5 November 2022

by Lukman Azis

10 Pemenang Gadget Champions 2022 Untuk Kategori Best for Business

Gadget Champions 2022 untuk kategori best for business menampilkan produk dan layanan teknologi terbaik yang mampu mendorong produktivitas

Model kerja hybrid atau jarak jauh sepenuhnya menjadi lebih populer, efek dari masa pandemi yang mempercepat proses digitalisasi. Salah satu keunggulan model kerja baru tersebut adalah fleksibilitasnya, bagi banyak orang ini mengubah cara mereka para profesional dalam menjalankan bisnis dan cara pekerja modern dalam bekerja.

Tentunya, kita membutuhkan perangkat kerja dan layanan teknologi yang sesuai kebutuhan. Gadget Champions 2022 untuk kategori best for business menampilkan produk dan layanan teknologi terbaik yang mampu mendorong produktivitas dan membantu aktivitas bisnis.

Mulai dari tiga laptop bisnis dengan opsi konektivitas 5G, ada satu monitor pintar yang bisa berjalan tanpa harus terhubung ke PC, dan satu mouse yang nyaman. Kemudian ada dua smartphone, satu yang bisa dilipat dengan level pengalaman multitasking baru, dan satunya berlogo buah apel. Juga ada dua tablet, earbud TWS kelas bisnis, dan solusi layanan internet.

Berikut peraih penghargaan Gadget Champions 2022 untuk kategori best for business.

ASUS ExpertBook B7 Flip

Tidak perlu bergantung pada WiFi dan hotspot seluler, ASUS ExpertBook B7 Flip adalah laptop bisnis premium 14 inci yang dilengkapi konektivitas 5G terintegrasi pertama di Indonesia. Perangkat convertible 2-in-1 serbabisa ini mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H).

Dibekali fitur keamanan dari sisi hardware dan software, dipadukan performa mumpuni dengan prosesor Intel Core generasi ke-11. Seluruh kombinasi tersebut membuat ExpertBook B7 Flip dapat diandalkan guna menunjang mobilitas dan aktivitas bisnis sehari-hari bagi para pengguna profesional.

Lenovo Thinkpad Z16

Bagi para profesional yang menyukai laptop dengan layar besar untuk bekerja, Lenovo ThinkPad Z16 hadir dengan layar sentuh OLED berukuran 16 inci. Laptop kelas bisnis ini merupakan salah satu laptop ThinkPad pertama yang ditenagai prosesor AMD Ryzen PRO 6000 H Series Mobile yang sangat kencang. Tombol merah khas ThinkPad yang disebut TrackPoint juga tidak ketinggalan, Anda dapat menggunakan cara lama dan menggunakan TrackPoint sebagai navigasi utama, atau tekan dua kali untuk meluncurkan quick menu.

HP Elitebook G9 Series

Jajaran laptop bisnis terbaru dari HP juga terpilih sebagai salah satu Gadget Champions 2022, dirancang dengan chassis ultra tipis, rasio layar 16:10, dan rasio click pad lebih besar. Selain performanya yang andal berkat penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-12, pengguna akan dapat melakukan konferensi video dengan lebih baik berkat adanya kamera auto-tracking 5 MP, teknologi audio dari Bang & Olufsen, dan opsi konektivitas 5G. Tak lupa ada fitur HP Wolf Security for Business, untuk mengamankan data penting dari serangan malware atau peretasan lainnya.

Samsung Smart Monitor M8

Baru dengar yang namanya monitor pintar, keunggulan Samsung Smart Monitor M8 ialah dapat terhubung ke internet tanpa menggunakan PC. Monitor 32 inci terintegrasi dengan fungsionalitas IoT, selain mengusung karakteristik smart TV, Smart Monitor M8 juga bisa berperan sebagai smart home hub untuk perangkat-perangkat IoT yang tergabung dalam ekosistem SmartThings. Tidak kalah menarik adalah aksesori berupa webcam yang dapat dilepas-pasang secara magnetis, sehingga pengguna juga bisa memakai Smart Monitor M8 untuk video call, lagi-lagi tanpa harus terhubung ke PC.

Logitech MX Master 3S

Bagi pengguna laptop, mouse ini memang sifatnya opsinal karena sudah ada trackpad bawaan. Namun bagi yang mencari kenyamanan, Logitech MX Master 3S adalah teman setia terutama yang harus bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama. Desainnya yang elegan sekaligus ergonomis dengan sandaran jempol yang besar membuat Logitech MX Master 3S nyaman digunakan dan lebih presisi. Ada dua mekanisme scroll, yaitu vertikal dan horizontal yang membantu bekerja lebih cepat.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Menjalani bisnis semakin mudah berkat bantuan smartphone foldable Samsung generasi keempat, Galaxy Z Fold4 5G yang hadir dengan desain lebih ergonomi dan lebih banyak fitur produktivitas. Dalam lipatannya tersembunyi layar ekstra lapang 7,6 inci yang dioptimalkan oleh Android 12L.

Didukung swipe gesture dan taskbar baru dengan layout layaknya PC, hasilnya Galaxy Z Fold4 5G dapat menjalankan tugas multitasking dengan tampilan aplikasi lebih baik. Pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke pop-up windows maupun split screen secara instan.

Apple iPhone 14 Pro

Terpilihnya iPhone 14 Pro sebagai salah satu smartphone terbaik untuk aktivitas bisnis tentunya tidak ada yang perlu diragukan lagi. Satu fitur baru dan unik yang ada di iPhone 14 Pro adalah Dynamic Island yang bisa menampilkan beragam informasi tambahan di bagian atas layar. Ekosistem Apple yang kuat dan terintegrasi dengan sangat baik, ditambah daya tahan baterai dan performa yang ngebut, iPhone 14 Pro jelas dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas kerja penggunanya.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G

Masih suguhan terbaik dari Samsung, inilah tablet paling mutakhir mereka, Galaxy Tab S8 Ultra 5G. Tablet premium ini mengusung layar Super AMOLED ekstra lapang 14,6 inci dan dilengkapi Book Cover Keyboard khusus yang dilengkapi dengan trackpad.

Mengkombinasikan hardware yang canggih, aksesori yang tepat termasuk S Pen, serta dukungan ekosistem dan software yang telah dioptimalkan untuk produktivitas. Bisa dibilang, kehadiran Galaxy Tab S8 Ultra 5G memang untuk menggantikan laptop tradisional.

Huawei MatePad Pro 11

Tablet flagship dari Huawei, MatePad Pro 11 memiliki daya tariknya tersendiri. Ini adalah tablet dengan layar OLED 11 inci 120 Hz paling ringan di dunia untuk saat ini, hanya 449 gram dan juga sangat tipis 5,9 mm. Huawei memasukkan beragam fitur menarik yang bisa menunjang produktivitas kerja. Sebut saja Super Device, multi window yang lebih mudah, serta pilihan paket yang menyertakan keyboard magnetik dan stylus yang presisi.

JBL Live Pro 2

Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam melakukan aktivitas bisnis. JBL Live Pro 2 memberikan kenyamanan berkomunikasi dengan fitur noise cancelling yang dapat menghilangkan suara bising dari ruangan sekitar. Daya tahan baterainya total mencapai 40 jam sekali charge (earbud + charging case). Juga yang penting, harganya relatif terjangkau untuk segmen pelaku bisnis.

Telkomsel Orbit

Di era digitalisasi, koneksi Internet sudah menjadi kebutuhan pokok pelaku bisnis di mana pun. Untuk melayani daerah yang belum mendapatkan fasilitas Internet fiber atau daerah 3T, Telkomsel Orbit hadir sebagai solusi yang mudah dengan paket data yang relatif terjangkau. Telkomsel telah menyediakan banyak pilihan modem yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna.

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi YangCanggih.com, Gizmologi.id, dan Hybrid.co.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022.

Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk merk tersebut.