Dark
Light

Agate Angkat Budaya Indonesia Lewat Game

1 min read
May 30, 2010

Tau ngga kalau ada game nyetir angkot, jualan gado-gado, dan jadi pawang topeng monyet di Facebook? Dari temanya yang unik udah bisa ditebak kalau pembuat gamenya juga pasti berasal dari Indonesia.

Perkenalkan Agate Studio, sekelompok bocah asal Bandung yang mencoba mengangkat kemajuan pengembang game di Indonesia.

Agate berawal dari sebuah proyek game yang dibuat oleh Arief Widhiyasa, seorang mahasiswa dari Insitut Teknologi Bandung, untuk sebuah lomba. Merasa tim yang dibentuknya ini memiliki kesamaan visi dan misi, maka dibentuklah Agate yang bertujuan memajukan pengembangan game di Indonesia, dan tentunya dinilai sebagai lahan bisnis yang menjanjikan.  1 April 2009 menjadi tanggal berdirinya mereka.

Di usianya yang masih belia, Agate sudah memiliki tim sebanyak 28 orang. Partnership dengan Microsoft pun berhasil mereka jalin, dan hasilnya adalah delapan game di Facebook tadi yang berbasiskan teknologi Silverlight.

"Kiri-kiri"
"Topeng Monyet"

Tentunya sebagai perusahaan yang berorientasi bisnis, Agate juga harus bersahabat dengan pasar dan mengerjakan game dari permintaan klien. Dalam waktu dekat ini akan keluar dua game yang merupakan bagian dari strategi iklan produk yang cukup besar.

Berkat berbagai kemajuannya Agate juga sempat diganjar penghargaan sebagai company dengan Most Profit Growth dan Most Revenue Growth saat ikut serta pelatihan bisnis yang digelar ActionCoach.

Saat ini mereka juga sedang sibuk mengembangkan game untuk Xbox 360. Saat ini pengembangannya masih dalam tahap alpha, tapi trailernya dapat ditilik di bawah ini.

Lebih lengkapnya lagi, butuh jasa mereka atau mungkin tertarik ikutan gabung, silakan langsung kunjungi website mereka aja.

[Disclosure: adek gue bekerja di perusahaan ini 😀 ]

6 Comments

  1. Gw bangga dengan Agate… Awesome! dan it’s nice to know them personally.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Irasshaimase Rakuten!

Next Story

YouTube Tambahkan Google Moderator Pada Layanan Mereka

Latest from Blog

Don't Miss

Sambut Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate Akan Rilis Game Baru

Dalam rangka peringatan Hari Gim Indonesia (HARGAI) 2024, Agate International

Gelar TSA Game Fest, Agate Academy Gandeng Kominfo dan Disparbud Jabar

Agate International melalui Agate Academy bekerja sama dengan Digital Talent