Hari Sabtu lalu, sepulang saya dari acara Bancakan 2.0 di Jogja saya diundang ke acara launching Plasa.com di bilangan Pengadegan, Jakarta. Acara launching party ini berlangsung sangat meriah dan disiarkan secara langsung di sebuah stasiun TV swasta yang merupakan partner dari Mojopia.
Sebenarnya Plasa.com ini telah eksis sejak lama, dulu anak perusahaan Telkom Indonesia ini memberikan layanan email gratis yang belakangan mulai jarang digunakan. Sejak tahun 2009 lalu Telkom menunjuk Mojopia/PT MetraNet sebagai anak perusahaan yang akan mengembangkan kembali Plasa.com dengan konsep ecommerce platform. Tidak tanggung-tanggung, Plasa.com langsung diklaim bakalan menjadi portal ecommerce terbesar di Indonesia.
Ketika Mojopia mengadakan softlaunching Plasa.com tahun lalu, server Plasa.com langsung gagal diakses / down. Penyebabnya bisa jadi karena infrastruktur yang belum siap atau memang pengunjung yang datang melampaui kemampuan server itu sendiri. Tebakan saya sih terlalu ramai yang mengakses, mengingat proyek ini lumayan besar dan menarik minat banyak orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet.
Dan ketika hari Jumat lalu Mojopia mengadakan press conference untuk mengumumkan grand launching Plasa.com, ternyata server kembali down. Agak disesalkan memang kenapa sebuah website sebesar Plasa.com harus down ketika berlangsung momen penting seperti itu. Para tim dibelakangnya, termasuk Toni dari Navinot, langsung dengan sigap mengatasi sampai akhirnya Plasa.com kembali bisa diakses.
Plasa.com ini sebenarnya memiliki konsep yang cukup solid, dan diperkuat oleh Telkom yang tentunya memiliki dukungan dana yang juga sangat kuat. Promosi besar-besaran di online dan offline tentu bukan masalah bagi Plasa.com, sedangkan kompetitornya yang lain tentu harus berfikir beberapa kali sebelum meluncurkan TVC. Keunggulan ini membawa Plasa.com jauh didepan para pesaingnya, tinggal produk dan layanan yang nantinya akan menentukan hidup dan mati Plasa.com
Beberapa hari lalu saya sempat melontarkan pertanyaan di Twitter, apakah Plasa.com akan mendukung penjualan barang digital? MP3, eBook dan lain-lain. Ternyata menurut Heriyadi, Project Manager di Mojopia, itu merupakan salah satu agenda Plasa.com mendatang setelah memapankan versi mobile mereka. Sepertinya dalam waktu dekat Plasa.com akan segera memantapkan platform mobile commerce mereka mulai dari mobile version website dan juga aplikasi native untuk BB dan mungkin iPhone.
Sistem pembayaran, yang merupakan faktor penentu keberhasilan situs ecommerce, juga telah dipersiapkan oleh Plasa.com untuk memudahkan pembayaran online. Namun di acara launching kemarin sepertinya belum banyak dibahas mengenai hal ini.
Masih menunggu banyak hal dari Plasa.com, karena sepertinya mereka masih fokus ke menjangkau para merchant terlebih dahulu. Kalau merchant sudah banyak maka akan cenderung lebih mudah untuk men-drive user masuk dan berbelanja 😉
Ayo, apa pendapat anda mengenai peluncuran Plasa.com kemarin? Ada saran dan kritik mungkin? Kami tunggu di kolom komentar.
ps: I still want that ipad! 😀
disclosure : this is a sponsored review, means i am being paid for this blog post but i can still be objective and reasonable in all of my opinion. Lucky me.
plasa harusnya bisa jadi market leader untuk urusan e-commerce.selain karena diback-up oleh perusahaan besar dengan pendanaan yang juga besar (sekali) harusnya plasa memiliki segala sumber daya yang diperlukan. hanya saja, yang menjadi kekurangan terbesarnya ya itu, servernya seringkali mudah down sehingga sulit diakses. harusnya hal ini diberikan perhatian khusus, terutama untuk men-drive traffic pengguna untuk memudahkan meraup kepercayaan dari para 'penjual' yang nantinya akan berinteraksi dalam 'pasar' plasa.com
oiya, saya juga masih kepengen iPad itu.. 😛
saya juga mau iPadnya…
Saya berharap plasa.com bisa sukses mungkin secara dana dan promosi bukan masalah bagi mereka yang menjadi masalah adalah kesiapan platform dan Infrastructure IT, yang saya compile dari Internet kenaikan traffic mencapai 2,5 kali dari biasanya, saya yakin infrastructure maupun bandwith telkom tidak perlu diragukan lagi namun siap kah merekan menghadapi Tsunami Traffic yang datangnya silih berganti, cuma tuhan dan merek yang tau hehe
Salah satu temanku di twitter bilang, tampilan halaman muka Plasa.com lebih mudah & lebih sedap dipandang dibanding Juale & Tokopedia yg terlalu 'ribet'. Jadi, dari segi antarmuka, sebetulnya Plasa sudah punya kelebihan.
Lalu, ada lagi Toko Selebritis yg dimiliki Plasa sbg salah satu andalannya. Kalau ini bisa lebih dimaksimalkan, Plasa makin potensial utk sukses. Mengundang selebritis, saat ini, bisa jadi mengundang para fans/followers-nya utk mengunjungi situs ini juga.
trust itu nanti bakalan ditekankan ke sistem pembayaran yang secure. tapi gw belum coba sistem pembayarannya, masih ada beberapa error yang udah gw submit ke mereka juga 😉
*uhuk*
btw.. plasa kok lelet banget yah.. msh cepetan tokopedia
siapa sih cK ini? Kerja di mana sih dia?
kyknya masih jauh dari harapan … udah heboh pakai acara genjreng2 di tipi. begitu cek sitenya ternyata masih belum mantabbb bener. fitur2nya perlu digodog lagi , layout msh ngaco .. bingung mau cari barang. dgn embel2 Telkom harusnya bisa bikin sekelas Amazon gitu lho.. ternyata .. ga asyik blass
Saya penasaran dengan bagaimana reaksi tokopedia terhadap “gebrakan besar” ala Telkom ini 😀
wah enak banget neh dapat sponsor reviews. 🙂
menurutku plasa.com akan menjadi situs yg sukses karna punya dana yg sangat besar dari telkom.btw kapasitas email di plasa kok cuma 10MB ya?mending make gmail yg 7GB. 🙂
saya masih agak terganggu dengan tampilan plasa.com sih, begitu masuk kesannya penuh banget dan sesak.
Saya terkesan sama pemilihan bentuk plasa yang baru berupa situs jual beli. Karena sebelumnya pemain besar di Indonesia hanya bermain di segmen portal berita, forum atau social media. Dengan plasa main di segmen ini dunia internet indo jadi makin variatif. Seru!
Tapi launching di tivi kemarin agak ganggu tuh, dibagian yang ada drama-drama kecil jual belinya….jadi inget drama pesan sosial jaman soeharto dulu… 😀