Dark
Light

Microsoft Hadirkan Update untuk Buat AI Copilot+ Lebih Personal

by
2 mins read
October 4, 2024

Visi Microsoft untuk mengembangkan pengalaman baru menggunakan PC melalui AI memang terus didorong lewat Copilot+. Bila sebelumnya Microsoft 365 telah mendapatkan update terperinci, kini giliran Copilot+ PC dan Windows 11 yang mendapatkan fitur-fitur baru.

Microsoft ingin membuat PC Windows 11 dapat mendorong para penggunanya dengan kapabilitas baru untuk mengatasi tantangan rumit sehari-hari. Maka dari itu fitur-fitur baru ini akan membuat pengalaman bekerja di PC lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih personal.

Secara garis besar, ada 5 fitur baru yang disoroti Microsoft di update Copilot+ ini. Fitur-fitur ini nantinya memungkinkan para penggunanya untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk menyelesaikan tugas mereka dengan bantuan Copilot+.

“Dengan adanya inovasi yang didukung AI di endpoint Windows 11, tujuan kami adalah untuk memberdayakan pelanggan kami dan mencapai hasil (output) yang lebih baik pada setiap hal yang Anda lakukan tanpa memperumit proses” ujar Pavan Davuluri, Corporate Vice President, Windows + Devices.

Windows Search yang lebih cerdas

Menemukan file yang tepat dengan cepat di PC memang menjadi masalah klasik banyak pengguna. Untungnya, dengan bantuan Copilot+, Windows Search nantinya dapat mencari dengan lebih cerdas, bahkan hanya dengan memberikannya deskripsi.

Tidak perlu lagi mengingat nama file, pengaturan lokasi, atau khawatir tentang ejaan. Pengguna nantinya cukup mengetik apa kata kunci yang merujuk ke file yang Anda cari dan Copilot+ akan menampilkan file yang sesuai dengan deskripsi yang diberikan.

Pencarian dengan kemampuan yang upgraded ini akan tersedia pertama kali pada File Explorer serta akan diperluas ke Windows Search dan Settings dalam beberapa bulan mendatang.

Lakukan aksi terhadap gambar dan teks lebih cepat

Untuk mempercepat alur kerja saat menemukan gambar atau teks, Copilot+ nantinya akan menghadirkan fitur bernama “Click to Do”. Fitur ini akan memasang overlay interaktif di atas tampilan PC dan menghubungkannya dengan tools dan tindakan selanjutnya sesuai kebutuhan.

Fitur ini nantinya dapat mendukung tulisan ataupun foto untuk selanjutnya dihubungkan ke berbagai aplikasi Windows lain. Semisal pencarian Bing ataupun Visual Search Bing, aplikasi Photos untuk melakukan editing foto, hingga membuka editor teks untuk menggunakan teksnya lebih lanjut.

Menariknya, fitur Click to Do ini dapat memahami konteks dari gambar atau tulisan yang ditangkap, sehingga saran yang muncul akan disesuaikan. Fitur ini nantinya dapat diakses dari layar Copilot+ PC mana pun.

Pertajam foto lama tanpa web atau aplikasi pihak ketiga

Microsoft kelihatannya memiliki perhatian khusus terhadap popularitas AI yang dapat mempertajam foto kecil. Maka dari itu Copilot+ nantinya akan menghadirkan fitur Super Resolution yang dapat diakses secara langsung melalui aplikasi Photos milik Windows 11.

Penggunaannya juga cukup mudah, pengguna cukup menggunakan slider untuk meningkatkan resolusi hingga 8X, kemudian kendalikan serta sesuaikan output dengan tepat. Proses re-scale ini juga akan berlangsung dengan singkat dan tentunya gratis.

Gunakan fitur AI generatif langsung dari Paint

Fitur AI lain yang populer tentunya adalah AI generatif, dan Microsoft juga menghadirkan fitur ini langsung ke dalam aplikasi Paint Windows 11. pengguna dapat menggunakan kata-kata sehari-hari untuk mendeskripsikan visi mereka dalam prompt atau menggunakan alat brush.

Microsoft bahkan menjelaskan bahwa mereka telah meningkatkan diffusion-based model untuk memberikan hasil yang lebih baik dengan lebih cepat. Sehingga pengguna dapat membuat gambar yang sangat menarik secara gratis tanpa perlu berlangganan.

Temukan apa yang Anda lihat sebelumnya dengan cepat

Microsoft menghadirkan fitur baru “Recall” yang merupakan cara baru untuk kembali menemukan sesuatu yang sebelumnya Anda pernah lihat di PC dengan cepat. Secara sederhana sistemnya mirip dengan sistem riwayat penelusuran yang dimiliki oleh browser.

Pengguna nantinya dapat melihat kembali aplikasi atau file yang dibuka di titik waktu spesifik. Hal ini tentu membantu pengguna yang ingin mencari file, dokumen, atau kata kunci spesifik yang sebelumnya pernah diakses namun lupa.

Terkait filter informasi sensitif, Recall akan menerapkan filter pada informasi sensitif agar data yang sifatnya sangat rahasia, seperti informasi kartu kredit atau nomor identifikasi pribadi, tetap terjaga kerahasiaannya

Next on Copilot+ PC

Meskipun baru saja mengumumkan fitur-fitur barunya, namun Microsoft sudah bersiap untuk memberikan lebih banyak inovasi ke dalam Copilot+ PC. Beberapa hal juga menjadi perhatian utama Microsoft, seperti masalah keamanan dan privasi pengguna.

Microsoft akan terus memastikan bahwa sistem AI Copilot+ PC mereka sudah dilengkapi dengan keamanan canggih dan langkah-langkah privasi ke dalamnya. Sehingga memastikan bahwa AI berguna dan aman dalam kehidupan sehari-hari.

Previous Story

Xiaomi Ramaikan Pasar Wearable Indonesia dengan AIoT Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Xiaomi Ramaikan Pasar Wearable Indonesia dengan AIoT Baru

Xiaomi Indonesia baru saja memperkenalkan Xiaomi 14T Series di Tanah
Review-HP-OMEN-Transcend-16,-Laptop-Gaming-OMEN-Teramping-dan-Teringan-untuk-Gamer-Modern

HP OMEN Transcend 16, Laptop Gaming OMEN Teramping dan Teringan untuk Gamer Modern

Zaman sudah berubah, gamer masa kini bukan lagi sosok yang