5 September 2018

by Glenn Kaonang

Google Chrome Rayakan Ulang Tahun yang ke-10 dengan Sederet Fitur dan Tampilan Baru

Selain mengemas tampilan yang lebih modern, Chrome kini juga dilengkapi password manager terintegrasi serta omnibox yang lebih cerdas

Tepat tanggal 2 September kemarin, Google Chrome resmi berulang tahun yang ke–10. Satu dasawarsa memang bukan apa-apa jika dibandingkan dengan browser lain yang lebih senior, macam Firefox misalnya, namun tetap saja ini merupakan pencapaian yang mengesankan, apalagi jika melihat status Chrome sebagai anak baru saat pertama dirilis di tahun 2008.

Untuk merayakannya, Google telah menyiapkan versi baru Chrome yang sudah dirombak total. Tampilannya kini jadi lebih segar dan modern, dan Google memastikan desainnya terasa koheren di semua platform. Satu perubahan yang paling mencolok dan bermanfaat adalah di Chrome versi mobile, di mana toolbar-nya kini diposisikan di bawah demi memudahkan akses – dampak tren layar smartphone yang terus bertambah besar.

Pembaruan yang Google terapkan rupanya tidak berhenti sampai di kulitnya saja. Google telah menyematkan sederet fitur baru pada versi anyar Chrome ini, salah satunya adalah password manager terintegrasi. Selain menyimpan informasi berbagai akun pengguna, Chrome juga bisa membantu menciptakan kata sandi yang kompleks, yang akan otomatis disimpan di akun Google sehingga pengguna dapat mengaksesnya dari perangkat desktop maupun mobile.

Selanjutnya, Google turut menyempurnakan omnibox milik Chrome. Kita tahu bahwa Chrome-lah yang memelopori tren satu kotak di browser untuk mencantumkan alamat situs sekaligus melakukan pencarian. Di versi terbarunya, berbagai hasil pencarian kini bisa ditampilkan langsung di omnibox tanpa harus membuka tab baru.

Juga menarik adalah kemampuan Chrome untuk mendeteksi semua tab yang sedang dibuka, sehingga ketika Anda hendak membuka salah satunya di tab baru, Chrome akan menginformasikan kalau situs tersebut sudah ada di salah satu tab, dan Anda bisa langsung mengunjunginya dengan mengklik tombol “Switch to tab”. Ke depannya, pengguna juga dapat melakukan pencarian file yang tersimpan di akun Google Drive-nya lewat omnibox yang sama.

Terakhir, perihal personalisasi, Chrome versi baru telah dilengkapi fitur shortcut ke situs-situs favorit yang dapat diakses langsung dari halaman tab baru. Gambar latarnya pun sekarang bisa diganti sesuka hati, sekali lagi demi menimbulkan kesan lebih modern pada Chrome.

Sumber: Google.