Mematangkan bisnisnya di lingkup korporasi, Indosat menggandeng Tata Communications untuk mensinergikan layanan kedua belah pihak demi memenuhi berbagai kebutuhan lokal untuk tetap kompetitif di industri teknologi saat ini. Kerja sama strategis ini diharapkan mampu merancang portofolio seperti Global Network, Value Added Services, Unified Communications dan solusi khusus untuk berbagai industri.
Tata Communications ialah salah satu penyedia layanan ICT kelas dunia yang telah berpengalaman dalam layanan global connectivity dan managed services. Kemitraannya dengan Indosat, dinilai mampu menyediakan beragam layanan ICT melalui peningkatkan kapabilititas cakupan jaringan global untuk memenuhi kebutuhan layanan ICT bagi korporasi global yang semakin meningkat dan saat ini sedang melakukan terobosan bisnis di regional Asia tidak terbatas di Indonesia.
“Kami sangat antusias atas munculnya berbagai peluang–peluang bisnis yang menantang melalui kerja sama Indosat dengan Tata Communications yang akan memberikan nilai lebih bagi pelanggan-pelanggan bisnis di regional Asia. Tata Communications merupakan pilihan kami untuk bekerja sama karena pengalaman dan keahliannya dalam menggarap pasar yang sedang berkembang dan cakupan jaringan luas yang melayani berbagai industri,” papar CEO Indosat Alexander Rusli dalam siaran pers yang kami terima (26/3).
Ia melanjutkan, “Semua ini akan memudahkan kami dalam menawarkan berbagai solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan bisnis di era yang kompetitif saat ini. Dari solusi layanan ini, pelanggan bisnis akan memiliki akses untuk mencoba dan menguji solusi tersebut untuk kemudian disesuaikan dengan berbagai variasi kebutuhan lokal yang akan memastikan performansi yang tinggi, aktivasi layanan yang cepat dan dukungan layanan bagi pelanggan korporasi yang terbaik.”
Kolaborasi ini secara resmi disahkan pada akhir bulan Januari 2015 lalu. Indosat mengharapkan peran serta Tata Communications dalam menawarkan kesempatan yang lebih luas bagi pelanggan korporasi dari berbagai industri di regional untuk mendapatkan solusi layanan ICT end-to-end. Skema ini dinilai dapat menurunkan biaya maupun kompleksitas pada saat membangun portofolio bisnis pelanggan korporasi di Indonesia mapun di regional bagi kedua belah pihak.
“Kerjasama Indosat dengan Tata Communications menandai tonggak penting bagi yang akan memperluas cakupan bisnis kami di wilayah ini. Kekuatan ekonomi digital Indonesia berkembang sangat pesat melalui budaya start-up yang sangat kuat menghasilkan berbagai inovasi di perdagangan, mobilitas, media sosial dan konten digital,” ujar Senior Vice President Sales Europe, Asia and America Tata Communications Connor Caroll.