5 Peningkatan Besar OPPO A77s Dibanding OPPO A76

Peningkatan yang dibawa OPPO A77s mulai dari bahasa desain seri Reno hingga konfigurasi memori yang lebih lapang

Belum lama ini, OPPO A77s sampai di Indonesia. Smartphone kelas menengah ini dibanderol dengan harga Rp3.499.000. Spesifikasi utamanya meliputi layar IPS 6,56 inci HD+ 90 Hz, kamera utama 50 MP, ditenagai chipset Snapdragon 680 4G, dan baterai 5.000 mAh dengan SUPERVOOC 33W yang dapat mengisi baterai hingga 100% hanya dalam waktu 71 menit.

Sebagai penerus OPPO A76, tentu saja OPPO A77s membawa sejumlah peningkatan yang diambil dari seri smartphone di atasnya yakni Reno. Mulai dari segi desain yang tampil lebih premium, kamera ditingkatkan, serta performa dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Di bawah ini lima peningkatan yang ditawarkan oleh OPPO A77s daripada A76.

1. Bahasa Desain Seri Reno

Mari mulai dari yang tampak, untuk pertama kalinya perangkat seri A mewarisi desain premium fiberglass leather dari Reno7 pada penampang belakang OPPO A77s berwarna sunset orange. Desain ini dibuat dari serat kaca dengan teknik khusus untuk menghadirkan beberapa lapisan penutup belakang. termasuk tekstur kulit yang memberikan kesan unik.

Selain itu, OPPO A77s sudah memiliki bingkai datar berwarna emas yang menambah kesan premium. Kalau menurut Anda varian sunset orange terlalu mencolok, OPPO menyediakan warna starry black berteknologi OPPO Glow yang lebih kalem tetapi elegan karena bersinar seperti bintang di langit malam yang gelap.

2. Peningkatan Kamera

Berganti ke aspek kamera, generasi sebelumnya yakni OPPO A76 masih dibekali kamera utama sebatas 13 MP f/2.2 dengan ukuran sensor gambar 1/3.06 inci. Pada A77s, OPPO menyematkan sensor gambar berukuran lebih besar 1/2.76 inci, ditambah aperture lebih besar pula f/1.8, dan resolusinya mencapai 50 MP.

3. Fitur Kamera Seri Reno

Selain hardware kamera yang ditingkatkan, OPPO A77s juga dibekali serangkaian fitur kamera inovatif yang sebelumnya hanya ada pada perangkat Reno. Mulai dari Selfie HDR untuk menghasilkan foto diri yang jelas bahkan dengan cahaya latar kuat, Bokeh Flare Portrait untuk foto portrait bokeh yang aduhai, foto resolusi super tinggi dengan Ultra-Clear 108 MP, dan AI Portrait Retouching yang dapat mempertahankan pesona kecantikan alami masing-masing orang yang ada dalam foto.

4. ColorOS 12.1 Berbasis Android 12

Bila OPPO A76 masih berjalan di atas ColorOS 11.1, OPPO A77s beroperasi dengan sistem ColorOS 12.1 berbasis Android 12. OS terbaru datang dengan peningkatan berbagai perbaikan dan efisiensi lebih baik daripada generasi sebelumnya, termasuk peningkatan pengalaman produktivitas dan multitasking dengan FlexDrop.

Dari segi keamanan dan privasi, OPPO A77s dibekali privacy dashboard yang memungkinkan pengguna melihat izin yang digunakan oleh aplikasi dan dapat membatasi izin untuk aplikasi tertentu. Sedangkan privacy protection menawarkan opsi untuk menghapus informasi lokasi foto dan meta data foto untuk melindungi privasi.

5. Konfigurasi Memori Lebih Lapang

Baik OPPO A76 dan A77s masih ditenagai chipset Snapdragon 680 4G, meski tidak signifikan pengguna A77s tetap akan merasakan performa yang lebih stabil. Bukan hanya karena berjalan di atas ColorOS 12.1 berbasis Android 12, tetapi juga berkat penyimpanan UFS 2.2 (naik dari UFS 2.1 pada A76) dengan kapasitas 128 GB. Besaran RAM juga meningkatkan dari 6 GB menjadi 8 GB, dengan opsi Extended RAM dari 5 GB menjadi 8 GB sehingga totalnya 16 GB.

Demikian lima peningkatan utama yang dibawa oleh OPPO A77s daripada pendahulunya A76. Sebagai bonus, OPPO A77s juga dilengkapi ultra-linear dual speaker yang mana dapat menghadirkan pengalaman menonton film dan bermain game lebih imersif, A76 cuma dibekali satu speaker. Harga OPPO A77s adalah Rp3.499.000, khusus pembelian pre-order dari 17-26 Oktober akan mendapatkan gratis OPPO Enco Buds2 dan 4.000 My OPPO Poin.