto seperti Lightroom, di Reno7 4G dan Reno7 Z 5G juga ada fitur editing bawaan bernama AI Palette yang dapat mempelajari karakter warna dan tone sebuah foto, menyalin filter atau pencahayaan untuk bisa digunakan pada foto lain.

Itulah beberapa persiapan dan tips memotret foto portrait menggunakan perangkat Reno7 Series. Segera dapatkan Reno7 4G dengan harga Rp5.199.000 dan Rp5.999.000 untuk Reno7 Z 5G.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.