Dark
Light

5 Alasan Samsung Galaxy S24 Ultra Jadikan Kamu Fotografer ‘Pro’

by
2 mins read
September 13, 2024

Selama bertahun-tahun foto berkualitas pro tentunya hanya dapat dihasilkan oleh fotografer profesional yang dipersenjatai kamera profesional dan lensa yang lengkap. Namun, untuk beberapa kondisi, hal tersebut bisa dikejar oleh smartphone dengan kualitas kameranya.

Salah satu smartphone yang mengejar kualitas fotografi pro tersebut tentu adalah Samsung Galaxy S24 Ultra. Flagship utama Samsung tahun ini tersebut memang membuat siapapun penggunanya seakan memiliki studio fotografi dalam genggamannya.

Selain powerful dari sisi hardware, Galaxy S24 Ultra juga didukung dengan ProVisual Engine, teknologi Galaxy yang ditingkatkan dengan AI yang membut Galaxy S24 Ultra dapat memberikan kualitas gambar yang luar biasa saat dimana saja dan kapan saja.

Lalu, apa saja hal ‘Pro’ di Galaxy S24 Ultra yang akan menunjang para penggunanya bisa menghasilkan foto yang proper? Berikut 5 alasannya.

Everyday Pro

Sejak awal, Galaxy S24 Ultra dibangun untuk menjadi smartphone dengan teknologi kamera terdepan. Untuk itu, Samsung menyematkan empat lensa kamera di belakang untuk memberikan fleksibilitas sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna untuk menangkap gambar di berbagai kondisi.

Kamera utama wide-angle-nya beresolusi 200MP, dikombinasikan dengan lensa ultra-wide 12 MP, dan dua lensa telephoto 50MP – 10MP. Galaxy S24 Ultra juga dapat menangkap di berbagai kondisi cahaya berkat sensor piksel adaptif dengan teknologi tetra squared pixel binning.

Dua lensa telephoto-nya juga bekerja sama secara cerdas untuk dapat menangkap gambar menakjubkan dari jarak jauh. Apalagi Galaxy S24 Ultra juga telah dilengkapi dengan teknologi AI Zoom yang akan meningkatkan kualitas gambar bahkan pada pembesaran maksimal hingga 100x.

Nightime Pro

Meskipun mayoritas kamera smartphone saat ini dapat menangkap foto di kondisi kurang cahaya, namun tidak banyak yang dapat menghasilkan foto low-light sebaik Galaxy S24 Ultra. Hal tersebut karena Samsung telah menyematkan Nightography ke dalam smartphone-nya.

Nightography mengombinasikan beberapa teknologi untuk menguasai kondisi gelap. AI menganalisa data gyro untuk melacak gerakan pengguna, OIS memungkinkan peredaman guncangan agar gambar lebih jelas, dan ISP (Image signal processing) menyempurnakan detail pada gambar.

Algoritma canggih pada kamera depan dan belakang mengurangi noise, masalah umum di lingkungan dengan cahaya rendah. Sementara para profesional biasanya mengandalkan tripod untuk menjaga kestabilan pengambilan gambar di malam hari, Galaxy S24 Ultra menghilangkan kebutuhan tersebut.

Cinema Pro

Dengan semakin populernya konten video di media sosial, maka kemampuan smartphone untuk merekam video tidak boleh terlalu jomplang dibandingkan fotonya. Untuk itulah Galaxy S24 Ultra juga telah dipersiapkan untuk membuat konten-konten sinematik.

Galaxy S24 Ultra mampu merekam video hingga resolusi 4K 120fps dan bahkan 8K 30 fps bila dibutuhkan. Hal ini membuat Anda dapat merekam video dengan gambar yang lebih tajam dan pergerakan yang halus di beragai kondisi.

Samsung juga menyertakan mode Portrait Video dengan AI Stereo Video Bokeh yang memanfaatkan AI untuk menggabungkan data dari dua lensa kamera. Ini menciptakan pemisahan yang jelas antara latar depan dan latar belakang, memungkinkan subjek Anda benar-benar menonjol.

Editing Pro

Setelah mengambil foto dan video, kebanyakan profesional akan memasuki tahap pascaproduksi untuk menyempurnakan karyanya. Untungnya, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan file foto atau video karena proses editing tersebut dapat dilakukan di Galaxy S24 Ultra.

Samsung telah menyederhanakan berbagai proses editing yang rumit sehingga Anda bisa mendapatkan hasil foto dan video yang sempurna dengan hanya beberapa langkah, serta tanpa harus mengorbankan kualitas hasil akhirnya.

Dengan fitur Edit Suggestion, Galaxy AI akan secara otomatis mengidentifikasi potensi masalah dalam gambar, seperti pantulan atau bayangan yang tidak diinginkan, dan menyarankan penyesuaian untuk hasil lebih baik. Atau bila masih kurang, Anda dapat memindahkan, menghapus, ataupun menambahkan objek dalam foto dengan Generative Edit.

Social Pro

Langkah terakhir dari proses kreatif adalah membagikan konten, dan para profesional sering menggunakan berbagai aplikasi untuk memaksimalkan foto dan video mereka sebelum mengunggahnya ke platform media sosial. Sayangnya, seringkali kualitas konten kita menurun saat diunggah.

Hal tersebut akan berbeda di Galaxy S24 Ultra, karena smartphone ini mampu mengintegrasikan ProVisual Engine ke dalam kamera bawaan aplikasi medsos, semisal Instagram. Dengan Super HDR, foto dan video yang diunggah akan tetap tajam, cerah, dan hidup.

Dengan berbagai kelebihan yang telah disebutkan di atas, tidak perlu diragukan lagi bahwa Samsung Galaxy S24 Ultra adalah smartphone terbaik untuk mereka yang ingin tampil layaknya fotografer profesional.

Previous Story

Samsung Bagikan Cerita di Balik Penciptaan Fitur AI Listening Mode

Next Story

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

Latest from Blog

Don't Miss

S Pen Adalah Pelengkap Kreativitas di Galaxy Z Fold6

Samsung terus berkomitmen memberikan perangkat yang memudahkan aktivitas sehari-hari penggunanya,

Tips ke Luar Negeri Pakai Fitur AI di Galaxy S24 Series

Sejak hadirnya Galaxy AI di smartphone-smartphone Samsung, banyak pengguna yang