15 April 2016

by Glenn Kaonang

5 Hero Tipe Support Dota 2 untuk Pemula Beserta Tipsnya

Kelimanya tak perlu item yang terlalu kompleks untuk bisa berpengaruh pada progress tim

Ah, Dota 2, sebuah permainan yang boleh saya anggap sebagai “high risk, high reward”. High risk karena Anda butuh jam terbang yang cukup kalau tidak mau dicaci maki oleh rekan setim, high reward karena tingkat kepuasannya begitu luar biasa usai meraih kemenangan atas hasil kerja sama tim.

Oleh karena itu tidak sedikit jumlah panduan bermain Dota 2 yang bisa Anda temukan di internet, termasuk halnya di DailySocial. Sebelum ini, kami telah memberikan masukan bermanfaat bagi para pemula, sekaligus teori dasar mengenai peran hero-hero yang terdapat dalam Dota 2.

Tanya pada hampir semua pemain senior Dota 2, “Hero apa yang cocok bagi pemula?” Saya yakin hampir semuanya akan menjawab “yang bertipe Support”. Mengapa begitu? Karena tugasnya sederhana, yaitu membantu menumpas hero musuh sekaligus menjaga hero kawan tetap bertahan hidup dengan menyuplai item konsumsi macam Observer Ward.

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan tips spesifik mengenai 5 hero bertipe Support yang cocok untuk para pemula Dota 2. Kelima hero ini tidak perlu mengandalkan item yang terlalu kompleks, keempat skill maupun kehadiran mereka saja dalam pertempuran sudah sangat berpengaruh terhadap progress satu tim.

Namun sebelumnya, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan jika Anda bermain hero Support:

  1. Belilah Courier di awal permainan, lalu upgrade menjadi Flying Courier ketika stoknya sudah tersedia di toko.
  2. Sebisa mungkin beli dan pasang Observer Ward di sejumlah lokasi dekat markas tim. Tanpa item ini, rekan setim Anda akan kesulitan memantau posisi hero musuh yang sedang berupaya menyergap dari belakang, alias membokong.
  3. Kalau di tim lawan ada hero dengan skill menghilangkan diri macam Riki, Bounty Hunter atau Broodmother, sebisa mungkin beli dan pasang Sentry Ward pada lane mereka.

Oke, saatnya membahas selengkapnya mengenai kelima hero Support yang ideal untuk pemula di Dota 2, termasuk skill build dan item yang diperlukan masing-masing.

1. Crystal Maiden

Crystal Maiden / Dota 2 Wallpaper

Merupakan salah satu hero Support paling menjanjikan di Dota 2, Crystal Maiden mampu melumpuhkan musuh dengan skill pertama dan keduanya, sedangkan skill ultimate-nya mempunyai jangkauan yang amat luas dan damage yang sangat sakit. Tak kalah penting, skill ketiganya merupakan aura regenerasi mana secara global.

Skill build: Mulai dengan memaksimalkan skill kedua dan ketiga – jangan lupa ambil ultimate di lv 6, 11 dan 15 – barulah ambil skill pertama. Skill kedua (Frostbite) sangat berguna untuk menghentikan hero musuh yang kabur sekaligus yang mengejar rekan setim Anda, sedangkan skill ketiga (Arcane Aura) akan mempercepat proses pengisian mana milik keempat rekan setim Anda, plus Anda sendiri.

Item: Crystal Maiden sangatlah empuk, alias mudah sekali tewas dalam beberapa pukulan dan skill, belum lagi movement speed-nya kelewat lamban. Mulai dengan Tranquil Boots (925 gold) untuk menambah kecepatan berlari dan regenerasi HP.

Lalu lanjut dengan Drum of Endurance (1850 gold); item ini tak hanya berguna untuk mempertebal HP, tapi juga memberikan aura movement dan attack speed pada rekan tim yang berada di radius.

Kalau beruntung dan punya gold banyak, bisa langsung membeli Blink Dagger (2250 gold). Item berikutnya tergantung situasi, bisa Glimmer Cape (1950 gold), Aghanim’s Scepter (4200 gold) atau Black King Bar (3975 gold).

2. Lich

Lich / Valve

Sama-sama menguasai sihir es seperti Crystal Maiden, Lich juga punya skill ultimate yang bombastis. Kendati demikian, peran Support-nya juga besar dengan memberikan armor berlapis es pada semua rekan tim.

Skill build: Mulai dengan skill ketiga (Sacrifice) dan pertama (Frost Blast). Sacrifice penting untuk memundurkan posisi pertempuran creep lebih dekat dengan tower Anda. Dengan demikian, Anda dan rekan satu lane Anda bisa farming secara lebih mudah. Setelahnya, jangan lupa maksimalkan skill kedua (Ice Armor) untuk mempertebal hero kawan beserta tower.

Item:Tranquil Boots juga ideal untuk Lich, sama seperti Crystal Maiden, karena secara teori mana-nya akan terus terisi berkat skill Sacrifice. Selanjutnya, kejar Mekansm (2300 gold) untuk memberikan healing pada rekan dalam radius.

Blink Dagger sekali lagi akan sangat bermanfaat kalau memang ada gold berlebih. Kalau tidak, bisa perlahan menabung untuk Veil of Discord (2270 gold), Aghanim’s Scepter atau Shiva’s Guard (4700 gold).

3. Witch Doctor

Witch Doctor / Dota 2 Walls

Tampangnya jelek, freak, tapi skill ultimate-nya sangat mematikan karena bersifat Physical dan bisa menembus Spell Immunity. Ia juga merupakan healer yang konsisten selama pertempuran berlangsung.

Skill build: Pastinya maksimalkan skill pertama (Paralyzing Cask), efek stun sangatlah berdampak dalam sepanjang permainan. Bergantung situasi, Anda bisa memaksimalkan skill kedua (Voodoo Restoration) atau ketiga (Maledict) lebih dulu. Atau bisa saja ambil Voodoo Restoration satu saja, lalu lanjut ke Maledict, baru kembali lagi.

Item: Awal-awal, kejar Arcane Boots (1300 gold) karena ia membutuhkan banyak manaskill keduanya bisa diaktifkan secara terus-menerus selagi mengonsumsi mana. Seandainya sering tewas, bisa membeli Bracer (525 gold) untuk sedikit mempertebal HP.

Selanjutnya, bisa langsung mengejar Aghanim’s Scepter, karena efeknya amat dahsyat pada skill ultimate Witch Doctor, Death Ward. Black King Bar yang memberikan kekebalan terhadap mayoritas skill juga merupakan alternatif yang menarik karena selama mengeluarkan Death Ward, Anda tak bisa bergerak dan bakal menjadi target rentetan skill musuh.

4. Ogre Magi

Ogre Magi / Dota 2 Walls

Favorit saya dalam hal voice acting. Hero ini berkepala dua, dan masing-masing selalu berbeda pendapat. Terlepas dari itu, skillstun-nya amat mematikan, dan sangat supportive dengan meningkatkan kecepatan bergerak kawan.

Skill build: Mulai dengan skill pertama (Fireblast) untuk menghentikan musuh dan kedua (Ignite) untuk membakar sekaligus memperlambat gerakan musuh. Sekali lagi jangan lupa mengambil skill ultimate (Multicast) tiap kali tersedia, lalu maksimalkan skill ketiga (Bloodlust).

Dalam pertempuran, tugas Anda cuma membakar musuh, melontarkan bola api stun dengan efek yang berlipat ganda berkat Multicast dan menambah attack speed sekaligus movement speedhero satu tim, plus tower.

Item:Arcane Boots adalah pilihan awal yang tepat, karena mana-nya terbilang boros. Item selanjutnya bisa Force Staff (2250 gold) sebagai alternatif dari Blink Dagger, atau bisa juga Eul’s Scepter of Divinity (2825 gold) sebagai skill disabler tambahan.

Kalau semuanya berjalan lancar, Aghanim’s Scepter akan sangat berpengaruh pada efek yang diberikan Multicast, plus menambahkan satu skillstun ekstra (Unrefined Fireblast) – penggunaannya harus berhati-hati karena mengonsumsi mana berdasarkan persentase, bukan jumlah pasti.

5. Vengeful Spirit

Vengeful Spirit / Dota 2 Walls

Satu-satunya hero beratribut Agility dalam daftar ini, tapi perannya sebagai Support tidak kalah penting. Vengeful Spirit bisa menghentikan lawan dengan mudah, plus menukar posisinya secara instan, menempatkan hero musuh (beserta dirinya) pada titik berbahaya.

Skill build: Mulai dengan skill pertama (Magic Missile) dan ketiga (Vengeance Aura), bisa juga diselipi satu skill kedua (Wave of Terror). Magic Missile adalah skill utama Vengeful Spirit, akan tetapi Vengeance Aura tak kalah penting karena selain meningkatkan damage fisik kawan satu tim, ia juga akan mengurangi damage musuh yang menewaskan dirinya sampai akhirnya ia respawn kembali.

Skill ultimate Vengeful Spirit (Nether Swap) gampang-gampang sulit penggunaannya. Di satu sisi Anda harus berhati-hati karena menukar posisi hero musuh dengan Anda bisa berakibat pada kematian Anda sendiri. Di sisi lain, skill ini sangat berguna untuk menghentikan skill yang sifatnya channeling, seperti misalnya skill ultimate milik Crystal Maiden dan Witch Doctor tadi.

Item: Sekali lagi Arcane Boots menjadi pilihan tepat, apalagi mengingat atribut utama Vengeful Spirit adalah Agility, yang berarti kuantitas mana-nya lebih sedikit daripada keempat hero lain dalam daftar ini. Aether Lens (2300 gold) bisa menjadi target selanjutnya. Item ini akan meningkatkan jarak skill Magic Missile, Wave of Terror dan Nether Swap secara signifikan.

Berikutnya, pelan-pelan kejar Solar Crest (3000 gold). Selain untuk membutakan hero lawan, minus armor-nya akan semakin efektif melengkapi skill Wave of Terror.

Alternatif lain bisa Force Staff, yang bisa digunakan untuk melarikan diri dari marabahaya setelah Anda menukar posisi hero musuh dengan Anda via Nether Swap. Item alternatif selanjutnya bisa Aghanim’s Scepter, yang secara teori akan membuat Vengeful Spirit tidak bisa mati – setelah mati, akan muncul bayangan yang bisa digerakkan secara bebas, lengkap dengan keempat skill-nya.

Kesimpulan

Memainkan hero Support memang terkadang bisa terasa membosankan. Istilah kasarnya, hero Support ibarat budak bagi tim. Mereka harus siap menyuplai item konsumsi seperti yang saya jelaskan di awal tadi, dan terkadang harus rela mengorbankan nyawanya demi keselamatan rekan satu tim – kasus ini akan sangat sering Anda jumpai saat bermain sebagai Vengeful Spirit.

Pun demikian, pengaruh hero Support pada permainan sangatlah besar. Kehadirannya dalam pertempuran saja sudah sangat membantu, terutama yang mempunyai skill bersifat aura. Dan lagi, mereka tidak perlu membangun item yang kompleks untuk bisa berpengaruh, sangat berbeda dengan hero bertipe Carry.