5 Fitur Ini Jadikan OPPO Reno8 T 5G Salah Satu Opsi Smartphone Mid-Range Terbaik Saat Ini

Mulai dari desain premium, layar menawan, sampai performa dan baterai yang superior, ada banyak alasan untuk meminang OPPO Reno8 T 5G

OPPO Indonesia telah resmi membuka gerbang pre-order untuk smartphone terbarunya, Reno8 T 5G, pada tanggal 1 Maret 2023 kemarin. Dibanderol mulai Rp5.999.000, smartphone mid-range ini menawarkan sejumlah kelebihan yang jarang dijumpai pada perangkat lain di kelasnya.

Sebagai bagian dari keluarga seri Reno, sektor kamera tentu mendapat perhatian ekstra, dan Reno8 T 5G pun tidak terkecuali. Pun begitu, ponsel ini juga hadir membawa paket lengkap di aspek-aspek lainnya. Berikut 5 keunggulan utama yang bisa Anda dapatkan dari OPPO Reno8 T 5G.

1. Desain Dual Micro-Curved

Dari generasi ke generasi, seri Reno selalu menonjolkan desain fisik yang terkesan premium. Reno8 T 5G pun juga demikian, dan tidak hanya sedap dipandang, ponsel ini juga sangat nyaman digenggam berkat desain melengkungnya yang mengikuti kontur tangan secara mulus. Fisiknya pun terbilang cukup ringkas, dengan bobot hanya 171 gram dan tebal bodi 7,7 mm saja.

Untuk menambah nuansa elegan yang tersirat, hadir desain OPPO Glow dengan dua pilihan warna spesial: Sunrise Gold dan Midnight Black. Anda suka dengan tampilan elegan? Pilih varian yang berwarna hitam. Sebaliknya, varian yang berwarna emas matahari itu ditujukan bagi mereka yang ingin tampil trendi.

2. Layar Curved 3D 120 Hz

Keindahan fisik Reno8 T 5G turut didukung oleh layarnya yang istimewa, dengan bezel bawah yang amat tipis di angka 2,32 mm, sehingga memberikan rasio layar ke bodi sebesar 93%. Sisi layar yang melengkung juga menambah kesan mewah sekaligus rasa nyaman di tangan; sesuatu yang cukup jarang ditemui di rentang harga ini.

Dari segi kualitas, layarnya pun sama sekali tidak mengecewakan. Reno8 T 5G dibekali panel AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD+ (1080p) dan refresh rate maksimum 120 Hz. Visual yang begitu vibrant akan selalu diwujudkan berkat dukungan hingga 1,07 miliar warna, sementara refresh rate-nya yang tinggi memastikan game yang mendukung akan selalu berjalan mulus.

Untuk memastikan pengguna tetap betah berlama-lama di depan layar, OPPO turut menyematkan sistem AI Adaptive Eye Protection dengan fitur peredupan PWM frekuensi tinggi 2160 Hz yang dapat secara efektif mengurangi kelelahan mata.

3. Kamera Portrait 108 MP

Beralih ke sektor kamera, di sini Reno8 T 5G menghadirkan peningkatan yang amat signifikan dalam bentuk kamera utama 108 megapiksel. Ukuran lensa yang besar itu sama sekali bukan gimmick, sebab di baliknya memang tertanam sensor berukuran 1/1,67 inci yang mampu menangkap 96% lebih banyak cahaya.

Dipadukan dengan teknologi NonaPixel Plus, kamera milik Reno8 T 5G akan selalu siap menangkap gambar dengan jernih dan tingkat detail yang mengesankan dalam berbagai kondisi cahaya. Bukan hanya itu, resolusi yang demikian tinggi juga berarti pengguna bisa lebih leluasa melakukan cropping dan menemukan komposisi foto yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Seperti biasa, sejumlah fitur kamera berbasis AI turut hadir di sini. Mulai dari Bokeh Flare Portrait, AI Colour Portrait, sampai AI Portrait Retouching, semuanya hadir untuk membantu pengguna menghasilkan potret yang lebih menawan. OPPO tentu sama sekali tidak lupa akan selfie, dan kamera depan 32 MP milik Reno8 T 5G pun telah dibekali fitur Selfie HDR yang dapat membantu mempertahankan detail di area gelap, sekaligus menghindari pencahayaan berlebih di area terang.

Bagi yang senang bereksperimen, Reno8 T 5G turut membawa kamera microlens yang mampu menangkap gambar dengan tingkat perbesaran hingga 40x. Mengabadikan objek-objek sehari-hari akan terasa asyik dengan kamera ini.

4. Performa kencang untuk jangka panjang

Perihal performa, OPPO Reno8 T 5G mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 695 yang sudah sangat teruji kinerjanya. Proses pabrikasi 6 nm yang dipakai oleh Qualcomm memastikan performa perangkat yang optimal selagi memaksimalkan efisiensi dayanya.

Multitasking juga sama sekali bukan masalah buat Reno8 T 5G. Pasalnya, selain mengemas RAM sebesar 8 GB, Reno8 T 5G turut dibekali RAM Expansion hingga 8 GB. Di samping itu, sistem ColorOS 13 terbaru yang dijalankan juga dilengkapi Dynamic Computing Engine untuk mempercepat alokasi dan pemulihan memori.

Tidak kalah penting adalah simulasi performa yang OPPO langsungkan di lab pengujiannya, yang pada dasarnya bakal memastikan kelancaran performa perangkat hingga 48 bulan penggunaan. Jadi meski sudah dua tahun digunakan, performa Reno8 T 5G ketika menjalankan aplikasi-aplikasi favorit masih akan terasa seperti ketika baru dikeluarkan dari boksnya.

5. 67W SuperVOOC

Melihat ukurannya yang tergolong ringkas, Reno8 T 5G mengemas kapasitas baterai yang cukup besar di angka 4.800 mAh. Bukan cuma itu, perangkat juga telah mendukung teknologi pengisian daya cepat 67W SuperVOOC yang dapat mengisi baterai dari 0-100% dalam waktu 44 menit saja. Saat sedang terburu-buru, pengisian selama 5 menit pun sudah bisa memberikan daya yang cukup untuk melakukan panggilan telepon selama 5,5 jam.

Inovasi menarik lain yang OPPO hadirkan di sektor ini adalah Battery Health Engine, yang berfungsi untuk mengontrol arus dan voltase pengisian daya secara cerdas demi meminimalkan penumpukan sel lithium yang mati. OPPO mengklaim kinerja baterai Reno8 T 5G akan tetap optimal hingga 1.600 siklus pengisian daya, setara penggunaan selama empat tahun, dan dua kali lebih lama daripada smartphone pada umumnya.

Bagi yang berminat, OPPO Reno8 T 5G saat ini sudah bisa dipesan melalui situs resmi OPPO. Terdapat dua varian kapasitas penyimpanan yang ditawarkan: 128 GB seharga Rp5.999.000, dan 256 GB seharga Rp6.499.000.