3 Kegunaan Smart Sidebar di OPPO Reno8 Z 5G, Serta Cara Mengoptimalkannya

Smart Sidebar memungkinkan pengguna OPPO Reno8 Z 5G mengakses shortcut di mana saja dan memudahkan multitasking

Kecanggihan OPPO Reno8 Z 5G tak perlu diragukan lagi, smartphone 5G ini punya performa mumpuni di kelasnya. Diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 695 dan disokong RAM 8 GB ditambah RAM Expansion hingga 5 GB yang membuat aktivitas multitasking makin lancar.

Hadir dengan ruang penyimpanan internal yang ekstra lapang 256 GB, pengguna bisa memasang puluhan aplikasi maupun game. Berjalan di atas sistem operasi ColorOS 12.1 berbasis Android 12, Reno8 Z 5G dilengkapi rangkaian fitur cerdas nan komplet.

Begitu canggih dan banyak data yang dapat ditampung di Reno8 Z 5G, tetapi pengguna tetap dapat mengoperasikannya secara tepat guna dengan fitur bernama Smart Sidebar. Jadi selain menempatkan aplikasi favorit dan widget penting di home screen, lewat Smart Sidebar pengguna dapat mengakses hal penting bahkan saat sedang membuka aplikasi lain.

Berikut tiga manfaat Smart Sidebar di Reno8 Z 5G:

1. Shortcut Di Mana Saja

Smart Sidebar merupakan salah satu fitur cerdas yang ada di ColorOS 12, artinya pengguna perangkat Reno dan A Series terbaru juga mendapatkannya. Kehadiran fitur ini sangat membantu pengguna dalam menunjang aktivitas keseharian, karena bisa dijadikan shortcut di mana saja.

Maksud saya entah itu Anda sedang membuka aplikasi media sosial, browsing, atau menjalankan aplikasi lainnya. Anda dapat mengakses panel yang berisi daftar shortcut dengan sekali usapan (swipe) kapan pun di layar bagian kanan.

Untuk mengaktifkan Smart Sidebar di OPPO Reno8 Z 5G, pergi ke settings dan pilih menu special features. Setelah fitur diaktifkan, floating bar akan muncul di layar bagian kanan secara default.

Kemudian usap ke kiri pada garis tersebut untuk memunculkan daftar shortcut. Transparansi floating bar bisa diatur dengan tiga opsi, yaitu transparent, default, dan opaque. Juga ada opsi untuk menyembunyikan floating bar ketika menonton video atau bermain game.

2. Shortcut Bisa Disesuaikan

Panel Smart Sidebar berisi aplikasi atau tool tertentu yang bisa disesuaikan dengan keperluan. Pengguna bisa menghapus dan menambahkan aplikasi favorit atau yang paling sering digunakan.

Untuk menyesuaikan shortcut bisa melalui panel Smart Sidebar dan pilih menu edit. Kemudian pengguna bisa menambahkan aplikasi atau fungsi sistem ke dalam panel dengan mengeklik ikon “+” yang berwarna hijau dan klik ikon “-” yang berwarna merah untuk menghapus shortcut.

3. Kemudahan Multitasking

Pengguna Reno8 Z 5G dapat membuka dua hingga tiga aplikasi sekaligus dalam bekerja. Lewat fitur bernama Split Screen yang membagi tampilan layar agar memuat dua aplikasi secara bersamaan, bila perlu bisa menambah satu jendela secara pop up.

Split Screen memang dapat mendukung produktivitas dan untuk mengoptimalkannya pengguna bisa melakukan multitasking dengan cepat melalui Smart Sidebar. Misalnya Anda sedang membaca buku di Play Books, ada poin-poin penting yang ingin dicatat. Cukup akses Smart Sidebar, pilih Keep atau Docs dan seret ke bawah untuk multitasking.

Nah itulah tiga manfaat fitur Smart Sidebar yang digunakan dalam berbagai skenario penggunaan di Reno8 Z 5G. Bicara Reno8 Z 5G, smartphone 5G kelas menengah ini bisa didapat dengan harga Rp5.999.000. Menariknya di OPPO Store, ada diskon menarik untuk pembelian perangkat IoT OPPO seperti OPPO Band atau Enco Air.