3 Alasan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G Layak Menjadi Pilihan Gamer Kelas Berat

Ray tracing sudah tiba di ranah mobile gaming. Pertanyaannya, apakah smartphone Anda sudah siap?

Industri game mobile mencatatkan pemasukan sebesar $92,2 miliar tahun lalu menurut Newzoo. Angka tersebut memang turun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, akan tetapi masih membentuk separuh dari total pemasukan industri game di tahun 2022 secara keseluruhan. Singkat cerita, industri game mobile tidak akan ke mana-mana, dan itulah mengapa kita juga terus melihat peningkatan performa smartphone yang signifikan setiap tahunnya.

Tahun 2023 ini tidak terkecuali, dan performa smartphone yang dijual di pasaran terus mengejar ketertinggalannya dari perangkat yang memang didedikasikan untuk gaming macam konsol maupun PC. Salah satu indikasinya bisa dilihat dari munculnya teknologi ray tracing di game mobile, yang dapat meningkatkan kualitas visual secara drastis berkat implementasi efek pencahayaan yang lebih realistis.

Namun sama seperti di ranah PC gaming, tidak semua perangkat punya performa yang cukup untuk menangani ray tracing. Smartphone pun juga demikian, dan itulah mengapa ada nilai jual tersembunyi yang diberikan oleh perangkat yang mampu mewujudkan teknik rendering yang sangat advanced tersebut.

Salah satu smartphone yang masuk kategori tersebut adalah Samsung Galaxy S23 Ultra 5G. Lini ponsel ini memang tidak bisa dikategorikan sebagai smartphone gaming, tapi itu bukan berarti performanya tidak cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan para gamer. Berikut 3 alasan mengapa Galaxy S23 Ultra 5G layak menjadi pilihan para gamer kelas berat.

Prosesor perkasa namun irit daya

Galaxy S23 Ultra 5G ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy, chipset generasi terbaru hasil kolaborasi langsung antara Samsung dan Qualcomm dengan performa yang sangat optimal. Secara teknis, perangkat mengemas 8-core CPU yang terdiri dari 5 high-performance core dan 3 efficient core. Dibandingkan pendahulunya, performa prosesor Galaxy S23 Ultra 5G menawarkan peningkatan sebesar 34%.

Chipset ini turut mengusung arsitektur NPU baru yang menghadirkan peningkatan performa machine learning hingga 49%. Namun tentu saja, pembaruan terbesarnya bisa ditemukan pada GPU-nya. Tak hanya menawarkan kinerja 41% lebih kencang, GPU ini juga mampu menangani teknologi ray tracing di dalam game secara real-time demi menyajikan visual yang memukau.

Istimewanya, peningkatan performa tersebut bisa direalisasikan tanpa mengorbankan soal efisiensi daya. Perpaduan prosesor yang sangat optimal dan baterai berkapasitas besar menjadi jaminan pengguna bisa menikmati permainan lebih lama. Di Galaxy S23 Ultra 5G, pengguna bahkan bakal dimanjakan oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh tanpa berkompromi soal sistem pendinginannya.

Performa konsisten berkat sistem pendinginan yang efektif

Spesifikasi gahar bakal terasa percuma apabila performa yang disajikan tidak konsisten. Tanpa sistem pendinginan yang efektif, smartphone bakal kesulitan mengerahkan kinerja maksimalnya secara terus-menerus. Di sinilah inovasi seperti vapor cooling chamber menjadi solusi.

Pada Galaxy S23 Ultra 5G, Samsung telah memperluas cakupan area vapor cooling chamber-nya sehingga panas yang dihasilkan tiap-tiap komponen dapat dibuang secara lebih efisien. Hasil akhirnya adalah suhu perangkat bisa lebih terjaga, sehingga daya komputasi yang dikeluarkan pun bisa terus maksimal meski digunakan dalam durasi yang lama.

Vision booster display

Namun apalah arti semua itu kalau grafik yang tersaji tampak redup atau bahkan kusam? Sebagai produsen panel display yang berpengalaman panjang, Samsung tentu juga telah membekali smartphone-nya dengan komponen yang terbaik.

Komponen yang dimaksud adalah panel Dynamic AMOLED 2X yang sangat kaya warna, dengan refresh rate maksimum 120 Hz untuk menyajikan pergerakan yang mulus selama jalannya permainan. Bagi yang menginginkan kualitas gambar paling maksimal, Galaxy S23 Ultra 5G dengan layar 6,8 inci beresolusi QHD+ 1440p tentu bisa menjadi pilihan.

Sering bermain selagi berada di luar? Itu sama sekali bukan masalah, sebab Samsung telah membekali Galaxy S23 Ultra 5G dengan tingkat kecerahan layar maksimum hingga 1.750 nit. Belum berhenti sampai di situ saja, teknologi vision booster juga memastikan konten dapat tersaji secara optimal sesuai kondisi pencahayaan di sekitar. Jadi di mana pun Anda berada, grafik game yang dimainkan akan selalu tampil memukau.

Informasi pre-order Samsung Galaxy S23 Series 5G

Bagi yang ingin meningkatkan pengalaman mobile gaming-nya, Anda sudah bisa melakukan pre-order Galaxy S23 Series 5G di www.samsung.com/id dan berbagai e-commerce rekanan seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, Eraspace.com, dan Dinomarket.com.

Konsumen bisa mendapatkan Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Selama masa pre-order pada 2-23 Februari 2023, konsumen bisa menikmati keuntungan senilai total hingga Rp7.599.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G. Konsumen bisa upgrade ruang penyimpanan dengan dua kali lipat kapasitas secara gratis dan mendapatkan cashback hingga Rp1.000.000 untuk pembelian secara trade-in. Samsung juga menyediakan perlindungan Samsung Care+ selama 1 tahun senilai Rp1.599.000 untuk pembelian Galaxy S23 Series 5G. Konsumen pun bisa melakukan pre-order dengan cicilan mulai harga Rp541.625 per bulan untuk 24 bulan.

Informasi lebih lanjut tentang Galaxy S23 Series 5G bisa dilihat di www.samsung.com/id.