Dark
Light

5 Keunggulan Pada Laptop Huawei MateBook D 14

2 mins read
June 23, 2023

Huawei baru-baru ini meluncurkan laptop MateBook D 14 di Indonesia pada tanggal 16 Juni 2023 yang lalu. Laptop tersebut ternyata dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 10,499,000 saja. Sebagai informasi, laptop dengan prosesor Intel Core i5-1240p memang kerap dijual dengan harga yang lebih tinggi, bahkan bisa sampai 15 jutaan rupiah. Huawei mulai menjual laptop MateBook D 14 pada tanggal 23 Juni 2023.

Pada laptop yang memiliki desain bodi full metal tersebut, ternyata cukup banyak keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh perangkat lainnya. Ada pula fitur yang hanya bisa didapatkan jika kita menggunakan sebuah prosesor dengan kemampuan AI terpisah. Tanpa harus berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa keunggulan yang ada pada laptop Huawei MateBook D 14:

Metalline Antenna

Sering kali para pengguna laptop mengeluh karena koneksi internet melalui WiFi cukup lambat. Hal tersebut salah satunya adalah bagaimana sang produsen mendesain antena WiFi pada sebuah laptop. Pada saat desainnya kurang baik, maka berujung pada sinyal WiFi yang buruk dan membuat kecepatan transfer data internet menjadi lambat.

Lambatnya kecepatan internet tidak melulu terlihat dari seberapa besar kecepatan download dan upload-nya. Kestabilan koneksi juga menjadi salah satu hal penting saat menggunakan internet. Hal ini bisa berpengaruh pada putus sambungnya pembicaraan pada saat kita sedang menggunakan panggilan video. Atau seringnya buffering pada saat menonton Youtube.

Huawei memiliki fitur Metalline Antenna yang mampu menambah kekuatan sinyal hingga 1,5 dB. Hal ini berarti bisa meningkatkan 43% download file, serta menurunkan 40% lag dalam online games serta 38% lag dalam konferensi video. Huawei bahkan mengklaim laptop ini mampu menangkap sinyal WiFi dalam jarak 270 meter tanpa halangan.

Super Hub

Salah satu masalah yang ada pada sebuah kantor berukuran kecil adalah pada saat melakukan transfer file, baik itu antar laptop mau pun dari smartphone. Biasanya, sebuah flash disk yang bakal menjadi sebuah solusi. Namun, bentuknya yang kecil tentu saja akan menjadi masalah tersendiri saat lupa terbawa.

Huawei memiliki fitur bernama Super Hub seperti yang ada pada laptop MateBook D 14. Fitur ini akan menjadi sebuah penyimpanan sementara hingga 15 file dan bisa langsung dikirimkan ke beberapa perangkat. Misalnya saja kita ingin mengirim 10 gambar ke beberapa laptop dan smartphone Huawei, bisa dilakukan dalam sekali pekerjaan saja.

Follow Cam

Qualcomm, Intel, dan AMD saat ini sedang mempersiapkan sebuah fungsi AI yang terintegrasi langsung pada prosesornya. Fitur ini nantinya akan berkaitan dengan fungsi auto-framing pada kameranya yang akan mengikuti ke mana sang pengguna bergerak. Sayangnya, kebanyakan laptop yang tidak memiliki fungsi AI ini tidak akan bisa menikmati fitur tersebut.

Huawei MateBook D 14 ternyata sudah memiliki fungsi ini, walaupun Intel Core i5-1240P tidak memiliki cip AI. Dengan fitur ini, sang pengguna tidak lagi akan ada pada pinggiran frame dan akan selalu di tengah layar. Hal ini membuat seseorang seperti memiliki cameraman pribadi yang selalu mengikuti kemana tubuh kita bergerak.

Selain itu, kamera pada laptop Huawei MateBook D 14 juga memiliki fitur background. Biasanya, kita hanya bergantung penggantian latar belakang pada software seperti Zoom atau Google Meet. Masih banyak aplikasi yang tidak mendukung penggantian latar belakang. Laptop ini memastikan bahwa latar belakang kita bisa berganti dengan apa yang kita mau.

Personal Voice Enhancement

Fitur noise cancelling untuk mikrofon memang saat ini juga sedang naik daun. Hal tersebut disebabkan oleh banyak suara mengganggu pada saat kita rapat secara online. Ternyata, fitur ini juga membutuhkan fungsi AI pada sebuah laptop dan belum semua laptop mendukung fungsi yang satu ini.

Huawei MateBook D 14 juga sudah mendukung fitur noise cancelling ini. Bahkan, laptop ini mampu mengenali suara utamanya saat kita ada dalam jarak 5 meter. Suara-suara seperti buku yang dibuka, langkah kaki, pintu yang ditutup dengan keras, penarikan kursi dan meja, robot penyapu lantai, penjernih udara, dan kipas exhaust akan diredam dengan sangat baik.

Super Device

Anda pernah memiliki kesulitan dalam menyambungkan beberapa perangkat pada sebuah laptop? Hal tersebut sepertinya tidak akan ditemukan jika menggunakan Huawei MateBook D 14. Laptop ini memiliki fitur Super Device yang bisa secara mudah menyambungkan beberapa perangkat dengan laptop yang satu ini.

Setelah beberapa perangkat seperti tablet dan smartphone terhubung, kita bisa langsung bertukar file. Tidak hanya itu, Super Device juga memiliki fitur AI Search yang bisa mencari file dari beberapa perangkat yang terhubung. Tentunya hal ini membuat kita tidak perlu lagi membuka perangkat lain saat ingin mencari sebuah file penting.

Previous Story

Lokapala Hadirkan Fahandro, Ksatriya Baru yang diambil dari Budaya Nias

Next Story

Prosesor Mobile AMD Seri 7000 Zen 4 Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

HUAWEI WATCH FIT 3

HUAWEI Siap Hadirkan 3 Perangkat Baru di Indonesia Tanggal 21 Mei 2024

HUAWEI WATCH FIT 3, Huawei FreeClip varian terbaru serta terakhir

Empat Produk Unggulan yang Diperkenalkan Huawei di Innovative Product Launch Dubai

Huawei pamerkan perangkat pendukung produktivitas dan kesehatan hingga aplikasi untuk