Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Daftar 10 Mobile Game yang Akan Hadir Tahun 2021

8 May 2021Akbar Priono

PUBG: New State? Apex Legends Mobile? Diablo: Immortal? Berikut daftar 10 game yang ditunggu kehadirannya tahun 2021 ini.

Tahun 2021 mungkin adalah tahun terbaik bagi para mobilegamers karena perkembangannya yang begitu pesat. Banyak game menarik dirilis, kualitas (grafis ataupun gameplay) dari gamemobile pun berangsur meningkat. Artikel ini akan merangkum daftar 10 game mobile seru dan menarik yang akan datang di tahun 2021 ini. Ada apa saja? Berikut daftarnya.

PUBG: New State

Banyaknya iterasi game battle royale di mobile ataupun PC/konsol tidak menghentikan Krafton untuk merilis iterasi terbaru dari PUBG. Lewat game yang diberi judul PUBG: New State, Krafton mencoba menawarkan pengalaman battle royale orisinal layaknya PUBG yang selama ini sudah kita mainkan, namun dengan twist berupa tema futuristik.

Berbeda dengan PUBG Mobile yang dirilis oleh Tencent, PUBG: New State akan menjadi game yang dikembangkan dan dirilis oleh Krafton sendiri yang merupakan pengembang dari PUBG di PC. PUBG: New State sudah masuk fase pra-registrasi di laman Google Play dan dikabarkan akan masuk fase alpha-test pada Q2 2021.

Apex Legends Mobile

https://www.youtube.com/watch?v=Jych6oUB1eo

Masih bertemakan battle royale, Electronic Arts agaknya tidak mau kalah dan memutuskan untuk membuat Apex Legends Mobile. Game tersebut sudah santer terdengar informasinya sejak tahun 2020 lalu.

Tahun ini, Apex Legends Mobile akhirnya sudah menampakkan diri. Untuk sementara waktu, Apex Legends Mobile sedang membuka fase testing untuk para pemain di wilayah India dan Filipina. Terlepas dari itu, ada juga beberapa konten kreator yang sudah mendapatkan akses dan mencoba gamenya. Anda bisa melihat video di atas apabila Anda penasaran seperti apa wujud Apex Legends Mobile.

Pokemon Unite

Pada Juni tahun 2020 lalu, Pokemon Company mengumumkan satu hal yang cukup mengejutkan. Tsunekazu Ishihara selaku Presiden dan CEO The Pokemon Company mengumumkan iterasi game Pokemon terbaru, kali ini hadir dengan genre MOBA.

Dalam penyajiannya, Pokemon Company bekerja sama dengan Tencent dan TiMi Studios. Pokemon Unite terlihat menawarkan gameplay MOBA yang cukup unik. Selain evolusi Pokemon sebagai bagian dari mekanik permainan, Pokemon Unite juga terlihat tidak seperti MOBA biasanya yang memiliki objektif berupa menghancurkan bangunan inti.

Pokemon Unite dikabarkan akan memasuki fase publicbeta pada Maret 2021, namun terbatas hanya untuk pemain di wilayah Kanada dan hanya terbatas untuk platform Android saja.

Diablo Immortal

Ya… Saya tahu beberapa dari Anda yang melihat daftar artikel gamemobile akan datang mungkin sudah bosan (bahkan mungkin muak) melihat Diablo Immortal di dalam daftarnya. Namun, Diablo Immortal akhirnya menemukan titik cerah di tahun 2021 ini setelah kurang lebih 2 tahun game ini hanya ada di fase pre-register tanpa ada informasi lebih lanjut.

Pada akhir April 2021 lalu, Diablo Immortal akhirnya sudah masuk fase Alpha Test tertutup yang sudah menyertakan sistem PvP, PvE, dan Paragon Tree. Beberapa konten kreator lokal juga mendapatkan akses terhadap fase Alpha Test tersebut. Apabila Anda penasaran, Anda bisa lihat impresi pertama dari The Lazy Monday pada video di atas.

Final Fantasy VII: Ever Crisis

Tahun 2021 ini juga bisa dibilang jadi tahun penuh kejutan bagi developer asal Jepang. Selain Pokemon Unite, ada juga Square Enix yang mengumumkan membuat Final Fantasy VII di mobile pada Februari 2021 kemarin.

Square Enix mengumumkan dua titel game mobile Final Fantasy VII. Salah satunya adalah Final Fantasy VII: Ever Crisis. Melihat dari yang disajikan pada trailer, Final Fantasy VII: Ever Crisis sepertinya tidak akan menjadi spin-off, melainkan akan tetap menceritakan cerita utama Final Fantasy VII.

Walaupun begitu, Final Fantasy VII: Ever Crisis terlihat menampilkan sistem bertarung yang berbeda dengan grafis yang cukup mengagumkan. Menurut kabar, FF VII: Ever Crisis sendiri akan rilis tahun 2022 mendatang.

Final Fantasy VII: The First Soldier

Lagi dan lagi, battleroyale menjadi genre pilihan untuk sebuah gamemobile. Salah satu dari dua game FF VII untuk mobile yang diumumkan Square Enix adalah Final Fantasy VII: The First Soldier.

The First Soldier merupakan game battle royale yang mengambil latar cerita Final Fantasy VII, tepatnya 30 tahun sebelum kejadian Cloud dan kawan-kawan terjadi. Melihat dari trailer, The First Soldier menawarkan gameplay yang kurang lebih mirip dengan kebanyakan battle royale.

Namun demikian ada juga sedikit keunikan yang ditampilkan seperti pertarungan melee yang terlihat lebih bisa diandalkan dan penggunaan magic sebagai salah satu persenjataan untuk bertahan hidup.

Metal Slug Code J

Di antara daftar ini, mungkin hanya Metal Slug Code J ini saja yang punya genre tidak mainstream. Walaupun begitu, Anda yang ingin bernostalgia dengan keseruan bermain Metal Slug di tempat Arcade mungkin akan tidak sabar dengan kehadiran game yang satu ini.

Metal Slug Code J masih mempertahankan gameplay seperti Metal Slug lama. Bedanya Metal Slug Code J menawarkan grafis yang lebih modern, sembari tetap mempertahankan gaya gambar kartun yang unik ala Metal Slug.

Metal Slug Code J pertama kali diumumkan pada Tencent Games Annual Conference tahun 2020 lalu dan masih dikembangkan oleh TiMi Studios. Untuk sementara waktu ini, Tencent masih belum memberikan informasi apapun terkait tanggal rilis dari Metal Slug Code J.

Castlevania: Moonlight Rhapsody

Selain Metal Slug, game retro lain yang dikabarkan juga akan muncul iterasinya di mobile adalah Castlevania. Diberi judul Castlevania: Moonlight Rhapsody, game tersebut akan mempertahankan mode action side-scrolling layaknya pada Castlevania orisinal.

Dalam proses pengerjaannya, developergame asal Tiongkok bernama Shenqu Games bertugas sebagai developer serta publisher di pasar Tiongkok, namun tetap di bawah pengawasan dari lisensi Konami Digital Entertainment.

Belum ada informasi lebih lanjut soal kapan game tersebut akan dirilis secara global. Namun mengutip dari twit Daniel Ahmad selaku senior analyst Niko Partners, dikatakan bahwa game tersebut sebenarnya sudah dijadwalkan rilis tahun 2020 lalu di Tiongkok.

The Witcher: Monster Slayer

Setelah Pokemon GO sukses besar menyajikan game Pokemon melalui metode AR, banyak developergame lain mencoba mengincar kesuksesan serupa dengan membawa kekayaan intelektualnya masing-masing.

CD Projekt Red menjadi salah satunya yang mencoba menyajikan game serupa Pokemon GO, namun dengan tema The Witcher.

Dalam video singkat yang menunjukkan gameplaytrailer, terlihat bahwa Anda bisa melakukan pertarungan yang imersif dengan monster-monster yang akan Anda temui di dalam perjalanan. Pemain bisa menyerang dengan pedang, memanah, ataupun menembak bola api dengan sihir.

Mengutip IGN, The Witcher Monster Slayer diperkirakan akan rilis pada musim panas (sekitar Agustus) tahun 2021 ini.

NieR Reincarnation

Terakhir di dalam daftar ada seri NieR yang ternyata juga mendapatkan iterasinya untuk platform mobile. Diberi nama NieR Reincarnation, dikabarkan bahwa game tersebut cenderung ke arah story-heavygame yang lebih banyak melibatkan teks ketimbang aksi.

NieR Reincarnation sendiri sebenarnya sudah rilis 18 Februari 2021 kemarin untuk pasar lokal Jepang, walau perilisan globalnya masih jadi tanda tanya. Mengutip dari Siliconera, sang pengembang mengatakan bahwa translasi ke bahasa Inggris atas game tersebut sudah selesai dilakukan. Namun demikian, sang pengembang meminta para penggemar untuk sedikit bersabar lagi dan masih belum mengumumkan tanggal apapun.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV