Dark
Light

3 Tips Menerapkan Rutinitas Sehat Menggunakan Galaxy Watch6 Series

2 mins read
August 24, 2023
3 Tips Menerapkan Rutinitas Sehat Menggunakan Galaxy Watch6 Series

Menggunakan smartwatch memberikan berbagai manfaat yang signifikan, termasuk untuk membantu menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Menurut survei terbaru, 8 dari 10 orang di kawasan Asia Pasifik ingin lepas dari kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat, termasuk di Indonesia.

Sejumlah kebiasaan yang ingin ditinggalkan adalah kurangnya olahraga secara teratur dan minimnya waktu tidur. Memahami perilaku tersebut, Samsung telah meluncurkan Galaxy Watch6 Series yang dilengkapi dengan berbagai fitur kesehatan terbaru dan lebih lengkap.

Pengguna dapat semakin mudah memahami kesehatan tubuhnya dengan Body Composition yang lebih terukur. Lengkap dengan fitur-fitur terkini seperti Irregular Heart Rhythm Notification yang dapat memberikan peringatan di kondisi darurat dan Personalized Heart Rate Zone yang akan mendeteksi kondisi detak jantung selama berolahraga.

Untuk mendukung pengguna mencapai gaya hidup sehat, Galaxy Watch6 Series juga menghadirkan fitur sleep monitoring dan coaching untuk memudahkan pelanggan meningkatkan kualitas tidur melalui data komprehensif yang melacak pola tidur pengguna hingga memberikan arahan kebiasaan-kebiasaan baru sesuai kebutuhan tubuh pelanggan,” ujar Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat bukan hanya soal fisik yang bugar, tapi juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan stabil. Menurut Certified Yoga Teacher Ritchie Putri, kita bisa menjalankan gaya hidup sehat dengan cara menerapkan rutinitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Berikut tiga tips dari Ritchie Putri dalam menerapkan rutinitas sehat menggunakan Galaxy Watch6 Series.

1. Memahami Kondisi Tubuh dengan Fitur Body Composition

Memahami Kondisi Tubuh dengan Fitur Body Composition

Bagi yang ingin mulai olahraga secara teratur, sangat penting untuk memahami kondisi tubuh terlebih dahulu. Dari situ, kita bisa tahu tujuan yang ingin dicapai dalam berolahraga, apakah itu mengurangi berat badan, menambah massa otot, atau meningkatkan kebugaran.

Menurut Ritchie, untuk langkah awal kita bisa memahami kondisi tubuh menggunakan fitur Body Composition di Galaxy Watch6 dengan pengukuran fisik utama seperti berat badan, massa otot, kadar lemak, kadar air, BMI (Body Mass Index), dan BMR (Basal Metabolic Rate). Dengan memantau gambaran lengkap dari tubuh, itu bisa memberi pendekatan yang lebih terarah dalam menentukan tujuan, melacak kemajuan, dan memberi panduan lainnya.

2. Buat Rutinitas Olahraga yang Seimbang

Buat Rutinitas Olahraga yang Seimbang

Untuk mendapat hasil yang maksimal, kita perlu konsisten berolahraga. Namun bukan berarti harus memforsir tubuh, yang dikhawatirkan dapat memberi dampak negatif seperti rasa nyeri berlebih hingga masa recovery yang berlarut. Ritchie menekankan penting bagi kita untuk memahami batas kemampuan tubuh agar rutinitas olahraga kita tetap imbang sesuai dengan apa yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu fitur yang aku suka di Galaxy Watch6 Series adalah Personalized Heart Rate Zone. Fitur ini bisa remind kita akan kondisi tubuh saat workout, jadi kita bisa tone down intensitas olahraga saat tubuh sudah mulai mencapai batas kemampuan, ini berguna banget saat kita olahraga sendirian di rumah,” tutur Ritchie.

Ritchie melanjutkan, untuk mendapatkan workout routine yang lebih personalized, kita juga bisa pakai fitur baru bernama Custom Workout. Dengan fungsi tersebut, kita bisa mengatur rutinitas olahraga secara menyeluruh sesuai keinginan. Kita juga bisa track setiap tahap yang kita lalui di dalam workout routine tersebut.

Fitur lain adalah Irregular Heart Rhythm Notification, yang dapat memeriksa irama jantung yang dapat mengarah ke Atrial fibrillation (AFib), baik itu saat beraktivitas maupun ketika tidur. Fitur tersebut memberikan peringatan jika ia mendeteksi 5-6 anomali irama jantung dalam waktu 10 menit. Peringatan ini juga akan muncul ketika detak jantung berada di atas atau di bawah level yang ditetapkan pengguna dalam kurun waktu 10 menit saat kondisi tubuh sedang tidak aktif.

3. Raih Gaya Hidup Sehat dengan Kualitas Tidur yang Baik

Raih Gaya Hidup Sehat dengan Kualitas Tidur yang Baik

Supaya rutinitas olahraga semakin seimbang, kita juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk itu, Galaxy Watch6 Series sudah dibekali fitur-fitur yang membantu pengguna mendapatkan tidur yang berkualitas dari waktu ke waktu.

Galaxy Watch6 Series juga dilengkapi fitur Advanced Sleep Coaching yang memberi pengguna instruksi dan tips yang mudah diikuti dalam menjalani rutinitas tidur yang lebih baik. Setiap instruksi dan tips yang diberikan pun sudah terpersonalisasi sesuai dengan data dari Sleep Monitoring.

Fitur Sleep Monitoring dan Coaching ini dapat memberikan insight yang komprehensif. Meliputi Sleep Score, seberapa konsisten pengguna tidur atau Sleep Consistency, tahapan tidur Sleep Stages (Awake, REM, Light, Deep), hingga animasi Sleep Animal Symbol.

Itulah beberapa tips dari Ritchie Putri dalam menerapkan rutinitas sehat menggunakan Galaxy Watch6 Series. Smartwatch terbaru Samsung ini hadir dalam dua varian, yakni Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic.

Galaxy Watch6 tersedia dalam ukuran 40mm (Rp3.999.000) dengan opsi warna Graphite dan Gold serta ukuran 44mm (Rp4.499.000) dengan pilihan warna Graphite dan Silver. Sedangkan Galaxy Watch6 Classic yang hadir dalam balutan warna Black dan Silver dengan pilihan ukuran 43mm (Rp5.499.000) dan 47mm (Rp5.999.000).

Galaxy Z Flip5 dan Fold5
Previous Story

Kemudahan Mengekspresikan Diri Lewat Kamera HP Lipat Samsung Galaxy Z Fold5 dan Flip5

Pentingnya panduan penggunaan AI di ranah jurnalistik
Next Story

Pentingnya Panduan Penggunaan AI di Ranah Jurnalistik

Latest from Blog

Mengenal LISSA, Solusi AI Terbaru dari Lenovo

Lenovo Indonesia memperkenalkan LISSA (Lenovo Intelligent Sustainability Solutions Advisor), sebuah inovasi paling mutakhir mereka dalam bidang artificial intelligence (AI) dan pengurangan emisi.

Don't Miss

3 Cara Galaxy AI Bahasa Indonesia Mudahkan Aktivitas Remote Working

Samsung meluncurkan pembaruan yang menghadirkan pilihan Bahasa Indonesia pada fitur

Samsung Experience Lounge Pertama di Indonesia Diresmikan, Hasil Kolaborasi Samsung dan Blibli

Kemajuan pesat industri e-commerce bukan berarti toko ritel fisik harus